Kamis, 20 Desember 2012

Ondel-ondel Betawi yang Unik dan Artistik

Ondel-ondel, begitulah sebutan untuk boneka itu. Bagi mereka yang tinggal di kawasan Jakarta dan sekitarnya, tentu sudah tahu dan  mengenal Ondel-ondel yang biasanya ditampilkan dalam berbagai acara dan kegiatan.

Utamanya yang berkaitan dengan tradisi dan budaya Betawi sebagai etnis asli yang tinggal di sana.
Ondel-ondel itu memang tampak unik dan menarik. Selain ukurannya yang besar dan setinggi 2-2,5 meter, berbagai aksesori dan perlengkapannya juga tak kalah menarik.


Ondel-ondel itu mengenakan pakaian ala busana taridional betawi  yang berwarna-warni .Sosoknya yang menyerupai manusia dan umumnya ditampilkan secara berpasangan.


 Hiasan rambut yang terbuat dari bambu dan berlilit kertas yang berwarna-warni  seolah menjadi mahkotanya.
Konon,pada awalnya  boneka ini dipercaya oleh orang-orang Betawi sebagai Boneka besar penolak bala, pengusir Roh Jahat,  pengganggu manusia,  dan pengusir penyakit yang mengganggu warga di kampung.
  
Namun saat ini fungsinya berganti sebagai media hiburan dan penyemarak berbagai acara dan kegiatan seperti perkawinan, khitanan, peresmian dan sebagainya.Bila di suatu acara menampilkan atraksi Ondel-ondel, bisa dipastikan acara itu akan semarak dan meriah, terutama bagi anak-anak. 

 Pasalnya, boneka Ondel-ondel yang dimainkan dan digerakkan oleh manusia yang ada didalamnya itu bberatraksi dengan  menari-nari dengan tangan yang bergoyang-goyang.


 ===========================================================================

Bagi Anda yang tertarik menampilkan Ondel-ondel Betawi untuk memeriahkan berbagai acara dan kegiatan, silahkan menghubungi

 Bang Tiar Idris  
  "  Sewa Busana Betawi dot Com

Alamat : Jl. Masjid Al Fajri Rt. 012/01 No. 7  
Pejaten Barat Pasar Minggu 

Jakarta Selatan 12510, INDONESIA, 

Telp. 021-93786634 atau 085211711318 

BB PIN : 2151420E


Informasi selengkapnya bisa mengunjungi blognya di 

www.sewaondelondel.blogspot.com

www.sewabusanabetawi.blogspot.com

Twitter      : @Busana_Betawi
Facebook : Bang Tiar Idris  

=======================================================================
Sesekali Ondel-ondel juga berputar-putar dan seolah mau merobohkan tubuhnya.Gelak tawa dan senyum ceria dari penontonnya tentu mewarnai dalam  acara itu. 

 Menurut Bang Tiar Idris, salah seorang warga dan pegiat tradisi asli Betawi di Jakarta,  nama asli boneka ini  adalah Barongan. Sedangkan awal mula  populer disebut Ondel-ondel adalah ketika Almarhum H. Benyamin  S.  menyanyikannya dalam lagu Ondel-ondel di tahun 70an.
Seiring dengan perkembangan jaman,  Ondel-ondel juga ditampilkan dalam bentuk variasi. Selain ada yang beratraksi secara berkeliling, Ondel-ondel juga ditampilkan dalam bentuk pajangan sebagai ornamen di suatu acara.

Keberadaan Ondel-ondel mini ini laksana penerima tamu yang dengan ramah menerima dan menyambut kedatangan setiap pengunjung.

Ada juga pajangan ondel-ondel dalam bentuk mini yang fungsinya juga sama sebagai ornamen penyemarak suasana.
Tak hanya itu saja, karena  ondel-ondel mini ini juga  bisa menjadi oleh-oleh atau souvenir yang dikemas secara menarik bagi pengunjung.
Tentu bisa dibayangkan betapa sangat mengesankankannya ketika berkunjung ke suatu acara mendapatkan souvenir berbentuk ondel-ondel mini itu.
Seolah melengkapi varian souvenir bernuansa ondel-ondel, ada juga lembaran kain dengan motif yang tampil beda. Selain warnanya yang mencolok, lembaran kain itu juga terdapat motif berupa gambar ondel-ondel.
Permainan tradisional yang dikenal dengan nama Si Tongki juga menggunakan karakter Ondel-ondel. Permainan ini  terbuat dari lembaran kertas yang tebal dan berbentuk seperti wayang. cara memainkannya dengan menarik seutas benang yang terpasang di bagian belakangnya dan menghubungkan bagian kepala, kaki dan tangan Si Tongki. 
 Dengan pesona keindahan dan keeksotisannya, Ondel-ondel Betawi adalah salah satu khazanah kesenian, tradisi  dan budaya yang mengagumkan di nusantara.












1 komentar: