Senin, 29 Oktober 2012

Oase yang Indah di Pantai Kenjeran Surabaya


Tak banyak wisata alam yang terdapat di Kota Surabaya –Jawa Timur. Salah satunya adalah Pantai Ria Kenjeran yang berada di kawasan Sukolilo.  Ada dua lokasi wisata Pantai Ria Kenjeran, yaitu Pantai Ria Kenjeran Lama dan Pantai Ria Kenjeran Baru.

Untuk Pantai Ria Kenjeran Baru lebih dikenal dengan nama KenPark ( Kenjeran Park ).Sebuah patung berbentuk gurita raksasa dan ornamen lainnya berada di bagian depannya seolah menyapa pengunjungnya.Tiket masuk wisata ini Rp 4000 per orang dan belum termasuk tiket untuk kendaraan.


Sedangkan gerbang masuk  Wisata ini memiliki bentuk dan ornamen yang artistik. Mengingatkan pada bentuk bangunan kastil atau bangunan ala dunia fantasi lainnya.


Yang menarik, pada langit-langit gerbang tersebut terdapat panel-panel yang berhias mural atau lukisan yang sangat indah. Pada salah satu panelnya di bagian tengahnya terdapat lukisan wajah yang mengingatkan pada wajah  King Of The Pop - Michael Jackson.


KenPark berada pada kawasan yang sangat luas sekali. Selain fasilitas wisata, di kawasan ini juga terdapat bangunan menarik lainnya seperti Kelenteng Sanggar Agung, Patung Budha Empat Wajah dan sebagainya, Kya-Kya Kenjeran dan sebagainya.

Saat berkunjung kesana, saya menjumpai deretan pohon yang tampak meranggas.Diantara pepohonan itu terdapat fasilitas untuk bermain seperti ayunan, jungkat-jungkit, bola besi dan sebagainya. 

Ornamen berbentuk patung binatang jaman  purbakala seperti dinosaurus dan sebagainya juga terdapat disana.
 

---------------------------------------------------------------------------------------------------

Break Session :

Baca juga artikel-artikel menarik lainnya di Blog ini dengan Langsung KLIK Link di bawah ini atau kata-kata berwarna Biru lainnya :
  






================================================================

Yang menarik, ada juga sebuah areal yang berpagar tembok dengan terdengar suara anjing yang menggonggong  dan menggeram  dari dalamnya. Rupanya, areal itu itu merupakan tempat untuk melatih anjing-anjing jenis Husky. Melalui celah pada pagarnya, saya melihat aktifitas yang ada di dalam areal tersebut.

 
Untunglah anjing-anjing itu tampak cuek dan tidak peduli dengan aktifitas saya dan pengunjung lainnya yang melihat ulah mereka. Rupanya mereka lebih memilih untuk asyik bercanda dan berlatih dengan pelatihnya. 


Menyusuri KenPark ini saya menjumpai deretan pedagang yang menjual beraneka dagangan mulai dari makanan,  minuman dan souvenir.  Beragam camilan dengan olahan dari ikan dan hasil lainnya yang nikmat  bisa Anda dapatkan disini. Begitu pula dengan berragam souvenir yang umumnya terbuat dari kerang. 


Wahana permainan air ala Waterpark juga terdapat di wisata ini. Tentu untuk memasukinya harus dengan membayar tiket tambahan.


Sayang, pantai di Kenpark ini bukanlah pantai yang berair jernih dan berpasir putih. Sebaliknya, pantai ini berair keruh dan berlumpur. Karena itu, tak banyak pengunjung yang tertarik untuk turun dan bermain di kawasan pantainya.


Di wisata KenPark ini juga banyak terdapat bangunan-bangunan seperti gudang yang tampaknya tidak terawat. Sayang, keberadaan bangunan-bangunan tersebut  terasa mengganggu keindahan panorama dan suasana di wisata ini.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar