Selasa, 29 Januari 2013

Gereja Yang Indah Dan Unik Di Jawa Timur

Ada banyak bangunan gereja di nusantara. Beberapa diantaranya adalah  gereja yang sudah berusia ratusan tahun dengan bentuk dan arsitektur bangunan yang indah dan unik.

Di daerah Jawa Timur ada beberapa gereja yang indah dan unik tersebut  yaitu Gereja Sana Perawan Maria, Gereja Merah dan Gereja Puh Sarang.

1. Gereja Kelahiran Santa Perawan Maria Di Surabaya 
Bangunan yang berbentuk seperti kastil itu adalah Gereja Katolik  Kelahiran Santa Perawan di Surabaya. Lokasinya berdekatan dengan SMA Katolik Frateran Surabaya dan berada di Jalan Kepanjen .Sekitar 400 meter   dari kawasan Monumen Tugu Pahlawan yang banyak terdapat bangunan kuno.
Menyimak bentuk gereja ini tampak keindahan pada setiap bagiannya. Atapnya yang berwarna hitam berpadu selaras dengan dinding bangunannya yang berwana merah bata dan ornamen-ornamennya yang berwarna putih.
 
Diantara ornamen-ornamen itu ada yang berupa salib dan patung-patung yang bernuansa gothic. Taman yang asri dengan berbagai jenis tanaman  menghiasi di sekitar gereja.
Gereja kuno ini dibangun pada tahun 1815. Sebelum dibangunnya Gereja Katolik Kelahiran Santa Perawan Maria ini, sebelumnya di Kota Surabaya sudah dibangun sebuah Gereja Katolik yang pertama di Surabaya. Gereja itu bergaya Eropa yang terletak dipojok jalan Kepanjen dan Kebonrojo.
Pada awalnya dua orang pastor pada tanggal 12 Juli 1810, yaitu Hendricus Waanders dan Phillipus Wedding datang dari Belanda dengan kapal ke Surabaya. Pastor Wedding kemudian bertugas ke Batavia sementara Pastor Waanders menetap di Surabaya.  
 
Umat Katolik dapat merealisasikan membangun sebuah gereja pertama di pojok Roomsche Kerkstraat/Komedie weg (Kepanjen/Kebonrojo) atau sekitar di jalan Cenderawasih dan Merak yang  saat ini sudah tidak ada lagi bekas bangunannya
Gereja ini  merupakan gereja tertua yang masih ada di Surabaya, tetapi baru digunakan setahun kemudian pasca pembangunannya. 
Penundaan ini disebabkan karena gereja sempat dialihfungsikan sebagai rumah sakit darurat untuk menanggulangi wabah kolera.

Rancangan arsitek gereja yang bercorak gotik dibuat oleh seorang berkewarganegaraan Belanda, Westmaes. Ada kemiripan gereja ini dengan gerejaJjean Baptiste Antoine, Lessus, St.Jean Baptiste de Belleville paris yang dibangun pada 1854.
-------------------------------------------------------------------------------------------------------------

2. Gereja Merah Di Probolinggo  
Gereja Merah, begitulah  warga di  Kota  Probolinggo – Jawa Timur menyebut bangunan ini. Sesuai dengan namanya, bangunan tempat beribadah umat Kristiani itu memang berwarna merah pada semua bagiannya.
Selain warnanya yang tampak mencolok, keindahan bangunan dengan arsitekturnya yang indah dan  unik ini tentu memancing siapa saja yang melintas di Jalan Suroyo di kota Mangga ini.

Gereja Merah itu bernama lengkap  Gereja Protestan Indonesia Barat ( GPIB ) Immanuel. Selain dikunjungi oleh para umatnya, selama ini  Gereja Merah  juga sering dikunjungi oleh wisatawan dari nusantara dan mancanegara. 
 Wisatawan dari  mancanegara itu umumnya berasal dari Belanda.Mereka ingin mengetahui dan menyimak tentang pesona keindahan dan sejarah Gereja Merah. Gereja ini dibangun pada tahun 1862.
Gereja Merah yang struktur bangunannya sebagian besar terbuat dari besi baja ini dulu memang dibuat dan dirancang di Belanda. Setelah jadi, struktur bangunan dengan system bongkar-pasang (knock down) itu kemudian dikapalkan ke Probolinggo.
Sesampai di Probolinggo, struktur bangunan itu dirangkai kembali menjadi bangunan gereja.
Pada masa lampau ,  dinding gereja berupa papan kayu biasa. Karena tidak rata , dalam perkembangannya dinding kayu itu kemudian  dilapisi dengan kayu lapis.
 
Yang unik, di  dunia hanya ada dua gereja yang  bentuknya seperti ini, yaitu  satu di Denhaag, dan  yang satunya  lagi di  Gereja Merah  -  Probolinggo ini .Gereja merah ini dibangun oleh Pendeta Pati Rajawane, berdiri pada masa Belanda di bawah kepemimpinan Bupati Meijer, Bupati Probolinggo pertama.

Di altar gereja tua itu tertera tulisan ”Gebouwd Anno 1862”  yang berarti dibangun tahun 1862.
Tangga yang  menuju di balkon yang ada di Gereja Merah ini juga beberntuk menarik. Untuk Balkon biasanya digunakan sebagai tempat paduan suara gereja menyanyikan doa dan lagu-lagu pujian. 

3. Gereja Puh Sarang Di Kediri 

Gereja Puh Sarang sangat unik dengan bentuknya yang khas dan tradisional.
Karena berupa bangunan kuno, arsitektur bangunan gereja tersebut  merupakan perpaduan  anatara budaya kolonial Belanda  dan budaya Jawa. 
Yang menarik, gereja itu dibangun dengan bahan bangunan yang didominasi oleh batu-batu sungai yang disusun dan ditata sedemikian rupa.
Gereja itu bernama Gereja Katolik Santa Maria Puhsarang yang meru pakan Gereja Katolik Roma. Lokasinya  di desa Pohsarang, kecamatan Semen, Kediri dan berada di kaki Gunung Wilis -  Jawa Timur.
Gereja Katolik di Pohsarang didirikan atas inisiatif pribadi dari Romo Jan Wolters CM dengan bantuan arsitek terkenal Henri Maclaine Pont pada tahun 1936.
Keindahan arsitektur Gereja Pohsarang melekat pada dua nama yaitu Ir.  Maclaine Pont dan pastornya Romo Jan Wolters CM. Ir. Henricus Maclaine Pont sebagai arsiteknya sangat pandai dalam membentuk keindahan bangunan Gereja dengan memadukan  kebudayaan Jawa.
 Sedangkan  Romo Wolters sebagai inisiator memberi roh pengertian mendalam tentang makna sebuah bangunan Gereja dengan banyak simbolisme untuk katekese iman Katolik
Kompleks Gereja Puhsarang ini berada pada lahan yang sangat luas. Menurut petugas di pos informasi yang bernama Pak Hartoko, lahan kompleks gereja ini sekitar 10 hektar.  Wow...
Di dalam kompleks gereja Puhsarang terdapat tempat-tempat  yang memiliki nama tertentu. Seperti Jalan Salib Bukit Golgota, makam Uskup dan Pastor, Pondok Rosario, Gua Maria Lourdes, Pendopo Elmaus, Plaza Maria, dan Taman Hidangan Kana.
Di gereja ini banyak dikunjung oleh umat katolik yang mengadakan kegiatan kebaktian, Pada sebulan sekali 
Tiap sebulan sekali pada minggu kedua juga diadakan doa novena. Bahkan  sering juga ada  umat Katolik  yang melakukan pemberkatan pernikahan di gereja ini, seperti yang saya jumpai saat berkunjung ke gereja ini.

Free Trial 41.000 Movies  + TV  Episode = Amazon Prime 

======================================================================

Dijual Tablet Smartfren New Andromax Tab 7.0 


Hadiah Lomba dari Vivanews. 

Kondisi 100% Baru, Lengkap dan Tersegel.

Harga Penawaran Rp 1,5 juta

Barang Langka - Stock Galeri Smartfren Sudah Kosong Lama

Harga Tablet Smartfren New Andromax Tab 8.0 Rp 2,3 juta

Kontak Agung - 0823 3388 7121

======================================================================



 ====================

===============

Artikel-artikel Menarik lainnya bisa Anda baca 

di Link berikut ini :









3 komentar: