Sabtu, 10 November 2012

Patung Makco Thian Shang Sen Mu Di Kediri

Patung itu masih tampak polos dan berwarna abu-abu yang menggambarkan sosok seorang dewa yang bermahkota dan mengenakan jubah. Walau tampak sederhana, namun patung itu sangat menarik karena bukan patung biasa.Ukuran patung itu  konon  merupakan yang terbesar di Indonesia untuk patung dengan sosok dewa yang sama. 

Patung itu adalah patung Makco Thian Shang Sen Mu yang merupakan Dewa Laut. Patung itu berada di dalam Kelenteng Tjoe Hwie Kiong (THK) di Kota Kediri - Jawa Timur.Patung Makco itu berada di sebelah timur kelenteng dan menghadap ke arah sungai Brantas yang beraada di sebelah barat.Di dekat patung terdapat sebuah tiang yang berwarna merah yang berisi panji-panji kebesaran Makco Thian Shang Sen Mu .

Dalam tradisi, budaya dan keyakinan Umat Tri Dharma,  patung makco merupakan  dewi penolong atau dewi penyelamat. Karena itu keberadaan patung yang terbuat dari batuan asli Tiongkok itu diharapkan bisa membawa keselamatan di Kota Kediri.

Berat patung itu mencapai 18,7 ton dengan tinggi 5 meter dan diameter 2 meter.Berat patung itu mencapai 18,7 ton dengan tinggi 5 meter dan diameter 2 meter.umat Tri Dharma sengaja mendatangkan patung makco dari Buthien, Tiongkok karena dari situlah makco Thian Shang Sen Mu yang menjadi dewa utama mereka berasal.

Patung Makco  ini sumbangan dari umat Tri Dharma dan para pengusaha di Kediri maupun luar Kediri dan mulai dipasang di kelenteng ini sejak tanggal 5 Oktober 2011.Saat  memulai prosesi pemasangan patung makco tersebut, umat Tri Dharma  melakukan sembahyang dengan memberi persembahan berupa buah dan aneka jajanan. Hari itu  dipilih sebagai hari yang tepat karena merupakan hari hormat kepada orang tua.

Yang menarik, saat pemasangan patung Makco itu ke dudukannya sempat mengalami kesulitan walau telah menggunakan dua crane.  Saat patung makco itu sampai dari kelenteng dengan menggunakan trailer  , pekerja mengalami kesulitan untuk memasukkannya ke area klenteng. Sebab, ketinggian trailer berikut patung yang direbahkan melebihi ketinggian pintu gerbang klenteng.
Patung baru bisa masuk setelah dipindahkan ke truck yang lebih kecil. Itupun tidak mudah. Mereka harus dua kali mendatangkan alat berat untuk memindahkannya dari trailer ke truck. Pasalnya, satu alat berat yang didatangkan pertama tak kuat. karena beratnya ternyata melebihi perkiraan.

Dua crane yang didatangkan oleh PT Swadaya Graha dari Gresik itu ternyata juga belum cukup untuk memasang patung raksasa  tersebut ke dudukannya. Pengurus klenteng khawatir justru bisa merusaknya.

Baik sekedar tergores apalagi patah.Karena itu pemasangan kemudian dilakukan dengan menggunakan alat baru menyerupai spider agar bisa memasangnya dengan utuh.

Kini Patung Makco Thian Shang Sen Mu telah terpasang di halaman Klenteng Tjoe Hwie Kiong (THK) dan menjadikan  klenteng ini  yang memiliki patung makco terbesar di Indonesia .

Sementara itu, di halaman kelenteng ini saat ini juga sedang dilakukan pembangunan gedung bertingkat yang sudah menunjukkan  kemegahan bangunannya. 

Free Trial 41.000 Movies  + TV  Episode = Amazon Prime 

======================================================================

Dijual Tablet Smartfren New Andromax Tab 7.0 

Hadiah Lomba dari Vivanews. 

Kondisi 100% Baru, Lengkap dan Tersegel.

Harga Penawaran Rp 1,5 juta

Barang Langka - Stock Galeri Smartfren Sudah Kosong Lama

Harga Tablet Smartfren New Andromax Tab 8.0 Rp 2,3 juta

Kontak Agung - 0823 3388 7121

=====================================================================





 ====================

===============

Artikel-artikel Menarik lainnya bisa Anda baca 

di Link berikut ini :






1 komentar:

  1. Mas, jangan lupa ikutan lomba blog jalan-jalan wisata #enjoyJakarta :) http://bit.ly/enjoyjakarta

    BalasHapus