Senin, 15 Oktober 2012

Ragam Kendaraan Hias Dalam Pawai Budaya


Ada banyak hal yang menarik dalam pelaksanaan Pawai Budaya dalam memperingati Hari Jadi Provinsi Jawa Timur  ke 67 pada hari Minggu tanggal 14 Oktober 2012. 



Selain menampilkan beraneka ragam kekayaan tradisi dan budaya yang ada dan berkembang di Jawa Timur, pada even itu juga menampilkan kendaraan-kendaraan  hias dalam berbagai bentuk dan warnanya yang menarik.


Berbagai kendaraan hias  itu memiliki  dimensi panjang dan lebar yang cukup besar.Dengan menggunakan berbagai ornament dan perlengkapan lainnya yang terbuat dari kayu, triplek, Styrofoam, busa dan sebagainya.


Beberapa diantaranya  ada juga yang menggunakan media  beraneka macam bunga hias yang ditata sedemikian rupa menjadi bentuk tertentu.Seperti halnya yang ditampilkan oleh peserta pawai budaya dari kontingen Pemerintah Kota Surabaya  yang menampilkan mobil hias dengan bentuk burung Jatayu  yang berwarna kuning. 
 
Untuk Kabupaten Sidoarjo menampilkan kisah Legenda Candi Pari.Sedangkan kontingen dari kabupaten Situbondo menampilkan mobil hias dalam bentuk burung merak.
 
Mobil hias lainnya berasal dari kawasan dengan warga yang umumnya beretnis Madura yaitu Kabupaten Probolinggo,  Kabupaten Pamekasan  Kabupaten Sumenep yang menampilkan   mobil hias mereka yang  cukup megah dan artistik.

---------------------------------------------------------------------------------------------------

Break Session :
Baca juga artikel-artikel menarik lainnya di Blog ini dengan Langsung KLIK Link di bawah ini atau kata-kata berwarna Biru lainnya :
  






================================================================


Di mobil hias itu terdapat belasan  remaja  pria dan beberapa peralatan  musik tradisional.Selama perjalanan,  mereka menampilkan atraksi kesenian berupa lantunan musik  dan lagu daerah dalam bahasa Madura yang rancak dan penuh semangat.

Untuk duta pawai budaya dari daerah yang  menampilkan mobil hias berbentuk naga. Ada juga mobil hias dengan ornament berbentuk raksasa dengan ukuran yang cukup besar. Bentuknya seperti  yang terdapat dalam arak-arakan Ogoh-ogoh di  Bali. Di belakang ogoh-ogoh itu terdapat seseorang yang mengenakan pakaian ala kesatria dengan menggunakan senjata pecutnya.

Sedangkan kontingen dari Kabupaten Tuban menampilkan mobil hias dengan ornamen  berbentuk patung Kuda Ronggolawe yang menjadi land mark dari daerah ini. Selain itu, masih terdapat banyak mobil hias dari kontingen daerah lainnya dengan tampilan yang sangat indah. 


Yang menarik, ada juga  kontingen dari Kabupaten Bojonegoro yang menampilkan ornament berbetnuk patung kerbau yang berukuran cukup besar. Patung kerbau yang berwarna hitam itu tidak ditempatkan dalam mobil seperti kontingen lainnya.


  
Tetapi ditempatkan dalam tandu yang terbuat dari bambu  dan digotong oleh puluhan remaja pria.  Mereka juga mengenakan busana yang berwarna hitam dan topi dengan hiasan tanduknya.

Dengan wajah  yang penuh  coreng moreng berwarna hitam, mereka menggotong kerbau raksasa itu dengan sesekali melakukan gerakan-gerakan tertentu. Yel-yel penambah semangat juga mereka lakukan selama dalam perjalanan.  Tentu bisa dibayangkan betapa capeknya fisik dan stamina mereka selama menunjukkan atraksinya.





Tidak ada komentar:

Poskan Komentar