Sabtu, 01 Desember 2012

Kelabang Songo Yang Rancak dan Atraktif


Nama Kelabang Songo tentu terdengar cukup asing. Tetapi bagi warga di daerah Jawa Timur , nama ini cukup dikenal dengan atraksi keseniannya yang menarik dan menghibur. Dalam berbagai acara karnaval budaya dan kegiatan kesenian lainnya di berbagai daerah, Kelabang Songo sering tampil dengan pertunjukannya yang rancak dan atraktif.

Kelabang Songo adalah nama kelompok musik tradisional yang berasal dari kota Probolinggo yang warganya umumnya beretnis Madura. Pada setiap pertunjukannya, kelompok kesenian ini tampil dengan personel dan  berbagai perlengkapannya yang cukup banyak.Warna merah dan kuning mendominasi tampilan kostum dan kendaraan mereka

Mereka memainkan lantunan musik dan lagu dengan  menggunakan kendaraan yang didesain secara khusus dan bentuknya semacam trailer sehingga bisa menjadi panggung musik terbuka. Panjang kendaraan itu sekitar 12 meter dan lebar 6 meter. Tentu bisa dibayangkan betapa padatnya ruas jalan ketika kendaraan  ini sedang melintasinya. 
 
Karena begitu besarnya kendaraan ini dan berat dengan berbagai ornamennya, butuh beberapa personel dewasa yang bertugas khusus untuk mendorong kendaraan ini dari belakang.

Kendaraan itu diberi ornamen  dengan hiasan yang berbentuk sayap dan ukir-ukiran yang bertingkat.Di bagian depan dan atas kendaraan terdapat hiasan bergambar sosok yang cukup meyeramkan seperti yang biasa terdapat di bangunan candi.


Butuh waktu sekitar 4-5 jam untuk merangkai kendaraan hias itu sebelum siap untuk digunakan pentas.Begitu pula untuk membongkarnya kembali seusai pentas.

Empat buah payung yang bertingkat menghiasi bagian  samping kendaraan. Diantara bagian yang bertingkat itu dipasang kayu-kayu pembatas sebagai tempat untuk meletakkan peralatan musik mereka.

Dengan bertempat pada kayu-kayu pembatas itulah personel Kelabang Songo memainkan musiknya dan bernyanyi ria.
 
Kelabang Songo merupakan kesenian khas daerah pesisiran yang biasa dijumpai di Pulau Madura. Bentuk keseniannya semacam musik dan kesenian patrol dengan menggunakan berbagai peralatan musik tradisional.
---------------------------------------------------------------------------------------------------

Break Session :

Baca juga artikel-artikel menarik lainnya di Blog ini dengan Langsung KLIK Link di bawah ini atau kata-kata berwarna Biru lainnya :
  





================================================================

Diantara peralatan musik itu terdapat gong, kendang, aneka jenis gamelan lainnya,  kentongan dari kayu dan drum dari bak tandon air yang terbuat dari plastik.Saat alunan musik dan lagu yang khas  mulai mereka mainkan dan nyanyikan secara bersama, bisa dipastikan atraksi dan suara mereka yang membahana segera menarik perhatian siapa saja.

Dalam atraksinya kelompok ini.umumnya menyajikan lagu-lagu yang berbahasa Madura. Walau banyak yang tidak mengerti arti bahasanya, tetapi dengan musiknya yang rancak dan tampilannya yang semarak tentu menggoda siapa saja yang melihat dan mendengarnya ikut bergoyang menikmatinya dan memberikan aplaus.

Yang menarik, diantara personelnya itu ada beberapa pria yang mengenakan kostum berbeda berupa pakaian tradisional Madura. Pakaian yang khas itu  berupa sepasang baju berwarna hitam dan kaos yang bergaris merah dan putih di bagian dalamnya.Tampaknya mereka yang berpakaian berbeda itu merupakan penanggung jawab atau koordinator kelompok Kelabang Songo ini.

Tak hanya tampil di daerah Jawa  Timur saja, tetapi Kelabang Songo juga sering diundang ke daerah lainnya di luar Jawa Timur. Melihat begitu banyaknya personelnya dengan berbagai perlengkapannya itu, tentu bisa dipastikan untuk mengorder pentas kelompok ini membutuhkan dana yang cukup banyak.

Dana pentas yang mencapai jutaan rupiah itu rasanya imbang dengan aksi dan tampilan mereka yang sangat indah dan memukau. Selama perjalanan dari tempat start - finish acara, para personel Kelabang Songo akan berartraksi dengan penuh semangat dan energik.

Dengan budaya dan lagu-lagu khas Madura yang dimainkannya, Kelabang Songo menyajikan hiburan yang cukup unik dan  berbeda .   


















1 komentar:

  1. aktratif,kreatif,persuasif.lestarikan seni dan bagikan pada semua.salam kenal ditunggu kunjungan baliknya.
    _Vlog Nganjuk_

    BalasHapus