Sabtu, 10 Agustus 2013

Serunya Berwisata Naik Loko Kuno Di Museum Gula

Ada yang menarik ketika berwisata di Museum Gula yang ada di Klaten - Jawa Tengah.

 Selain bisa mengetahui jejak sejarah industri gula pada salah satu pabrik gula yang tua di nusantara dan masih eksis hingga saat ini, ternyata ada bonus wisata lainnya yang tak kalah menariknya.


Bonus itu adalah berwisata edukasi di Pabrik Gula Gondang Baru - PTP Nusantara IX ( Persero ) yang berada tak jauh dari kawasan museum. 

Selain bisa mengetahui cara dan proses pembuatan gula pasir langsung di pabriknya, di akhir kunjungan juga bisa menikmati layanan menaiki lokomotif kuno yang melintas di depan pabrik dan museum.

Tentu hal itu bisa menjadi pengalaman wisata dan liburan yang menyenangkan dan mengesankan. 

Terlebih untuk menikmati fasilitas yang dihususkan bagi rombongan dan utamanya pelajar itu bisa didapatkan secara gratis saat berkunjung di Museum Gula setelah memenuhi ketentuan-ketentuan yang ada. 


Begitulah yang saya jumpai ketika berkunjung di Museum Gula Gondang itu. 


Ketika berada disana, sekelompok pelajar yang berasal dari daerah Klaten dengan didampingi guru-gurunya sedang mengadakan kunjungan wisata edukasi sebagai bagian kegiatan ekstra kurikuler mereka.




Dengan didampingi seorang petugas pemandu yang ramah, supel dan informatif, kami pun diajak memasuki museum dan menyimak benda-benda koleksi yang terpajang dalam beberapa ruangannya.


Usai kunjungan ke museum, kami kemudian diajak menuju ke lokasi Pabrik Gula Gondang Baru yang berjarak sekitar 300 meter dari lokasi Museum. 



Menuju ke Pabrik Gula itu dengan berjalan kaki sambil melewati bangunan-bangunan kuno yang masih tampak berdiri kokoh dan saat ini difungsikan sebagai kantor, cafe, wisma tamu, dan sebagainya.


Dari tampak luar, nuansa bangunan ala kolonial  itu tampak begitu kental pada arsitektur bangunan pabrik gula itu.


Di tengah bisingnya suara mesin, petugas pemandu mengajak kami masuk ke dalam pabrik Gula. Dia juga memberikan informasi tentang cara dan proses pembuatan gula mulai dari proses penggilingan tebu hingga hasil akhirnya berupa gula pasir.


Bangunan pabrik Gula itu sendiri tampak begitu besar dan luas. Berbagai peratan dan mesin yang senantiasa bekerja dan beberapa diantaranya  mengeluarkan asap itu seolah berpacu dengan peluh para pekerja disana.

Karena mesin-mesin itu terus bergerak dan beroperasi, tentu perlu berhati-hati saat berkunjung dan berada di dalam kawasan pabrik gula itu. Sangat bahaya bagi pengunjung untuk memegang atau mendekat pada mesin-mesin itu yang banyak diantaranya tanpa ada pagar pembatasnya.


Yang unik, pada saat kami melihat hasil akhirnya berupa Gula Pasir, ada beberapa pengunjung yang mencoba menngambil sedikit gula pasir yang disediakan oleh petugas.
 

 Rupanya mereka tertarik untuk merasakan gula pasir yang baru saja matang diproduksi dan merasakan  langsung di pabriknya. 

Menariknya lagi, setelah kunjungan ke pabrik gula itu selesai, rombongan kemudian diajak untuk menaiki sebuah lokomotif kuno yang diparkir di depan kawasan pabrik. Lokomotif kuno itulah yang biasa digunakan untuk mengangkut tebu-tebu yang akan digiling di pabrik gula itu. 


Loko tua itu hanya menemupuh jarak sekitar 300 meter saja sampai di depan halaman Museum Gula dan kembali lagi ke halaman pabrik Gula . Dan pengunjung pun hanya berdiri atau duduk di tempat yang seadanya saja. tetapi walaupun begitu, sudah menjadi atraksi dan pengalaman wisata yang mengesankan bagi kami.

Sebuah destinasi wisata yang menarik dan layak masuk daftar kunjungan wisata Anda jika berkunjung ke Yogyakarta, Klaten  dan Jawa Tengah.
 
Baca juga dan Klik artikel menarik berikut ini  :

Gratis : Tiket Nonton Konser Alicia Keys





Artikel-artikel Menarik lainnya bisa Anda baca 

di Link berikut ini :




==================================================================


Break Session :

  

Swastika Ala Nazi Di Kelenteng Kwan Sing Bio 
Nuansa Seram Dalam Ritual Sumpah Pocong
Mengenang Gus Dur Di Kelenteng Boen Bio 
Menikmati Surabaya Dengan Surabaya Heritage Track 
Legenda Kwan Kong Di Kelenteng Kwan Sing Bio

Suharto, Hercules Bergigi Baja Dari Tuban  
Masjid Aschabul Kahfie Di Dalam Gua Yang Unik 












Tips Jitu Untuk Meningkatkan Traffic Situs atau Blog








Tidak ada komentar:

Posting Komentar