Selasa, 18 Desember 2012

Indahnya Relief-relief Satwa Di Candi Prambanan

Candi Prambanan yang berada perbatasan Kabupaten Sleman , Jogjakarta dan Klaten memang sangat indah dan Menakjubkan. Pesona keindahannya laksana mengalirkan decak kekaguman yang tiada hentinya.

Tak hanya indah dalam bentuk dan arstitektur bangunan candinya saja, tetapi keindahan itu juga tampak pada relief-relief yang menghiasi tubuh candi.


Selain relief-relief yang menampilkan jalinan kisah dalam mitologi kuno, di Candi ini juga terdapat relief-relief dalam bentuk satwa. 
Relief-relief satwa yang terpahat dengan begitu rapi dan indah mengingatkan saya pada bentuk relief serupa yang ada di Candi Penataran di Kota Blitar - Jawa Timur.


Hanya saja perbedaannya untuk relief-relief di Candi Prambanan ini dalam bentuk bingkai kotak. Sedangkan relief satwa di candi Penataran dalam bentuk lingkaran atau medalion.
Pada dinding bangunan Candi Prambanan umumnya  terdapat Relief yang berkisah tentang Ramayana dan Kresanayana.
Tak hanya itu, yang menarik, pada bagian kaki candi juga banyak terdapat relief bergambar satwa yang masing-masing dipahatkan secara berpasangan.


Seperti menjadi ciri khasnya, umumnya relief satwa itu mengapit sebatang pohon yang besar dan rindang.
Relief-relief satwa di Candi Prambanan  itu antara lain adalah :
Relief Burung berkepala manusia ( Kinarra-Kinarri)
Relief Burung
 
Relief Anjing

 ---------------------------------------------------------------------------------------------------

Break Session :

Baca juga artikel-artikel menarik lainnya di Blog ini dengan Langsung KLIK Link di bawah ini atau kata-kata berwarna Biru lainnya :
  









================================================================
Relief Monyet
Relief Kelinci
Relief Kucing
Relief Rusa
Relief Kambing
Relief Singa
Dan masih banyak relief-relief satwa lainnya. Untuk mengamati relief-relief satwa itu cukup mudah karena posisinya yang rendah di bagian bawah candi.


Bila Anda berkunjung ke Candi Prambanan ini, jangan lupa sempatkan diri untuk menyimak keindahan relief-relief satwanya.

Berbeda halnya dengan relief-relief lainnya yang berada di bagian dinding candi bagian tengah dan atas. Sehingga cukup susah juga untuk melihat relief secara lebih detail.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar