Sabtu, 22 September 2012

Drum Band Qonah Yang Unik Dari Probolinggo


Nama Drum Band Qonah bagi banyak orang tentu terasa sangat asing dan tidak pernah terdengar. Namun bagi warga di kota Probolinggo - Jawa Timur, nama kelompok drum band ini cukup populer dengan aksi  mereka yang berani tampil beda.

Ketika tampil dalam pawai budaya dalam rangkaian Hari Jadi Kota probolnggo ke 653 pada tgl 22 Sepetember 2012, Drum Band Qonah kembali hadir dan unjuk karya. Drum band ini sendiri cukup unik dan menarik.

Bila pada drum band lainnya umumnya menampilkan personel yang berusia muda dengan perempuan yang berparas cantik dan laki-laki yang menarik,  Drum Band Qonah ini menampilkan hal yang sangat berlawanan.
 
Para personelnya terdiri dari laki-laki semua yang sudah tidak muda lagi dan wajahnya pun jauh dari kata indah dan menarik. Bahkan ada dua orang kakek yang ikut menjadi personel Drum Band  sebagai mayoretnya.

Yang unik dan menjadi daya tarik, para personel drum band Qonah  itu mengenakan pakaian wanita dengan rias make up dan aksesoris yang menor. Pita rambut berwarna-warni, rumbai-rumbai, permen dan sebagainya tampak menghiasi pakaian mereka.

Peralatan musik yang mereka mainkan pun hanya satu buah yang berupa perlatan modern. Sedangkan yang lainnya, Mereka menggunakan peralatan makan, peralatan dapur, kaleng dan  timba bekas cat yang diselubungi dengan kertas sak semen dan benda-benda sederhana lainnya sebagai  alat musiknya.

-------------------------------------------------------------------------------------------------------

Break Session :
Baca juga artikel-artikel menarik lainnya di Blog ini dengan Langsung KLIK Link di bawah ini atau kata-kata berwarna Biru lainnya :
  







================================================================
Walau tampak sederhana, namun dengan kekompakan dan latihan yang serius , peralatan musik itu ternyata bisa menjadi atraksi dan irama musik yang cukup menarik untuk dinikmati. 

Mereka pun tampil dengan penuh semangat, antusias dan percaya diri dalam berartraksi. Termasuk ketika berada di depan podium kehormatan dengan disaksikan oleh para pejabat pemerintahan.
Drum Band Qonah ini sendiri dimainkan oleh para pegiat seni dan kreatifitas yang tinggal di Kelurahan Kebonsari - Kota Probolinggo. Konon, kelompok drum band ini sudah ada sejak tahun 1990 dengan formasi pemain yang berganti-ganti.  

Terlepas dari segala keterbatasannya, semangat dan antusiasme Drum Band Qonah  ini dalam berunjuk karya melalui pawai budaya itu tentu patut kita apresiasi. 

 Apalagi aksi mereka selama berpawai  mendapat applaus yang meriah dari para penonton.

Tak jarang , banyak dari penonton itu yang tak tahan untuk menggoda para personel Drum Band  Qonah dengan kostum dan atraksinya yang jenaka dan memancing tawa itu.




 

 










Tidak ada komentar:

Posting Komentar