Minggu, 14 Oktober 2012

Semaraknya Pawai Budaya Di Kota Surabaya


Patung kerbau yang berwana hitam itu berukuran sangat besar. Dengan terbuat dari bahan kertas, patung itu diarak oleh beberapa remaja pria. Remaja yang juga berpakaian serba hitam  mengenakan topi yang ada tanduknya. Wajah mereka tampak bercoreng moreng dengan baluran warna hitam. 

Patung kerbau dalam arak-arakan itu adalah tampilan dari kontingen Kabupaten Bojonegoro. Merupakan salah satu peserta dalam Pawa Budaya dalam memperingati Hari jadi Provinsi Jawa Timur  yang ke-67, pada hari Minggu tgl 14 Oktober 2012.

Pawai Budaya ini berangkat dari kawasan Monumen Tugu Pahlawan dan berakhir di Gedung Grahadi Surabaya. 

Warga Kota Surabaya tampak antusias dalam menyaksikan pawaiBudaya ini. mereka tampak memadati  jalan-jalan yang dilalui oleh peserta pawai Budaya.

Dalam pawai Budaya ini menampilkan serangkaiankesenian,  tradisi dan  budaya yang ada dan berkembang di kabupaten-kabupaten yang di Jawa Timur.   Ada yang berupa tari-tarian, kesenian tradisional, kisah dan legenda yang berkembang di masyarakat, upacara adat dan sebagainya.

Kesemuanya ditampilkan dengan sangat bagus dan mengagumkan. Dengan menggunakan kostum yang beraneka warna dan ornamen-ornamen yang artistik , para peserta pawai juga terlihat tampak antusias dalam menunjukkan pesona keindahan tradisi dan budaya dari daerah mereka. 

Teriknya cuaca dan panasnya sinar matahari yang menimpa mereka seolah bukan menjadi halangan untuk tetap ceria dan bersemangat.
  ---------------------------------------------------------------------------------------------------

Break Session :
Baca juga artikel-artikel menarik lainnya di Blog ini dengan Langsung KLIK Link di bawah ini atau kata-kata berwarna Biru lainnya :
  






================================================================

Selain berjalan kaki, peserta pawai juga ada yang mengendarai kuda dan mobil hias. Mobil-mobil  hias tersebut sangat bagus bentuknya. Beraneka bunga segar, triplek, kayu, busa, spon dan sebagainya dibentuk sedemikian rupa sehingga tampak indah dan menawan. 

Banyak diantara mobil hias tersebut yang dimensi panjang dan lebarnya cukup besar sehingga memenuhi jalanan yang dilalui.

Selama perjalanan, peserta pawai menampilkan atraksi kesenian mereka dengan menari, menyanyi dalam musik dan lagu daerah dan berbagai bentuk kesenian dan budaya lainnya. Decak kagum dan Aplaus yang meriah dari penonton seolah mengalir tiada hentinya.

Pada bagian akhir dalam pawai Budaya ini tampak komunis penggemar sepeda tua ( KOSTI ) Surabaya. 

Dengan berpakaian yang bernuansa tempo doeloe dan berbagai pernak-perniknya yang cukup unik, peran serta  mereka juga semakin menyemarakkan suasana dalam pawai budaya ini.

Foto-foto tentang Pawai Budaya ini bisa Anda ketahui dengan Langsung MengKlik Link Berikut ini :

Adi Busana Dalam Pawai Budaya di Kota Surabaya

Gemerlap Busana dalam Pawai Budaya Di Surabaya  
 










Tidak ada komentar:

Posting Komentar