Rabu, 23 Januari 2013

Monumen Pesawat Legendaris Di Jawa Timur

Pesawat udara ternyata bisa menjadi monumen yang cukup menarik untuk dikunjungi. Apalagi jika pesawat udara itu memiliki jejak kisah perjuangan selama digunakan dalam dinas kesatuan militernya.

Begitulah kesan yang bisa kita rasakan dengan berkunjung dan menyimak beberapa monumen pesawat udara yang legendaris yang ada di kota Jombang, Lamongan dan Probolinggo - Jawa Timur . Monumen-monumen itu menampilkan pesawat udara  jenis Nomad dan pesawat udara jenis Bronco


1. Monumen Pesawat Bronco.

Monumen Pesawat Bronco ini berada  di jalan raya Jombang - Surabaya tepatnya di daerah pertigaan dekat terminal Jombang - Jawa Timur terdapat sebuah monumen yang cukup menarik. Monumen itu  berupa pesawat udara jenis OV-10 F Bronco .
Monumen pesawat Bronco itu berada pada lahan taman yang cukup luas. Di sekitar monumen terdapat taman dengan berbagai jenis tanaman dan bangunan peneduh dengan  pilar-pilarnya yang berbentuk setengah lingkaran.Pesawat yang dibuat pada tahun 1976 itu tergabung dalam Skadron Udara 21 yang bermarkas di Lapangan Udara  Abdul Rachman Saleh , Malang, Jawa Timur.

OV-10 Bronco adalah pesawat militer  ringan yang berbaling-baling dan bermesin ganda buatanNorth American Rockwell  sebagai pesawat serang  ringan dan pesawat angkut ringan. Pesawat ini dikembangkan pada tahun 1960-an sebagai pesawat khusus untuk pertempuran COIN (COunter-INsurgency) atau anti-gerilya. 
Squadron Udara OV-10F Bronco itu sendiri juga  sangat legendaris  karena terlibat banyak operasi tempur. Sejak kehadirannya, OV-10F ikut serta dalam hampir setiap perang di dalam negeri. Mulai dari Operasi Seroja, Operasi Tumpas, Operasi Halilintar, Operasi Guruh dan Petir, Operasi Kikis Kilat, Operasi Tuntas, Operasi Halau, Operasi Rencong Terbang, Operasi Oscar.



Berseberangan jalan dengan monumen Pesawat Bronco itu ada juga monumen yang serupa yaitu Monumen Pesawat Nomad TNI Angkatan Laut. Monumen yang satu ini terpasang dalam posisi yang rendah tanpa pilar atau penyangga.


2. Monumen Pesawat Nomad Di Lamongan

Monumen pesawat udara jenis Nomad ternyata juga terdapat di Kota Lamongan.Tetapi berbeda dengan lokasi monumen di Jombang yang  berada di tepi jalan raya,  monumen di Lamongan ini berada di pusat kota. Tepatnya di tengah alun-alun Kota Lamongan.

Pesawat itu dihibahkan oleh  TNI Angkatan Laut kepada warga Kota Lamongan, pada tgl 7 Januari 2009.Pesawat jenis pengintai ini merupakan pesawat yang sudah tidak dapat digunakan lagi atau di-grounded dalam tugas operasional dan latihan TNI Angkatan Laut. 

 

Sebelumnya, TNI AL menggunakan pesawat ini dalam melaksanakan patroli pantai, dan tergabung dalam Skadron Udara 800 yang berpangkalan di Lanudal Juanda – Surabaya.
Pesawat  N-22 Nomad TNI AL yang bernomor lambung P.806 itu dibuat di Australia pada 1974. Bagian tubuh Pesawat dicat dengan warna abu-abu  yang memiliki panjang 12,5 meter, lebar 16,46 meter dan berat mencapai 2.676 kilogram.

=======================================================================

Break Session :

Baca juga artikel-artikel menarik lainnya di Blog ini dengan Langsung KLIK Link di bawah ini atau kata-kata berwarna Biru lainnya :

Tips Jitu Untuk Meningkatkan Traffic Situs atau Blog  

OLeh-oleh Khas Tuban 

Merenda Kenangan Di Pantai Pasir Putih Situbondo
Budaya Minum Tuak Di Bumi Ronggolawe
Merajut Kenangan Indah Di Malioboro Yogyakarta

Busana Kerancang Betawi Yang Indah Dan Menawan 

Eksotisme Wisata Air Terjun Sri Gethuk

Swastika Ala Nazi Di Kelenteng Kwan Sing Bio 
Nuansa Seram Dalam Ritual Sumpah Pocong
Mengenang Gus Dur Di Kelenteng Boen Bio
Menikmati Surabaya Dengan Surabaya Heritage Track 
Legenda Kwan Kong Di Kelenteng Kwan Sing Bio


Suharto, Hercules Bergigi Baja Dari Tuban  
Masjid Aschabul Kahfie Di Dalam Gua Yang Unik 
Megahnya Istana Kaisar Di Kelenteng Kwan Sing Bio
Nostalgia Masa Kecil Di Museum Anak Kolong Tangga

Ovi, Gadis Hulk Yang Perkasa Dari Tuban 
Menguji Nyali Di Tebing Watu Ondo
Mengenang Fenomena Aneh Gadis Kristal Di Tuban
Camilan Ampo Yang Terbuat Dari Tanah 
Ongkek Yang Langka Di Museum Kambang Putih Tuban 

Dinding Jebol Jejak Pelarian Pangeran Diponegoro
Foto Rongten Korban Santet Di Surabaya
Mobil Rolls Royce Kuno Milik Dinasti Sampoerna









================================================================

3. Monumen Pesawat Nomad Di Probolinggo

Monumen pesawa Nomad ternyata juga terdapat di Kota Probolinggo yaitu berada di halaman depan  Museum  Kota Probolinggo yang berlokasi di Jalan Suroyo.Monumen pesawat itu menjadi salah satu ‘ pengawal museum ‘ ini bersama dengan lokomotif kuno dan tank milik Marinir.

Pesawat yang pada ekor pesawatnya bernomer  P-830  itu berasal dari negara Australia dan dibuat pada tahun 1982 oleh industri  pesawat GAF. Dengan menggunakan bahan bakar avtur, pesawat ini memiliki panjang 12,57 meter , lebar 16,46 meter dan tinggi 5.53 meter.

Pesawat memiliki berat kosong 2.676 kg dan berat maksimum 3878 kg. Dengan kecepatan jelajah 133 knots, pesawat memiliki kecepatan ekonomis 133 knots dan kecepatan maksimal 172 knots.
 
Pesawat ini mulai masuk dan digunakan dalam dinas TNI Angkatan Laut sejak
30 November 1997 dengan waktu lama terbang 5 jam 10 menit.  Selama aktif  itu , pesawat ini digunakan dalam Operasi Halilintar,  Operasi Timor Gap,  Operaso Trisula, Operasi Seroja dan Operasi Ambalat.
Sedangkan pesawat itu mulai dipajang di museum ini pada tgl 13 April 2011 dengan  perakitan dan display pesawat dilakukan oleh anggota TNI Angkatan Laut dari pangkalan militer di Surabaya.







Tidak ada komentar:

Poskan Komentar