Kamis, 17 Januari 2013

Menyapa Monyet Liar Di Pemandian Bektiharjo

Ada banyak sumber  air di Kabupaten Tuban – Jawa Timur. Salah satunya adalah sumber air di Desa Bektiharjo, Kecamatan Semanding , Kabupaten Tuban – Jawa timur. Sumber air di daerah ini terdiri dari beberapa mata air.
Sebagian masih berupa sumber air alami yang digunakan oleh warga setempat untuk berbagai keperluan seperti untuk air bersih berbagai keperluan,  mandi , mencuci dan sebagainya. 
  
Sebagian sumber air lainnya   dibangun dan dikembangkan sebagai wisata berupa kolam renang dan pemandian yang dikenal dengan nama Pemandian Bektiharjo.
 
                
Untuk masuk ke wisata ini tiketnya Rp 4000 untuk haris Senin – Jum’at dan Rp 5000 untuk hari Sabtu – Minggu. Pemandian Bektiharjo berada di areal yang cukup luas dengan pepohonan yang besar dan rindang.

Banyak pengunjung yang datang ke wisata ini untuk belajar berenang atau sekedar bermain dengan berbasah ria.


Pemandian ini memiliki kolam renang dengan kedalaman beragam sesuai dengan usia dan kemahiran dalam berenang.  Untuk kolam yang terdalam, kedalamannya mencapai sekitar 3 meter.

 
           
Yang menarik, di wisata ini terdapat banyak hewan kera  yang berkeliaran di sekitar lokasi. Hewan primata  ini tampak bergelayutan di pepohonan atau hilir mudik berjalan dan berkeliaran diantara pengunjung.
Walau tampak  terkesan jinak-jinak merpati, pengunjung tetap harus bersikap waspada dan hati-hati pada hewan itu. 
 

Karena tak jarang, hewan itu akan mengambil atau menyahut barang-barang milik pengunjung yang lengah dan sekaligus naik ke pohon dengan membawa barang itu.


Bahkan pernah terjadi ada dua ekor  monyet yang terpaksa ditangkap dan dikerangkeng karena suka mengejar dan menggigit para pengunjung. 
 

Ada yang unik dengan kera-kera itu. Karena  dalam seharinya pada waktu-waktu tertentu hewan itu bisa begitu mudah dijumpai di sekitar lokasi. Tetapi di waktu lainnya, tak seekor kera pun yang tampak disana.
=======================================================================
Break Session :

Baca juga artikel-artikel menarik lainnya di Blog ini dengan Langsung KLIK Link di bawah ini atau kata-kata berwarna Biru lainnya :

Menambang Uang Melalui Facebook dan Blog
Tips Jitu Untuk Meningkatkan Traffic Situs atau Blog   


Merenda Kenangan Di Pantai Pasir Putih Situbondo
Budaya Minum Tuak Di Bumi Ronggolawe
Merajut Kenangan Indah Di Malioboro Yogyakarta
Busana Kerancang Betawi Yang Indah Dan Menawan 

Eksotisme Wisata Air Terjun Sri Gethuk

Swastika Ala Nazi Di Kelenteng Kwan Sing Bio 
Nuansa Seram Dalam Ritual Sumpah Pocong
Mengenang Gus Dur Di Kelenteng Boen Bio
Menikmati Surabaya Dengan Surabaya Heritage Track 
Legenda Kwan Kong Di Kelenteng Kwan Sing Bio


Suharto, Hercules Bergigi Baja Dari Tuban  
Masjid Aschabul Kahfie Di Dalam Gua Yang Unik 
Megahnya Istana Kaisar Di Kelenteng Kwan Sing Bio
Nostalgia Masa Kecil Di Museum Anak Kolong Tangga

Ovi, Gadis Hulk Yang Perkasa Dari Tuban 
Menguji Nyali Di Tebing Watu Ondo
Mengenang Fenomena Aneh Gadis Kristal Di Tuban
Camilan Ampo Yang Terbuat Dari Tanah 
Ongkek Yang Langka Di Museum Kambang Putih Tuban 

Dinding Jebol Jejak Pelarian Pangeran Diponegoro
Foto Rongten Korban Santet Di Surabaya
Mobil Rolls Royce Kuno Milik Dinasti Sampoerna









================================================================



Keunikan lainnya adalah pada waktu tengah hari biasanya ada beberapa ekor kera yang berukuran cukup besar tampak berkeliling dari satu rumah ke rumah warga setempat lainnya untguk meminta makanan laksana peminta-minta.
 
       
 Warga setempat sudah terbiasa dengan hal itu dan mereka akan memberikan sedikit makanan apaun jenis dan bentuknya pada kera itu. Bila kera itu sudah diberi makanan dan memakannya sampai habit, barulah si kera  beranjak pindah ke rumah warga lainnya untuk meminta makanan juga dan begitu seterusnya sampai dia kenyang.
 Selain itu, di kawasan wisata Pemandian Bektiharjo ini juga terdapat dua punden yang dikeramatkan oleh warga setempat sebagai pelindung  gaib  daerah ini .

Pada hari-hari tertentu , di punden itu diadakan acara selamatan yang diadakan oleh beberapa warga untuk berbagai keperluan. Sedangkan pada setahun sekali disana diadakan acara  Manganan atau  Sedekah Bumi sebagai ungkapan rasa syukur warga sekitar Pemandian Bektiharjo.

Dalam setahun sekali, di wisata ini juga diadakan tradisi dan ritual Siraman Tayub yang diikuti oleh penyanyi dan penari tayub yang ada di kabupaten Tuban.

Tayub adalah kesenian tradisional yang berupa tari-tarian dan lagu dalam gaya dan bentuk penampilan yang khusus.


Mereka mengikuti ritual ini dengan meminum air dari sumur di pemandian ini dengan berharap agar bisa laris dalam mendapatkan tanggapan atau order pentas yang berarti mengalirnya pundi-pundi rupiah. 

Wisata Pemandian Bektiharjo dilengkapi dengan beberapa kolam renang dengan kedalaman tertentu sesuai dengan kelompok usia penggunanya. Pemandian itu yang berlokasi di dekat sumber alaminya dan ada juga yang dibangun di lokasi sekitarnya.
       
Di wisata yang konon berkaitan dengan sejarah nama Tuban ini juga dilengkapi dengan sarana permainan dan fasilitas lainnya.  Berada di sana kita bisa merasakan kesegaran air langsung dari sumbernya.

2 komentar: