Rabu, 14 November 2012

Relief-relief Satwa Di Candi Penataran

Selain  Relief Suku Indian Maya  dan  Relief Yang Erotis  yang masih menyimpan pesona keindahan dan misterinya, masih ada lagi pesona keindahan lainnya yang terdapat di Candi Penataran yang berada di Kota Blitar - Jawa Timur.

( Klik Link Yang berwarna biru itu untuk membaca artikel lainnya tentang Candi Penataran ini )

Keindahan itu adalah relief pada candi yang berupa beraneka jenis satwa. Satwa-sata dalam relief itu ada yang tampil sendiri, bersama dengan hewan lainnya dan ada juga yang tampil bersama manusia dan peradabannya saat itu.

Untuk relief satwa yang tampil bersama manusia diantaranya terdapat relief berupa satwa gajah yang menjadi tunggangan dalam berperang oleh suku Indian Maya. 
 
Ada juga relief satwa monyet yang tampak berperang  dengan manusia-manusia  yang bersenjata tajam dan berwajah menyeramkan ala raksasa.

Relief burung , kelinci dan kambing juga tampil bersama dua pasang manusia dalam satu panel relief . Di relief yang ini juga tampak ornamen yang berbentuk rumah-rumahan.


Sedangkan untuk relief satwa yang tampil bersama dengan jenis satwa lainnya saya jumpai di bagian belakang sebuah arca disana. Pada relief itu menggambarkan seekor satwa buaya sedang menunggang di punggung satwa sapi. Entah apa maksud relief ini apakan melambangkan sebuah  cerita atau dongeng atau yang lainnya.

Untuk relief satwa yang  tampil secara tunggal atau sendiri umumnya berbentuk relief medallion atau lingkaran. Di dalam relief medallion itu satwa dihiiasi dengan ornamen yang bermotif ukir-ukiran atau sulur-suluran. 


Relief satwa dalam bentuk medalion itu berdiameter sekitar 40 cm dan ketebalan 4 cm dengan menempel pada dinding candi. 
  ---------------------------------------------------------------------------------------------------

Break Session :

Baca juga artikel-artikel menarik lainnya di Blog ini dengan Langsung KLIK Link di bawah ini atau kata-kata berwarna Biru lainnya :
  






================================================================

Beberapa satwa itu bisa dengan mudah dikenali jenisnya seperti satwa landak, cecak, anjing, burung,gajah, bebek, merak , burung kasuari, babi hutan,ayam  dan sebagainya.

 

Namun ada juga relief  yang susah juga untuk mengenali apa jenis satwa yang terdapat di relief tersebut. Simak saja  relief berikut ini. Relief  menggambarkan satwa yang berdaun telinga lebar dan bertanduk tunggal di kepalanya laksana tanduk Unicorn.


Menyimak relief yang satu ini benak saya berpikir apakah satwa yang aneh dan unik  jenis ini memang ada pada masa lampau dan kini telah punah keberadaannya? Ah, entahlah...

Relief-relief satwa itu umumnya masih dalam keadaan yang cukup bagus dan utuh. namun ada juga relief satwa yang bergambar Babi hutan yang tidak utuh karena cuil  pada bagian bawahnya.

Keberadaan relief-relief dengan berragam jenis satwa yang ada di Candi Penataran itu seakan kepingan puzzle yang tercerai-berai.
 

Menjadi sebuah  rangkaian misteri tentang sosok candi Penataran bersama dengan relief-relief dan arca-arca lainnya yang sangat indah dan artistik.  


 Sebuah jejak peradaban masa lampau yang sangat mengagumkan.













Tidak ada komentar:

Posting Komentar