Sabtu, 29 Desember 2012

Indahnya Gua Akbar Di bawah Pasar Baru Tuban

Bumi Seribu Goa adalah salah satu julukan bagi Kabupaten Tuban Jawa Timur.
Julukan itu karena  begitu banyaknya goa yang terdapat di segala penjuru daerahnya.
Salah satunya adalah Goa Akbar yang menjadi Destinasi Wisata Utama di Tuban.

Gua ini cukup menarik dengan berbagai kisah dan panorama gua di dalamnya. Lokasinya juga cukup unik karena berada tepat di bagian bawah Pasar Baru Tuban.


Tak heran bila dulu sebelum gua ini dibersihkan dan dibangun, banyak pedagang pasar yang langsung membuang sampahnya ke dalam lubang gua ini.
 

Goa Akbar berada sekitar 100 meter di belakang Pasar Baru Tuban yang berada di tepi Jalan Raya Surabaya - Semarang.

Uniknya, karena berada di belakang Pasar Baru Tuban itu, tentunya Goa Akbar dengan Lorong-Lorong goa yang cukup panjang ini juga berada tepat di bawah Pasar Baru Tuban.

Memasuki Wisata Goa Akbar tiket masuknya Rp 5000 per orang. Bentuk Gerbang cukup menarik. Begitu pula dengan Pilar-pilar dengan Tanaman Peneduh nya.

Bangunan peneduh Goa Akbar berbentuk seperti pendapa yang cukup besar dengan beberapa kubah sebagi pelindung lubang Goa Akbar dari Air hujan.

Di dinding sebelah pilar-pilar itu terdapat beberapa relief yang diantaranya berkisah tentang Walisongo dan Sunan Bonang , Ronggolawe, Sri Huning Mustika Tuban, dan sebagainya.

Melangkahkan kaki Memasuki lorong demi lorong di dalam Gua Akbar pengunjung bisa menjumpai beragam Stalaktit dan stalakmit.

Ada juga Sungai yang berair cukup deras. Yang menarik, ada batu yang diberi nama Sela Sardula ( batu Anjing ) karena bentuknya seperti anjing.
 
Ada juga Pasepen Kori Sinandi yang artinya tempat untuk menyepi yang tersamar karena bentuknya yang tersamar dan berada di dalam lorong goa yang cukup kecil.

Selain itu juga terdapat pancuran air yang airnya mengalir cukup deras yang digunakan oleh para pengunjung untuk membasuh muka atau menampungnya di dalam botol kemasan sebagai oleh-oleh dari Goa Akbar.

Pada Dinding goa tampak bergantungan koloni kelelawar yang tampak hilir mudik berterbangan di dalam Gua.

Di ujung lorong sebelum keluar dari Gua Akbar terdapat mushola yang digunakan oleh pengunjung untuk beribadah.

  
Goa Akbar adalah  satu dari pesona keindahan Goa di Bumi Ronggolawe. Rasanya tak lengkap jika berkunjung ke Tuban tetapi tidak mengunjugi wisata Gua Akbar.

Karena lokasinya yang berdekatan dengan lokasi parkir bis wisata ziarah Makam Sunan Bonang, Gua Akbar ini biasanya menjadi satu paket perjalanan dalam wisata ziarah Walisongo. 

1 komentar: