Kamis, 20 September 2012

Tank Marinir Yang Legendaris Di Museum Kota Probolinggo

Bisa menjumpai kendaraan perang berupa tank  miliki militer ditempat terbuka dan pada setiap saat tentu tidak mudah.Namun hal itu ternyata bisa dilakukan di museum Kota Probolinggo  Jawa timur.

Di museum yang berada di Jalan Raya Suroyo ini kita bisa menjumpai sebuah tank milik Marinir - TNI Angkatan Laut  yang ditempatkan di halaman depan museum. Tank marinir itu merupakan salah satu koleksi museum ini yg ditempatan dalam halaman terbuka bersama dengan pesawat NOMAD TNI Angkatan Laaut dan lokomotif kuno .

Karena keistimewaan dari koleksi museum yang tidak biasa itu, tank marinir ini sering menjadi obyek favorit untuk berfoto ria. Tank itu sendiri dalam keadaan yan tampak bersih dan bagus karena dilakuan perawatan secara berkala oleh pihak museum.

Tank itu bertype  Plavayushchiy Tank-76 (PT-76),yang  merupakan jenis tank amfibi ringan buatan Rusia. Angka 76 yang melekat pada namanya bukan menunjukkan tahun pembuatannya. Namun, menandakan ukuran meriam asli tank tersebut, yakni 76,2 mm. Tank ini sudah diproduksi massal pada dasawarsa 50-an.

Indonesia  mulai mendatangkan alat utama sistem persenjataan ini sejak tahun 1962 dan dioperasikan oleh Batalion Panser Amfibi Korps Komando Angkatan Laut (KKO AL), atau yang sekarang dikenal sebagai Batalion Kendaraan Pendarat Amfibi Korps Marinir TNI Angkatan Laut. 

Kala itu, dipakai untuk memperkuat angkatan perang Indonesia yang sedang berkonfrontasi di wilayah Papua dalam rangka operasi Trikora.

Pada perkembangan selanjutnya, PT-76 secara aktif dilibatkan dalam berbagai kegiatan operasi keamanan di dalam negeri dan operasi militer seperti Dwikora (1964–1965) di perbatasan Indonesia–Malaysia dan Operasi Seroja (1975– 1979) di Timor Timur.

Dengan mulai berdatangannya tank amphibi BMP-3F dari Russia pada beberapa bulan yang lalu,  maka masa pengabdian sang legenda di Korps Marinir ini pun  berakhir. 

Tank ringan yang mulai di datangkan oleh pemerintah menjelang digelarnya Operasi Trikora ini memang sangat identik dengan Korps Marinir,  karena disemua operasinya Marinir memang hampir selalu membawa serta tank  PT-76

 Melalui museum Kota Probolinggo ini kita bisa mengetahui dan menyimak  sebuah jejak 
 dari kendaraan tempur yang legendaris ini.  


Free Trial 41.000 Movies  + TV  Episode = Amazon Prime 

======================================================================

Dijual Tablet Smartfren New Andromax Tab 7.0 

Hadiah Lomba dari Vivanews. 

Kondisi 100% Baru, Lengkap dan Tersegel.

Harga Penawaran Rp 1,5 juta

Barang Langka - Stock Galeri Smartfren Sudah Kosong Lama

Harga Tablet Smartfren New Andromax Tab 8.0 Rp 2,3 juta

Kontak Agung - 0823 3388 7121

=====================================================================





 ====================

===============

Artikel-artikel Menarik lainnya bisa Anda baca 

di Link berikut ini :






Tidak ada komentar:

Posting Komentar