Sabtu, 27 Oktober 2012

Menapak Jejak Sejarah Dalam Surabaya Juang 2012

Pagi itu suasana di halaman Balai Kota Surabaya tampak cukup ramai. Beberapa pelajar dari tingkat SD, SMP dan SMA sedang berkumpul untuk mengikuti kegiatan Study Tour bertema Surabaya Juang 2012. 

Kegiatan yang dilakukan pada tgl 27 Oktober dan 4 November ini dilakukan dengan bekerja sama komunitas Surabaya Juang dan Roode Brug Surabaya sebagai rangkaian acara memperingati HariPahlawan.

Para pelajar tersebut dibagi menjadi beberapa kelompok yang kemudian dengan menggunakan kendaraam bus diajak menuju ke tempat dan lokasi yang mempunyai kisah dan sejarah perjuangan Bangsa Indonesia yang berada di Surabaya. Setiap kelompok dipandu oleh tim gabungan dari Roode Brug dan Surabaya Juang.
  
Lokasi yang dituju tersebut berkaitan dengan sosok beberapa Pahlawan Nasional. Diantaranya adalah Makam Wr. Supratman dan rumahnya yang difungsikan menjadi museum,  rumah H.O.S. Tjokroaminoto, Gedung Nasional Indonesia dan Makam Dr. Soetomo. Gedung Escompto ( Bank Mandiri ), Hotel Yamato dan sebagainya.

Yang menarik adalah ketika mengunjungi rumah kediaman H.O.S. Tjokroaminoto. Rumah itu mempunyai kisah sejarah karena di tempat inilah pada masa lampau menjadi rumah kos Presiden Soekarno saat masih menimba ilmu dalam pendidikannya di Surabaya.

Tak jauh dari rumah HOS.  Cokroaminoto terdapat sebuah bangunan rumah kuno yang merupakan toko buku tertua di Kota Surabaya.Nuansa klasik sangat terasa pada toko buku dengan perabotan yang masih asli tersebut.

 
Di  rumah yang masih menyimpan beberapa perabot kuno itu peserta juga diajak menuju ke lantai dua yang dulu pernah digunakan oleh beberapa aktifis pergerakan untuk melakukan diskusi dan pertemuan.


Sedangkan ketika mengunjungi Gedung Nasional Indonesia dan makam Dr. Sutomo, peserta juga dipnadu oleh Ibu Murtininingrum, kerabat dari Dr. Sutomo yang berkisah tentang sosok,kehidupan dan perjuangan Dr. Sutomo.

 
Selama perjalanan, peserta study tour itu tampak antusias menyimak panduan atau berbagai informasi yang terdapat di lokasi yang dikunjungi karena umumnya mereka mendapat tugas dari gurunya untuk membuat review tentang acara tersebut.  

Menjelang tengah hari, seluruh peserta kemudian berkumpul di kawasan Monumen Tugu Pahlawan. Setelah mendapatkan penjelasan tentang berbagai kisah perjuangan dari pemandu dengan bertempat di halaman Monumen Tugu Pahlawan, peserta kemudian diajak berkunjung ke Museum Tugu Pahlawan.
 
Di museum ini  mereka bisa   menyimak koleksi-koleksi museum berupa diorama. foto-foto lama, senjata tempur dan bernda-benda lainnya dengan  berbagai kisah perjuangan yang melingkupinya.
Kegiatan Surabaya Juang 2012 dari Pemerintah Kota Surabaya yang patut mendapat apresiasi sebagai upaya  mengengenalkan dan mengedukasi generasi muda tentang jejak  sejarah dan perjuangan bangsa yang ada dan terjadi di Surabaya.



---------------------------------------------------------------------------------------------------

Break Session :
Baca juga artikel-artikel menarik lainnya di Blog ini dengan Langsung KLIK Link di bawah ini atau kata-kata berwarna Biru lainnya :
  






================================================================


Tidak ada komentar:

Posting Komentar