Jumat, 23 Agustus 2013

Pentas Kesenian Jaranan Sekar Budaya Di Tuban


Suasana pada malam hari Kamis tgl 22 Agustus 2012 di alun-alun Kota Tuban - Jawa Timur tampak sangat ramai sekali. Suara Gamelan tradisional terndengar sangat membahana.
Di bagian tengah alun-alun terdapat sebuah panggung. Ternyata panggung itu untuk mementaskan kesenian sebagai bagian merayakan dan memeriahkan peringatan Hari Kemerdekaan RI yang ke 68 tahun.Pada malam itu dipentaskan kesenian tradisional Jaranan oleh kelompok kesenian Jaranan Sekar Budaya dari Kecamatan Montong - Kabupaten Tuban.

Kesenian jaranan ini dimainkan oleh beberapa penari pria dengan membawa perlengkapan berupa kuda-kudaan yang terbuat dari anyaman bambu, dan karakter Barongan ( naga ), Pentulan, Celeng dan  lainnya.

Kisah dalam kesenian jaranan ini  menggambarkan tentang pasukan berkuda Dewi Sekartaji yang hendak melawan Raja Ponorogo. 


Karakter Barongan, Celeng, Pentulan dan atribut didalamnya, sebagai simbol, selama dalam perjalanan menuju Ponorogo yang melewati hutan belantara, pasukan juga dihadang berbagai rintangan, seperti naga, dan hewan hewan liar lainnya.



Nuansa mistis dan magis sangat terasa dalam pementasan kesenian ini. Selain tampak dari berbagai jenis sesajian yang dipersiapkan, juga dari asap kemenyan yang senantiasa menguar selama pertunjukan.



Selain itu juga tampak dari adanya para pemain jaranan yang kerasukan ( trance ). Dalam kerasukan itu, mereka memakan aneka sesajian yang telah dipersiapkan seperti memakan bunga, kemenyan, bara api dan sebagainya.

Pentas kesenian tradisional yang menarik perhatian banyak warga untuk menontonnya itu patus diapresiasi. selain menjadi hiburan bagi warga, juga bisa untuk melestarikan kesenian tradisional jaranan di daerah Tuban yang keberadaannnya cukup langka pada saat ini.


==================================================================


Break Session :


Baca juga artikel-artikel menarik lainnya di Blog ini dengan Langsung KLIK Link di bawah ini atau kata-kata berwarna Biru lainnya :
 
 
  

Swastika Ala Nazi Di Kelenteng Kwan Sing Bio 
Nuansa Seram Dalam Ritual Sumpah Pocong
Mengenang Gus Dur Di Kelenteng Boen Bio 
Menikmati Surabaya Dengan Surabaya Heritage Track 
Legenda Kwan Kong Di Kelenteng Kwan Sing Bio

Suharto, Hercules Bergigi Baja Dari Tuban  
Masjid Aschabul Kahfie Di Dalam Gua Yang Unik 










Tips Jitu Untuk Meningkatkan Traffic Situs atau Blog






11 komentar:

  1. Kegiatan outbound di selenggarakan sesuai dengan goals dari masing-masing customer, dan demi kepuasan pelanggan jogja outbound juga menyediakan jasa outbound jogja custom sesuai dengan kebutuhan dari masing – masing klien. Dalam program outbound sendiri peserta diminta menyelesaikan suatu permasalahan dengan cara yang instruktur outbound gali dari masing – masing peserta. Dengan cara tersebut pesan atau insight yang ingin diberikan kepada peserta lebih mudah untuk diserap dan diterima alam bawah sadar peserta. Seorang games master atau intruktur Jogja Outbound juga mampu memainkan sisi psikologis peserta, hal ini semata – mata dilakukan agar peserta dapat mencerna pelatihan dengan baik dan mudah, sehingga instuktur outbound dapat membimbing peserta ke titik – titik tertentu yang ingin dicapai dalam program yang di agendakan.

    Outbound Kopeng
    Paintball Jogja
    Outbound Jogja
    Outbound Jogja
    Outbound Jogja
    Outbound Jogja
    Outbound Jogja
    Outbound Jogja
    Outbound Jogja

    BalasHapus
  2. Kami dari Jogja Outbound selaku Tour Operator yang menyediakan jasa paket perjalanan wisata baik dalam kota yogyakarta maupun luar kota yogyakarta. pada khususnya misalnya kunjungan Wisata ke Gunung Merapi, pantai gunung kidul, puncak hutan pinus, wisata kulon progo, wisata candi, wisata keraton yogyakarta dan masih banyak wisata – wisata lainnya yang sangat menarik untuk menjadi destinasi wisata, selain wisata kami juga menyediakan Paket Outbound Jogja dengan Trainer Outbound Jogja atau Instruktur Outbound Jogja yang berpengalaman dalam bidang Motivation Training, Experiental Learning, Communication Skill, Service Excellent, Change Habbits, Leadership, Personality Development, Sales and marketing dan masih banyak lagi yang tentunya berhubungan dengan perkembangan dari intansi atau perusahaan anda.
    Sebagai sebuah provider outbound training di Yogyakarta yang sudah menangani ratusan klien dari dalam dan luar pulau, kami menawarkan beberapa kelebihan dalam kegiatan outbound yang kami tawarkan, yang menjadikan kami berbeda dengan lembaga penyelenggara outbound di Yogyakarta yang lain, yaitu :

    Outbound Jogja
    Outbound Jogja
    Pijat Bayi Jogja
    Outbound Jogja
    Outbound Jogja
    Outbound Jogja
    Outbound Jogja
    Outbound Jogja

    BalasHapus
  3. Outbound Jogja Murah juga merupakan salah satu aktivitas yang kaya akan manfaat, khususnya bagi perusahaan yang ingin mengembangkan atau membuat para karyawannya semakin kompak dan inovatif. Outbound Jogja sendiri merupakan salah satu bentuk pembelajaran dari segala ilmu terapan yang dapat disesuiakan dan dilakukan di alam terbuka. Kami Provider Jogja Outbound melihat kebutuhan yang ada dari tahun ke tahun ini, maka kami memutuskan untuk membuka Paket Outbound Jogja Murah yang dapat anda pilih sebagai alternative Outbound di Jogja dalam liburan anda bersama rekan-rekan perusahaan anda.

    Outbound Jogja
    Outbound Jogja
    Outbound Jogja
    Outbound Jogja
    Outbound Jogja
    Outbound Jogja

    BalasHapus
  4. Outbound anak adalah suatu kegiatan outbound yang dilakukan oleh anak-anak yang berumur berkisar antara umur 5 tahun keatas sampai umur 15 tahun. Biasanya Outbound Jogja Murah bertujuan mengembangkan kepencayaan diri , keberanian dan daya kretifitas.


    Outbound Jogja
    Outbound Jogja
    Outbound Jogja
    Outbound Jogja
    Rafting Magelang
    Outbound Jogja
    Outbound Jogja
    Rafting Magelang

    BalasHapus