Senin, 15 Oktober 2012

Mobil Opel Kuno Peninggalan Bung Tomo


Selain mobil  kuno Rolls Royce milik Dinasti Sampoerna yang berada di House Of Sampoerna - Surabaya, di kota ini juga terdapat mobil kuno lainnya yang  sangat legendaris.

Mobil itu adalah mobil jenis Opel Kapitan milik Bung Tomo, seorang pejuang dan Pahlawan Nasional dari Kota Surabaya.


Mobil itu berwarna hitam dan menjadi koleksi Museum Tugu Pahlawan. Menjadi benda koleksi  yang ditempatkan di halaman terbuka pada  sisi barat kawasan Monumen Tugu Pahlawan.  Jaraknya sekitar 30 meter di depan Museum Tugu Pahlawan.

Mobil Opel itu  produksi  Jerman patahun 1956 yang  bermesin 2,5 liter enam silinder. Tenaga yang dihasilkan 75 PS. Mobil tiga transmisi ini bisa mencapai kecepatan 140 km per jam. Dalam perjalanan 100 km, mobil ini akan menghabiskan bahan bakar 13 liter.

Sebelum menempati kawasan wisata ini, obil tersebut dititipkan pada Mas’ud , seorang warga Jalan Gatot Subroto, Malang. Di tempat ini mobil dibiarkan begitu saja di dalam garasi selama bertahun-tahun. 

Pada saat itu kondisi mobil berplat nomor N 1708 A  dengan Nomor mesin K25L55-23585K ini  sangat memprihatinkan. Karat banyak mewarnai bagian mobil an  Keempat rodanya juga sudah rusak. Cat mobil yang sebelumnya berwarna biru kehitaman itu juga banyak yang mengelupas termakan zaman. Begitu juga beberapa aksesoris penghias dan penanda mobil juga tidak lengkap karena banyak yang hilang
=======================================================================
Break Session :

Baca juga artikel-artikel menarik lainnya di Blog ini dengan Langsung KLIK Link di bawah ini atau kata-kata berwarna Biru lainnya :

Menambang Uang Melalui Facebook dan Blog
Tips Jitu Untuk Meningkatkan Traffic Situs atau Blog   


Indahnya Panorama Pantai Pasir Putih Di Situbondo
Aksi Roode Brug Surabaya Peduli Veteran
Situs Giri Kedaton Peningggalan Sunan Giri
Nasi Krawu yang Nikmat dan Khas Gresik
Menyimak Jejak R.A. KArtini Di Museum 
Artefak Di Kawasan Makam Sunan Bonang 
Mengenang RA Kartini Melalui Foto-Foto Lama






================================================================


Akhirnya putra Bung Tomo, Bambang Sulistomo, pada bulan Oktober 2010 menghibahkan mobil itu untuk koleksi monumen 10 November.

Mobil itu mungkin tampak sederhana dan biasa saja. Namun pada masa itu , mobil itu mungkin termasuk dalam deretan mobil yang cukup berkelas. Tak banyak aksesoris yang terdapat pada mobil itu.

Sebuah bangunan semacam pendapa menaungi mobil itu dari terpaan panas matahari dan air hujan. Beberapa tanaman hijau dan pohon sawo kecik berada di sekitarnya.
Banyak pengunjung di kawasan wisata sejarah ini yang tertarik dan terkesan dengan mobil itu. Mereka tampak berfoto ria dengan menggunakan mobil tersebut sebagai latar belakangnya.

Walau tampak sederhana, keberadaan mobil itu bisa membawa pengunjung untuk mengenang tentang sosok Sutomo atau yang lebih dikenal dengan nama Bung Tomo.
 
 Beliau  bernama Sutomo yang lahir  di Surabaya, 3 Oktober 1920. Sosoknya sangat legendaris  karena mengobarkan semangat juang dan perlawanan kepada tentara sekutu dalam peperangan di Surabaya pada tgl 10  November 1945.


Artikel-artikel Menarik lainnya bisa Anda baca 

di Link berikut ini :






Tidak ada komentar:

Posting Komentar