Rabu, 03 Oktober 2012

Bisnis Tokek Kering Yang menggiurkan Ala Probolinggo

Beberapa bulan yang lalu publik dihebohkan dengan  berita tentang hewan tokek dengan  jenis  dan  berat tertentu yang biasanya beratnya diatas 3 ons yang harganya sangat bombastis karena  bisa mencapai miliaran rupiah per ekor.

Banyak orang yang ikut larut dalam kehebohan itu sehingga sampai terjadi kasus-kasus penipuan yang berkaitan dengan tokek Jumbo itu.

Namun berbeda halnya dengan Didik Prabudi, warga Desa Tegal Siwalan Kecamatan Leces, Kabupaten Probolinggo - Jawa Timur. Pria ini justru tidak tertarik dan berminat dengan tokek bertubuh gendut  yang menghebohkan seperti ini.

Sebaliknya, Didik Prabudi justru lebih berminat pada tokek jenis rumahan yang biasa kita jumpai dengan ciri bobot tubuh tokek yang standard dan cenderung kurus.  Dari bisnis tokek yang sudah digelutinya sejak 10 tahun yang lalu itu, dia telah mendapatkan hasil miliaran rupiah.
-----------------------------------------------------------------------------------------------------

( Berita lainnya tentang Bisnis Tokek ini bisa Anda baca dengan klik link dibawah ini :

Dendeng Tokek Yang Unik Dari Probolinggo )
-----------------------------------------------------------------------------------------------------
 
Beberapa bangunan rumah plus bangunan rumah baru yang sedang dibangun dan beberapa mobil mewah yang dimilikinya tentu sudah bisa menunjukkan betapa manisnya bisnis tokek itu. 

Didik lebih tertarik memilih tokek kurus itu karena tidak banyak lemaknya sehingga mudah untuk dikeringkan dengan cara dioven. Baginya, bagian tubuh tokek yang  berkhasiat dan banyak digunakan adalah pada bintik-bintik berwarna oranye yang terdapat pada sekujur kulit tokek pada bagian atas.

 
Tokek-tokek itu sendiri setelah dibelah dan dibersihkan isi perutnya, kemudian dimasukkan dalam mesin pengering semacam oven selama 24 jam.  Pada era sebelumnya,  ini tokek oven asal Probolinggo itu dikeringkan dengan kompor berbahan bakar minyak tanah. Tetap sejak konversi minyak tanah ke  elpiji, harga minyak tanah jadi mahal. Sehingga Didik kemudian  beralih ke pengeringan dengan menggunakan sinar matahari

Bintik-bintik itulah yang konon mengandung zat-zat tertentu yang berkhasiat dalam obat-obatan tradisional, kosmetik dan keperluan lainnya. Tokek oven kering itu  itulah yang banyak diminati oleh pasar importir di luar negeri. Beberapa pelanggan yang juga berbisnis tokek kering seperti Jepang, Korea, Taiwan, Singapura dan sebagainya itu  telah menjadi pelanggan tetap Didik Prabudi.
=======================================================================
Break Session :











================================================================

 Guna ketersediaan pasokan bahan baku tokek, Didik  menangkarkan tokek sendiri dan telah memiliki surat izin penangkaran tokek dari Dishut Jawa Timur No.522.52/343/116.03/2008. Selain itu dia juga menerima kiriman tokek dari penangkar tokek lainnya yang banyak terdapat di daerah sekitar tempat tinggalnya.

Selain itu ada juga tokek yang diperoleh dari perburuan dan penangkapan di alam. Sejumlah pemburu tokek berburu tokek di sekitar  Probolinggo bahkan hingga Jember, Lumajang, Banyuwangi, dan Madura.

Beberapa tahun terakhir ini  pasar di dalam negeri  juga terbentuk untuk tokek olahan, meski pangsanya tidak sebesar pasar ekspor. Untuk pasar lokal, Didik menyiapkan dendeng tokek yang dia kemas dalam kemasan plastik berisi dua ekor  dendeng tokek dengan harga Rp 20.000 per kemasan. 

Menurut Didik, pasar untuk tokek kering di mancanegara itu masih terbuka lebar. Sementara  ekspor tokek oven asal Indonesia mencapai kisaran 1 juta sampai 2 juta ekor per tahun dan dia  hanya bisa mengekspor 300-400 ribu ekor tokek oven

Nah ... Bagaimana Nesiars,  apakah Anda juga tertarik dan berminat untuk menggeluti bisnis tokek yang sangat menggiurkan ini ?


Artikel-artikel Menarik lainnya bisa Anda baca 

di Link berikut ini :



3 komentar:

  1. bisnisnya emang menggiurkan, tapi tokek-nya menjijikkan.
    Tokek haram apa halal?

    BalasHapus
  2. trimaksih gan thank bgt infonya ya :D

    sekedar info ajja bagi informasi buat agan" yang laagi bingung atau mengalami kesulitan dalam mengurus surat" penting seprti sim,stnk,dan sebagainya ane ada tempatnya nih mudah bgt tinggal pilih dibawah
    biro jasa sim
    biro jasa bpkb
    biro jasa perizinan
    biro jasa stnk

    BalasHapus