Senin, 24 Desember 2012

Masjid Aschabul Kahfie Di Dalam Gua Yang Unik

Melintasi  Jalan Gedongombo di Kecamatan Semanding, Kabupaten TubanJawa Timur, atau sekitar 4 km arah timur dari Pusat Kota terdapat sebuah bangunan yang cukup Aneh, unik dan menarik. 

Bangunan itu berada diantara deretan Warung di kanan dan kirinya atau  deretan mobil dan bis yang parkir di depannya.

Selain karena bentuknya yang tampak aneh, Warna bangunannya juga sangat Beragam dan  Atraktif

 
Bangunan apakah itu ?

Bangunan itu ternyata adalah sebuah masjid karena di atas bangunan itu terdapat papan nama yang tertuliskan huruf  besar : Masjid Aschabul Kahfi Perut Bumi Al Maghribi . Selain itu juga terdapat tulisan Arab dan tulisan dalam huruf  Jawa .

Membaca namanya saja sudah cukup unik dan menarik perhatian. Masjid ini memang berada di perut bumi atau di dalam Gua alami. Sedangkan bangunan aneh dan mencolok dengan berbagai Relief nya yang tampak  dari atas permukaan  itu adalah kubah masjid yang berada di atas permukaan tanah.

Kubah masjid itu penuh dengan goresan ayat-ayat Al Qur’an dan beberapa diantaranya  berbentuk  seperti  tulisan  dalam rajah. 

Rajah adalah  semacam jimat atau Pegangan  dengan tulisan Arab dan Gambar-gambar  tertentu yang biasanya dituliskan dalam lembaran Kertas, kain, Kayu atau media lainnya.


Adalah KH. Shubhan, seorang Ulama dari Tuban yang mempunyai ide dan gagasan untuk memanfaatkan goa alami yang terdapat di kawasan yang cukup gersang, tandus dan berbatu itu. KH. Shubhan itu juga yang menjadi arsitek dan pengarah pembangunan masjid itu.
 
Upaya pembangunan masjid itu sudah berlangsung sejak belasan tahun yang lalu dan masih berlanjut hingga sampai saat ini.


Selain terdapat masjid, di Gua itu juga terdapat  Ruangan dan bangunan lainnya.
 
Karena berada di dalam gua, untuk memasukinya tentu harus dengan menuruni dan melewati lorong-lorong gua yang ada. Sebagian besar dari Gua itu sudah dirombak penampilannya dengan sentuhan  dan citra Rasa seni.

Melewati  ruangan dan bagian masjid membuat kita  seolah lupa bahwa sedang berada di dalam gua. Namun seolah berada di dalam Taman di Dunia lain.

Kemegahan bangunan di dalam gua ini bisa Anda Baca lebih lengkap di posting artikel lainnya di blog ini juga yaitu di link : Indah dan Gemerlapnya Istana Dalam Gua.

Sedangkan sebagian bangunan gua lainnya masih dibiarkan tetap Alami. Setiap hari, masjid Aschabul Kahfi Perut Bumi ini senantiasa ramai dikunjungi oleh  orang-orang yang berwisata religi. 


Karena itu, dari masjid di dalam gua itu senantiasa mengalun bacaan Ayat-ayat  Suci Al Quran yang dilakukan oleh para pengunjung. Mereka beristighotsah di dalam ruangan masjid yang bentuknya Khas itu.

1 komentar:

  1. Pengen jadi jutawan hanya dengan 20.000
    Ayo daftar dan mainkan gamenya ya boss
    Di Situs Judi Online Terpercaya seAsia
    dewalotto Link :
    dewalotto.club

    BalasHapus