Selasa, 18 September 2012

Wisata Religi Di Makam KH. Abdul Hamid Di Pasuruan


Berada di pusat kota Pasuruan – Jawa Timur, tepatnya di sekitar Masjid Agung yang berada di alun-alun, ada pemandangan yang cukup menarik.  Disana pada setiap harinya ada banyak pengunjung yang selain  untuk menikmati keindahan Masjid Agung Pasuruan dan alun-alun, juga  untuk berziarah ke makam KH. Abdul Hamid.

Walau makam itu bukan termasuk makam dari golongan Walisongo atau makam-makam kuno yang dikeramatkan lainnya, namun pesona dan kharisma dari almarhum KH. Abdul Hamid senantiasa mengundang banyak pengunjung untuk berwisata religi dengan berziarah di sana.

Makam KH. Abdul berada tepat di belakang masjid Agung Al Munawar – Pasuruan. Untuk menuju ke sana dengan melewati gang-gang kecil yang berada di  samping masjid.Di gang-gang itu selain terdapat deretan peminta-minta, juga terdapat banyak kios yang menjual benda-benda yang berkaitan dengan dunia Islam.


Ada juga yang menjual berragam bentuk souvenir  yang didalamnya terdapat  foto KH. Abdul Hamid semasa hidupnya.Makam KH. Abdul Hamid berada di ruangan yang tidak terlalu luas. Di sekitarnya terdapat makam para kerabatnya. 

Makam KH. Abdul  Hamid itu sendiri memiliki nisan yang berwarna kuning emas  dengan terdapat pagar besi  kecil yang mengitarinya. Saat saya berkunjung ke sana, di sekitar  makam KH. Abdul Hamid ini ada banyak peziarah yang tampak larut dan khusyuk dalam memanjatkan doa kepada almarhum.  

Ruangan antara peziarah pria dan wanita itu  dipisahkan oleh sebuah dinding tembok.Lokasi makam KH. Abdul Hamid ini berada dalam satu lokasi dengan makam-makam leluhur dari Kabupaten Pasuruan ini.  Di antara makam-makam kuno itu juga terdapat sebuah bangunan yang berasitektur klasik.

Kiai Abdul Hamid dalam hidupnya memiliki  nama kecil Abdul Mu’thi yang  lahir di Lasem Rambang Jawa Tengah pada  tahun 1333 H  (  1914 M.)  dari pasangan Kiai Abdullah bin Umar dengan Raihanah binti Kiai Shiddiq. Beliau yang biasa dipanggil Mbah Hamid ini adalah putra keempat dari 12 saudara.


Sewaktu dia belajar di Termas - Pacitan,  sering bermain ke rumah kakeknya, Kiai Shiddiq di Jember dan kadang-kadang bertandang ke rumah pamannya Kiai Ahmad Qusyairi di Pasuruan. Sehingga, sebelum dia pindah ke Pasuruan, dia sudah tidak asing lagi bagi masyarakat disana.

Kebersihan hatinya ditebar kepada siapa saja, semua orang merasa dicintai beliau. Bahkan kepada pencuri pun beliau memperlihatkan sayangnya. Beliau melarang santri memukuli pencuri yang tertangkap basah di rumahnya. Sebaliknya pencuri itu dibiarkan pulang dengan aman, bahkan beliau pesan kepada pencuri agar mampir lagi kalau ada waktu.
  
 Sikap tawadlu’ sering beliau sampaikan dengan mengutip ajaran Imam Ibnu Atha’illah dalam kitab Al-Hikam; “Pendamlah wujudmu di dalam bumi khumul (ketidakterkenalan)”. 


Artinya janganlah menonjolakan diri. Dan ini selalu dibuktikan dalam kehidupannya sehari-hari. Bila ada undangan suatu acara, beliau memilih duduk bersama orang-orang biasa, di belakang. Kalau ke masjid, dimana ada tempat kosong disitu beliau duduk, tidak mau duduk di barisan depan karena tidak mau melangkahi tubuh orang.

Kiai Hamid yang wafat pada tahun 1982 juga dikenal sebagai orang yang dermawan dan  menguasai berbagai disiplin ilmu, mulai dari ilmu kanoragan, ketabiban, fiqih, dan  ilmu Arudl

 

Yang menarik, bila di makam-makam lainnya ada kecenderungan para juru kunci atau petugas makam untuk meminta tips atau sedekah dari pengunjung, di lokasi ini justru hal seperti itu dilarang. Dalam sebuah papan yang terpasang di kotak amal tertulis peringatan yang mengatakan bahwa HARAM hukumnya bagi pengunjung untuk memberi  uang kepada petugas Makam.

Bagi Anda penikmat wisata Religi dan wisata Ziarah, makam KH. Abdul  Hamid ini bisa masuk dalam daftar kunjungan  Anda jika singgah atau berada di Pasuruan.

Free Trial 41.000 Movies  + TV  Episode = Amazon Prime 

======================================================================

Dijual Tablet Smartfren New Andromax Tab 7.0 

Hadiah Lomba dari Vivanews. 

Kondisi 100% Baru, Lengkap dan Tersegel.

Harga Penawaran Rp 1,5 juta

Barang Langka - Stock Galeri Smartfren Sudah Kosong Lama

Harga Tablet Smartfren New Andromax Tab 8.0 Rp 2,3 juta

Kontak Agung - 0823 3388 7121

=====================================================================




 ====================

===============

Artikel-artikel Menarik lainnya bisa Anda baca 

di Link berikut ini :






1 komentar:

  1. ANDA INGIN ZIARAH KEMAKAM-MAKAM WALI?
    DI JAKARTA & TANGERANG


    - Makam Habib Hasan Bin Muhammad Alhadad (Mbah Priuk)
    - Makam Habib Husain Bin Abu Bakar Al-Idrus (Kramat Luar Batang)
    - Makam Habib Ja,far
    - Makam Habib Syarif Hamid Bin Muhammad Al-Kadri
    - Makam Syekh Waliyudin Tangerang
    - Makam Habib Abdullah Ali Al Uraidi (Keramat Panjang)
    - Makam Pangeran Wijayakusuma
    - Makam Pangeran Surya Kencana asal mataram
    - Makam Mbah Bagong
    - Makam Raden Saleh
    - Makam Kibuyut Resem
    - Makam Pangeran Sebrang Lor
    - Makam Kumpi Keramat Panjang
    - Makam Raden Mas Kai-kai
    - Makam Pangerang Lang-lang Buana
    - Dan makam-makam di Jakarta & Tangerang Lain

    Dapat Membawa Rombongan Jamaah / Perorangan

    Fasilitas :
    - Penginapan/Transit sebelum kemakam
    - Kendaraan pakai Motor/Mobil
    - Diantar

    Minat HUBUNGI/SMS : 081383253186 (Abdul)
    atau email ke :abdkmb7@gmail.com


    Pemandu
    Asli Orang Jakarta

    BalasHapus