Senin, 08 Oktober 2012

Pesona Keindahan Pantai Bentar di Probolinggo


 Kota Probolinggo – Jawa Timur memiliki berragam tempat wisata. Baik yang berupa wisata pegunungan, pantai, sejarah dan budaya.  Salah satunya adalah wisata Pantai Bentar yang berada sekitar 8 km dari pusat kota.

Wisata Pantai Bentar ini berada di tepi jalan raya utama jalur Probolinggo – Situbondo – Banyuwangi sehingga cukup mudah untuk menuju ke lokasinya.Ada banyak angkutan umum seperti bis atau colt yang menuju kesana. 

Pilihannya Anda  bisa berangkat dari terminal bis Bayuangga, pertigaan Jorong atau ertigaan Pangger dengan ongkos sekitar Rp 3000-5000 dengan waktu tempuh perjalanan selama 20 menit.  Sedangkan tiket untuk masuk ke wisata Pantai Bentar adalah Rp 4000 per pengunjung.

Wisata Pantai Bentar berada pada lahan yang sangat luas. Tak jauh dari pos tiket, terdapat sangkar  yang berisi dua ekor burung merak hijau. Burung ini sangat menarik dengan keindahan  pada warna dan bentuk tubuhnya.


Melangkahkan kaki berikutnya terdapat kolam buatan. Selain fasilitas gratis berupa permainan anak, i kolam ini juga terdapat fasilitas berbayar seperti becak air yang berbentuk angsa dan kereta mini. 

Ada juga fasilitas permainan fliying fox yang bisa membawa pengunjung meluncur di atas kolam itu. Namun tiket untuk flying untuk sekali jalan  itu cukup mahal yaitu Rp 20.000 untuk lintasannya yang hanya sepanjang  sekitar 60 meter.

Namun beerbeda dengan wisata Pantai Pasir Putih di Situbondo. di wisata ini perairannya sangat dangkal sehingga tak ada  perahu nelayan yang bisa digunakan oleh wisatawan. Speed boat yang ada di perairannya tampak kandas karena air laut yang surut.

 ====================


Artikel-artikel Menarik lainnya bisa Anda baca 

di Link berikut ini :


Di pantai ini juga terdapat anjungan dengan beberapa cabang lintasannya. Diantara lintasan anjungan itu ada yang menuju ke arah hutan bakau atau mangrove yang banyak terdapat di sekitar wisata Bentar.
 
Dari anjungan ini Anda bisa menikmat indahnya suasana pantai saat fajar dan senja dengan panorama siluetnya yang indah.  Namun rasanya dengan lokasinya yang terbatas, keindahan panorama siluet itu lebih menonjol  pada saat fajar saja.

Sedangkan pada saat senja tak banyak keindahan yang bisa Anda nikmati di sekitarnya. 



Sayang sekali, anjungan di Pantai Bentar ini tampak rusak parah. Banyak lantai kayu dan pegangannya yang berlubang karena lapuk. Konstruksi anjungan juga tampak bergelombang tak beraturan seperti habis tersapu badai angin. 

Saat melintasi anjungan itu, Anda perlu bersikap waspada dan hati-hati. Karena bisa jadi lantai kayu yang Anda pijak bisa menjadi ‘ Jebakan Batman ‘ yang akan membuat Anda terperosok karena kayunya yang telah lapuk.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar