Kamis, 14 Juni 2012

Fajar yang Indah Di Pantai Tuban



Dengan letak geografinya yang berada di dekat Laut Jawa, Kabupaten  Tuban – Jawa Timur memiliki banyak  pantai sepanjang Jalur Pantura  Semarang – Surabaya. Salah satunya adalah Pantai Tuban yang  berada di kawasan Jalan RE. Martadinata, 1 km kea rah barat dari pusat kota.

Kawasan pantai yang juga dikenal dengan nama Pantai gerdu Laut ini berada di seberang jalan dari kelenteng Kwan Sing Bio ini memiliki panorama alam yang cukup indah. Terlebih ketika fajar dan senja , semburat  warna tembaga pada langit dengan bayangan hitam laksana menjadi kanvas lukisan alam yang bergerak.

 Pantai  Tuban ini berombak yang kecil dan tenang. Air lautnya tampak keruh karena  berlumpur. Begitu juga dengan pasirnya yang tampak berwarna  abu-abu dan kehitaman.


Di  pasir  pantai itu bisa dijumpai hewan laut kecil seperti kerang  yang oleh warga setempast disebut dengan  ’ remis ‘. Dulu pada tahun 1980an, di pantai ini masih banyak dijumpai berbagai jenis dan berbagai ukuran hewan  kerang dan keong ( kelomang ).


Tapi sayang, mungkin karena sudah tercemarnya habitat lingkungan alaminya di pantai ini, kerang dan kelomang  dengan berbagai bentuknya yang  menarik itu saat ini sudah tak ada lagi. 
--------------------------------------------------------------------------------------------------
Break Session :
 
Baca juga artikel-artikel menarik lainnya di Blog ini dengan Langsung KLIK Link di bawah ini atau kata-kata berwarna Biru lainnya :
 

 
 

=================================================================


Pantai Tuban ini menjadi salah satu lokasi warga untuk bersantai dan rehat sejenak dari kepenatan. Mereka ada yang sekedar bercengkerama dengan keluarga, kerabat atau  rekan,  memancing, bersenam dan kegiatan lainnya sambil menikmati panorama pantai dengan aktifitas nelayannya.

 
Bila air laut sedang surut, banyak juga warga yang turun ke pantai ini untuk bermain sepak bola, berlarian, atau bermain pasir.


Dari wacana yang berkembang di publik dan melihat maket yang terpajang di salah satu ruangan kelenteng, di kawasan pantai Tuban  inilah , tepatnya yang berada di depan kelenteng Kwan Sing Bio  yang kelak akan menjadi lokasi pembangunan Pagoda Sembilan Lantai . 


Namun wacana pembangunan Pagoda Sembilan Lantai  yang prestisius  dengan dana belasan miliar rupiah itu juga masih belum pasti mengambil lokasi di pantai ini. Karena selain masih menunggu izin pembangunannya,   tentu juga akan menjadi polemik  yang pro dan kontra terkait dengan rencana proyek itu yang mereklamasi kawasan pantai yang sangat luas.


Terlepas dari wacana pembangunan Pagoda Sembilan Lantai itu, yang pasti Pantai Tuban ini memang sangat indah dan menarik untuk dikunjungi.

Bila berkunjung dan berada di sana, jangan lupa untuk tetap waspada dan berhati-hati.


Pasalnya,arus lalu lintas di sekitarnya  cukup padat karena  berada di tepi jalan raya utama yang dilintasi banyak kendaraan besar  dan berat.



5 komentar:

  1. blog yg menarik dan smoga byk yg mengunjungi..:) terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks , Gan.

      Semoga blog Agan juga banyak pengunjungnya ya.

      Amien..

      Hapus
  2. saya pernah (lewat) sana ... nice place mantab

    BalasHapus
  3. Thx kunjungannya ya, Gan.

    Salam Blogger

    BalasHapus
  4. tapi sayank, ane hanya lewat n tidak bisa melihat indahnya fajar disana

    BalasHapus