Rabu, 20 Juni 2012

Batu Bersinar Di Gua Maharani - Lamongan


Di Gua Maharani yang berada di kecamatan Paciran , Kabupaten  Lamongan – Jawa Timur, terdapat banyak batu yang berharga. 


Batu-batu dalam berbagai bentuk itu tampak berkilauan dengan berbagai warnanya yang memukau.Ada batu jenis saphir, amethyst, jade (giok ),  dan sebagainya.


 Sesuai dengan nama galerinya, batu-batu permata itu bisa dijumpai dalam wahana Gem Stone Gallery yang berada di kawasan wisata ini. 


Lokasinya berada di sebelah Gua Maharani. Sehingga begitu keluar dari dalam Gua Maharani, pengunjung tentu akan melewati wahana ini.
 

Batu-batu  itu memang cukup menarik. Koleksinya ditempatkan dalam etelase kaca dengan penataan  dan pencahayaan pada batu yang cukup bagus. 


 Penggunaan lampu yang ditempatkan di bagian bawah batu berguna untuk  menguatkan tampilan pesona warna yang terkandung pada batu. Karena pada beberapa jenis batu mempunyai tampilan warna yang berbeda. Ada yang hanya berwarna biru, hijau, merah, oranye, ungu, pink, ataupun perpaduan dari berbagai warna dan sebagainya.


 Ada juga jenis batu yang bening seperti Kristal yang tampak berkilauan karena pendar cahaya lampu di bagian bawahnya. Bahkan ada batu yang bentuk mirip batu Krypton dalam kisah Superman.Batu-batu itu ditampilkan ada yang dalam keadaan masih alami, setengah di poles atau dipoles penuh untuk menampilkan kilau dan warnanya.


Selain batu-batu yang berwarna dan berkilauan, juga ada banyak  jenis batu lainnya. Koleksi batu-batu itu dilengkapi dengan keterangan tentang bentuk, ukuran, unsur, skala kekuatan batu, asal dan mitologi yang berkaitan dengan batu tersebut.


Seperti halnya Batu Lapis Lazuli ini. Dalam penjelasannya disebutkan bahwa batu yang berwarna biru  ini  terdiri dari unsur perpaduan antara  Sodium Aluminium dengan Sulfur, chlorine dan Hydroxil. Skala kekuatan  batu  5-6 dan berasal dari Pegunungan Kush yang berada di daerah Afganistan – Pakistan.


Sedangkan mitologinya, batu ini dalam ajaran agama Budha dipercaya bisa memberikan kedamaian hati, mengubah pikiran negative menjadi positif dan dapat menyembuhkan luka akibat digigit lular berbisa. 

 
    
Yang menarik, di wahana Gem Stone Gallery ini juga ditampilkan alat canggih Floor Luminescent Magnifier yang berguna untuk  melihat  batu dengan lebih jelas dan detai.
Sayang sekali  peralatan itu tidak bisa digunakan oleh pengunjung dan juga tidak ditampilkan informasi tentang bagaimana cara penggunaannya.
 

Menyimak koleksi  batu permata yang indah di wahana ini tentu bisa menambah wawasan dan pengetahuan untuk mengetahui tentang jenis  bebatuan. 
 

Siapa sangka , dari beberapa jenis bebatuan yang  bentuk luarnya tampak biasa dan sederhana itu ternyata memilki keindahan yang menawan dan luar biasa.


7 komentar:

  1. keren, lebih keren dari batu permata yg muncul dari mata seorang bocah wkwkwk

    BalasHapus
  2. wah ane yang orang lamongan gk tau apa2

    BalasHapus
  3. Buka Mata ..Buka telinga ya, Gan.

    xixixiixix...

    BalasHapus
  4. wahhhh pertama kali dan terakhir ke gua Maharani kelas 5 SD hahaha

    BalasHapus