Jumat, 25 Januari 2013

Menyapa Satwa Di Maharani Zoo Lamongan


Burung yang indah dan Pesolek, mungkin begitulah salah satu julukan bagi Burung Kasuari. Pasalnya, burung ini dengan menggunakan paruhnya tampak senantiasa merapikan bulu-bulunya yang berwarna hitam  yang tampak sehat dan mengkilap. Sungguh  warna yang serasi  dengan warna-warna yang cerah pada wajah, kepala dan jenggernya.
Kasuari  yang bernama ilmiah  Casuarius casuarius ini   berukuran cukup besar  seperti  ukuran seekor kambing  dewasa. Cukup langka dan hanya bisa dijumpai  di tempat-tempat tertentu . Karena itu , cukup menarik dan mengagumkan  bisa melihat dan menikmati keindahan Kasuari  secara langsung.
Kasuari ini merupakan salah satu daya tarik diantara beberapa jenis satwa yang ada di Wisata Maharani Zoo dan Goa yang berada di Kecamatan Paciran Kabupaten Lamongan, Jawa Timur. Tiket masuk ke Maharani Zoo ini adalah Rp 30.000 per orang.
 
Untuk jenis satwa burung menempati sarang-sarang yang tersebar di berbagai areanya. Sarang-sarang itu memiliki berbagai bentuk dan bahan menyesuaikan dengan  jumlah , ukuran dan pergerakan burung.

Ada yang ditempatkan dalam sarang yang terlindung dengan jarring  kawat dan ada juga yang ditempatkan dalam ruang terbuka dengan properti penunjangnya.




Melangkahkan kaki berikutnya di dekat Wahana Kuntecky White Tiger terdapat sangkar yang berisi  tiga ekor burung Toucanno atau yang biasa disebut dengan burung Enggang di daerah Kalimantan.

Burung  yang berwarna indah ini juga berukuran cukup besar dengan rentangan sayapnya yang lebar. Kepakan sayapannya di dalam sangkar terdengar seperti hembusan angin yang cukup kencang.

Di sebelah timurnya terdapat sarang burung Red Scarlett yang bentuknya sepintas bentuk dan warnanya seperti burung Nuri., namun dengan ukuran tubuh yang cukup besar. 
Ada tiga ekor burung Red Scarlett disana dengan perpaduan warna merah, biru, kuning dan hijau pada tubuhnya.Sangkar burungnya tampak berbeda karena cukup  luas dan tinggi.Karena  burung jenis ini membutuhkan tempat yang tinggi dan luas untuk bertengger dan bergelayutan.

Sedangkan  tepat di sebelah utara kandang harimau putih terdapat deretan sangkar  yang ukup cukup kecil dengan terpasang kaca bening di bagian depannya.

=======================================================================
Break Session :

Baca juga artikel-artikel menarik lainnya di Blog ini dengan Langsung KLIK Link di bawah ini atau kata-kata berwarna Biru lainnya :

Menambang Uang Melalui Facebook dan Blog
Tips Jitu Untuk Meningkatkan Traffic Situs atau Blog  

OLeh-oleh Khas Tuban 

Bebatuan yang Indah Dan Bercahaya Di Lamongan
Monumen Pesawat Yang Legendaris Di Jawa Timur
Sensasi Memetik Teh Di Kebun Teh Kertowono
Kisah Batu Kodok Di Lamongan
Nasi Boran Yang Khas Dan Nikmat Di Lamongan

Merenda Kenangan Di Pantai Pasir Putih Situbondo
Budaya Minum Tuak Di Bumi Ronggolawe
Merajut Kenangan Indah Di Malioboro Yogyakarta

Busana Kerancang Betawi Yang Indah Dan Menawan 

Eksotisme Wisata Air Terjun Sri Gethuk

Swastika Ala Nazi Di Kelenteng Kwan Sing Bio 
Nuansa Seram Dalam Ritual Sumpah Pocong
Mengenang Gus Dur Di Kelenteng Boen Bio
Menikmati Surabaya Dengan Surabaya Heritage Track 
Legenda Kwan Kong Di Kelenteng Kwan Sing Bio


Suharto, Hercules Bergigi Baja Dari Tuban  
Masjid Aschabul Kahfie Di Dalam Gua Yang Unik 
Megahnya Istana Kaisar Di Kelenteng Kwan Sing Bio
Nostalgia Masa Kecil Di Museum Anak Kolong Tangga

Ovi, Gadis Hulk Yang Perkasa Dari Tuban 
Menguji Nyali Di Tebing Watu Ondo
Mengenang Fenomena Aneh Gadis Kristal Di Tuban
Camilan Ampo Yang Terbuat Dari Tanah 
Ongkek Yang Langka Di Museum Kambang Putih Tuban 

Dinding Jebol Jejak Pelarian Pangeran Diponegoro
Foto Rongten Korban Santet Di Surabaya
Mobil Rolls Royce Kuno Milik Dinasti Sampoerna




Jejak Bio





================================================================

Di dalam sangkar itu terdapat burung-burung yang saat ini populasinya cukup langka seperti Elang berwarna hitam , Rajawali dan Jalak Bali.
Melanjutkan perjalanan  kemudian menuju ke Lokasi Gua Maharani, tepatnya di dekat kandang Iguana  dan monyet  hitam terdapat kandang yang berisi dua ekor burung Kasuari.
Di seberang kandang Kasuari  terdapat sebuah kolam yang dihuni sekitar 10 ekor burung Pelikan. Burung ini cukup unik  karena  bentuk paruhnya yang besar dan menyerupai kantong di bagian bawahnya.
Tepat di sebelah  kiri kandang burung Pelikan   terdapat sebuah air terjun yang airnya mengalir cukup deras.  Di sekitar air terjun terdapat sekitar 10 ekor burung Flamingo. Burung ini juga tampak menarik dengan bentuk kakinya yang kurus dan panjang dengan rona warna merah muda pada tubuhnya. 
Ada juga dua burung Merak Hijau yang ditempatkan di sangkar terbuka di depan wahana Exotic Albino . Di wahana yang berada di dalam ruangan itu terdapat  dua ekor Merak Albino yang berwarna putih yang eksotis dan langka.

Walau masih cukup sedikit jenis burung yang ada di  wisata ini, namun keberadaannya patut diacungi jempol.

 
Karena dengan menyimak koleksi-koleksinya kita bisa tahu dan mengenali  beberapa jenis burung dengan segala pesona keindahannya.

2 komentar: