Minggu, 28 Oktober 2012

Patung Budha Sedang Tidur Di Mojokerto


Budha Sedang Tidur atau Sleeping Budha , begitulah patung Sang Budha itu biasa disebut.

Sesuai dengan namanya, patung itu menggambarkan Sang Budha sedang tidur dengan posisi tubuh yang menyamping. Patung seperti itu biasa dijumpai  dalam beberapa tempat yang berkaitan dengan agama Budha.
Salah satunya adalah di MahaVihara Mojopahit yang berada di Desa Bejijong, Kecamatan Trowulan Kabupaten Mojokerto – Jawa Timur. Di tempat peribadatan umat Budha ini, Patung Budha tersebut berada di halaman bagian samping di dalam kawasan wihara.
Patung atau rupang  Sang Budha itu cukup menarik. 

Selain tubuh dan pakaiannya yang berwarna emas, ukuran patung itu juga monumental karena  merupakan yang terbesar di Indonesia dan terbesar ketiga didunia, setelah Thailand dan Nepal. 

Dengan ukuran panjang 22 m, lebar 6 m dan tinggi 4,5 m, Rupang ini telah mendapatkan penghargaan dari MURI ( museum rekor Indonesia ). Dibawah rupang terdapat relief-relief yang menggambarkan kehidupan Buddha Gotama, hukum Karmaphala dan hukum Tumimbal Lahir.

 
Banyak pengunjung wihara ini baik yang beragama Budha atau yang non Budha berfoto ria dengan menggunakan Patung Budha itu sebagai latar belakangnya. Di sekitar patung ini terdapat pagar pembatas dari besi dan kolam air untuk menjaga jarak dan melindungi patung tersebut dari pengunjung.Pada bagian depan pintu masuk patung Budha ini  terdapat sepasang arca Dwarapala yang biasanya terdapat di candi-candi.

Tak jauh dari patung Budha terdapat kolam air yang ditumbuhi oleh tanaman Teratai dengan bunganya yang berwarna merah muda. Teratai adalah tanaman yang berhubungan dengan kehidupan Sang Budha dan ajaran dalam agama Budha.
  ---------------------------------------------------------------------------------------------------

Break Session :
Baca juga artikel-artikel menarik lainnya di Blog ini dengan Langsung KLIK Link di bawah ini atau kata-kata berwarna Biru lainnya :
  






================================================================

Selain patung Budha sedang tidur itu, di wihara ini juga terdapat beberapa patung Budha dalam posisi yang lainnya. Patung-patung itu terbuat dari berbagai jenis batu seperti batu sungai, batu gunung dan batu marmer.


Pada halaman depan ruangan utama wihara terdapat deretan patung Budha yang berdiri di samping kanan dan kiri. Sedangkan di dekat pos petugas sekuriti wahana terdapat beberapa relief Sang Budha dalam berragam sikap dan posisi. Dalam relief itu ,Sang Budha tampak menawan dengan mengenakan berragam busana, aksesori dan perlengkapannya.  

 
Di halaman belakang wihara terdapat sebuah patung wihara yang berwarna putih dalam posisi sedang duduk. Disana  juga ada patung-patung Budha lainnya yang berwarna hitam.
 
Bagi umat Budha, keberadaan patung-patung itu tentu bermanfaat untuk menambah rasa cinta mereka kepada Sang Budha. Sedangkan bagi  pengunjung yang tidak beragama  Budha, patung-patung  itu memberi  nuansa dan keindahan tersendiri.  


Artikel-artikel Menarik lainnya bisa Anda baca 
di Link berikut ini :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar