Kamis, 18 Oktober 2012

Patung Kuno Yang Dijarah Di Makam Belanda


Patung kuno di atas makam Belanda itu hanya tampak bagian kaki sebatas mata kaki saja. Tak jelas bagaimana bentuk awal patung itu karena bagian atasnya sudah raib sejak lama. Entah siapa yang mengambilnya dan untuk apa bagian atas patung itu diambilnya.

Tak hanya patung itu saja yang rusak dan sudah tak utuh lagi bentuknya. Di kawasan makam Belanda di jalan Peneleh di kota Surabaya - Jawa timur ini ada banyak sekali patung-patung kuno yang bernasib buruk seperti itu.

Ada beragam bentuk patung yang menjadi ornamen  hiasan pada makam-makam tersebut. Mulai yang berbentuk patung Yesus, Bunda Maria, Salib, Malaikat, gadis, anak-anak dan sebagainya. Walau tampak kuno dan tidak terawat, patung-patung itu masih tetap menunjukkan keindahan bentuknya.


Sayang, dari sekian banyak patung kuno itu hanya terdapat beberapa buah patung yang masih dalam keadaan utuh .  Jumlahnya pun bisa dihitung dengan jari. Sedangkan patung-patung  yang lainnya banyak yang rusak pada beberapa bagiannya.

Anehnya,  patung-patung itu umumnya dirusak dan diambil  pada bagian kepalanya. Entah kenapa dan apa yang menjadi daya tarik pada bagian kepala patung itu bagi orang yang menjarahnya. Selain itu ada juga patung yang tidak utuh pada bagian tangan dan kakinya.

Simak saja patung  yang berdiri berjejer ini. Kedua patung itu bagian kepalanya sudah raib entah kemana.Begitu juga dengan patung yang tampak berwarna krem yang bahkan sudah hilang pada bagian tangan dan kepalanya dan masih banyak lagi patung yang rusak lainnya.
 
Modus dan pola  perusakan pada beberapa patung itu menunjukkan kemiripan. Mungkinkah hal itu dilakukan oleh pelaku dengan kelompok penjarah yang sama?  
 
Patung-patung itu umumnya terbuat dari batu marmer dan  batu yang disemen. Mungkin pada masa lampau ,  patung-patung dengan berbagai bentuknya yang indah itu dibangun oleh keluarga sang jenazah untuk  dua tujuan. 
 
Selain bisa menjadi kenangan yang indah dan mengesankan tentang anggota keluarga besar mereka yang dimakamkan tersebut,  juga untuk mengurangi kesan angker pada suasana di makam. 

 
Sebuah hal dan pemandangan yang banyak terdapat di pemakaman yang berada di luar negeri. Tetapi keadaan yang berbalik dengan harapan keluarga mendiang  justru  terjadi pada rentang ratusan tahun kemudian. Patung-patung kuno itu justru malah dirusak dan dijarah.

Entah bagaimana tanggapan dari pemerintah daerah setempat tentang rusaknya patung-patung kuno tersebut. 
Begitu pula tindakan apa yang telah mereka lakukan untuk mencegah terjadinya perusakan dan penjarahan pada patung-patung kuno itu.

Bila tidak segera ada  tindakan dan antisipasi dari pihak-pihak yang terkait untuk melindungi patung-patung kuno, niscaya patung-patung yang masih utuh lainnya yang ada di Makam Belanda di Peneleh  itu hanya menunggu giliran untuk dirusak dan dijarah oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab.

Artikel Lainnya tentang Makam Peneleh ini bisa Anda Baca dengan Langsung MengKLIK Link-link  di bawah ini :

Makam Residen Belanda Yang Terlantar Di Peneleh
Patung dan Ornamen Yang Indah Di Makam Belanda
Misteri Lubang Besar Di Makam Belanda
Kawasan Pemakaman Belanda Di Makam Peneleh

Free Trial 41.000 Movies  + TV  Episode = Amazon Prime 

======================================================================

Dijual Tablet Smartfren New Andromax Tab 7.0 

Hadiah Lomba dari Vivanews. 

Kondisi 100% Baru, Lengkap dan Tersegel.

Harga Penawaran Rp 1,5 juta

Barang Langka - Stock Galeri Smartfren Sudah Kosong Lama

Harga Tablet Smartfren New Andromax Tab 8.0 Rp 2,3 juta

Kontak Agung - 0823 3388 7121

=====================================================================





 ====================

===============

Artikel-artikel Menarik lainnya bisa Anda baca 

di Link berikut ini :





Tidak ada komentar:

Posting Komentar