Rabu, 17 Oktober 2012

Ondel-Ondel Modern Yang Unik Dari Pasuruan

Ondel-ondel Modern , begitulah sebutan yang diberikan oleh warga di Kota Pasuruan - Jawa Timur  kepada kesenian ini.Sebutan itu memang selaras dengan bentuk dan penampilan ondel ini yang serba modern.
Berbeda dengan Ondel-ondel dari Betawi yang bernuansa tradisional karena terbuat dari kerangka batang dan anyaman bambu , topeng dari bubur kertas dan  rambut yang terbuat dari hiasan kertas berwana-warni, Ondel-ondel ala Pasuruan ini terbuat dari bahan fiber glass . begitu juga dengan rambutnya yang terbuat dari benang halus.

Kostum yang digunakan sangat bagus dan halus dengan beraneka  warna  yang mencolok.Sepintas bentuknya seperti badut yang ada di tempat-tempat hiburan dan wisata. Beberapa aksesoris digunakan oleh setiap ondel-ondel untuk mempermanis penampilannya.

Ondel-ondel modern tersebut merupakan kreasi salah seorang warga dari Desa Sumbersuko kecamatan Purwosari - Pasuruan. Saya beruntung bisa menjumpai dan menyaksikan ondel-ondel yang unik ini ketika meliputi Pasuruan Fashion carnival di taman Chandra Wilwatika pada tgl 13 Oktober 2012.

Cukup menarik menyimak atraksi Ondel-ondel modern  itu.Selama route perjalanan karnaval, masing-masing personel Ondel-ondel melakukan gerakan-gerakan yang lincah dan lucu dengan sesekali mendekati dan bersalaman dengan warga. Tentu saja banyak warga yang terhibur dan tergelak melihat atraksi jenaka mereka. 

Bila dalam Ondel-Ondel ala Betawi umumnya hanya terdiri dari  sepasang  karakter Ondel-Ondel, namun untuk Ondel-ondel Modern ini terdiri dari banyak karakter yang menggambarkan sebuah keluarga besar dari lingkup kerajaan yang terdiri dari kakek dan nenek, ayah dan ibu dan beberapa anaknya.

Ada yang membedakan antara karakter anak-anak dan dewasa itu pada bentuk dan tinggi ondel-ondel. Selain itu,  pada karakter anak-anak juga mengenakan rambut yang sangat meriah dan berwarna-warni.

=======================================================================
Break Session :

Baca juga artikel-artikel menarik lainnya di Blog ini dengan Langsung KLIK Link di bawah ini atau kata-kata berwarna Biru lainnya :

Menambang Uang Melalui Facebook dan Blog
Tips Jitu Untuk Meningkatkan Traffic Situs atau Blog   

Indahnya Panorama Pantai Pasir Putih Di Situbondo
Aksi Roode Brug Surabaya Peduli Veteran
Situs Giri Kedaton Peningggalan Sunan Giri
Nasi Krawu yang Nikmat dan Khas Gresik
Menyimak Jejak R.A. KArtini Di Museum 
Artefak Di Kawasan Makam Sunan Bonang 
Mengenang RA Kartini Melalui Foto-Foto Lama






================================================================


Ada juga seorang pria yang mengenakan baju dan mahkota ala bangsawan  dengan membawa sebuah payung. Dengan sosoknya yang berjanggut lebat, karakter itu mengingatkan saya pada karakter lucu dalam sebuah film komedi  produksi luar negeri. Sayang,  saya lupa siapa nama karakter dan judul film tersebut.

Di bagian depan  tampak seorang ibu yang juga mengenakan baju dan topi yang berwarna mencolok. Ibu tersebut mengalungkan sebuah banner yang bergambar foto-foto dan informasi tentang tentang kelompok kesenian Ondel-ondel Modern.

Walau masih terhitung baru dan masih jarangnya pesaing dalam kesenian serupa, Ondel-Ondel Modern ini cukup sering menadapat order pentas di berbagai acara hajatan warga seperti perkawinan,  khitanan, ulang tahun, syukuran dan acara yang lainnya.

Adanya Ondel-ondel Modern ini terasa cukup dilematis. Karena di satu  sisi bisa menjadi hiburan alternatif yang menarik bagi warga .Tetapi di sisi lainnya, keberadaan Ondel-Ondel ini tentu akan bersaing dengan bentuk kesenian tradisional lainnya yang biasanya mendapat order dalam beberagai acara hajatan yang diadakan oleh warga.

Terlepas dari itu,Dengan keunikan dan kelucuannya, Ondel-ondel Modern ini seakan menjadi bintang selebriti baru yang laris diajak foto bersama oleh warga.
 
     

1 komentar: