Jumat, 28 Desember 2012

Legenda Kwan Kong Di Kelenteng Kwan Sing Bio

Nama Kwan Kong atau Kwan Sing Tee Koen tentu sangat dikenal oleh etnis Tinghoa dan umat Tri Darma. Kisah dan sosoknya menjadi legenda tersendiri.

Banyak tempat peribadatan kelenteng yang menghormati Kwan Kong dalam berbagai bentuk.
Salah satunya adalah kelenteng Kwan Sing Bio di Kota Tuban - Jawa Timur yang selain menyimpan arca kongco Kwan Kong ruangan kelenteng utama, juga membangun sebuah ruangan untuk menghormati Kwan Kong.

Ruangan Sembilan Gada  Suci, begitulah nama salah satu ruangan dan bangunan  yang ada di kelenteng Kwan Sing BioTuban, Jawa Timur.

 
Ruangan yang berbentuk khas ala bangunan  Kelenteng  ini  berada di belakang bangunan utama kelenteng.
 
 Ruangan ini memiliki dua Taman yaitu   Taman Dua Naga  di bagian depan yang sering digunakan sebagai spot  oleh pengunjung kelenteng  untuk Berfoto ria. Sedangkan di sebelah kirinya  terdapat taman dengan banyak ornamen  patung berbentuk satwa seperti kelinci, Kuda,  Sapi, dan sebagainya.


 Di halaman depan ruangan tampak ornament   ‘ Penjaga ‘  berbentuk patung sepasang  harimau  dengan hiasan Relief Burung di bagian bawahnya.
 
Ruangan Gada Suci berada di dalam etalase kaca. Di dalamnya  tersimpan Patung Dewa Kwan Kong  yang terbuat dari berbagai bahan dan  ukuran. Selain itu juga disimpan Panji-Panji Kebesaran Dewa Kwan Kong dan Panji-panji Kelenteng Kwan Sing Bio serta  peralatan Barongsai dan Liong.
Di bagian tengah  di depan ruangan  terdapat patung Dewa Kwan Kong  dengan  membawa panji-panji kebesaran  dan mengendarai kuda sedang menghunus   Tombak panjangnya .
 Kwan Kong adalah Dewa yang dipuja dan dihormati di Kelenteng Kwan Sing Bio.

Disamping dipuja sebagai lambang kesetiaan dan kejujuran, Kwan Kong dipuja sebagai Dewa Perang, Pelindung Perdagangan, Dewa Pelindung Kesusastraan dan Dewa Pelindung rakyat dari malapetaka peperangan yang mengerikan. 
 
Ruangan ini dikelilingi dan dijaga oleh  ornamen  berbentuk patung para  Pembesar dan pengikut setia Kwan Kong.
 
Di sebelah barat  tampak pembesar  yang menilik dari  bentuk  Pakaiannya sepertinya mereka adalah sesepuh dan penasehat Kwan Kong. Mereka itu  adalah :
Tju Kat Liang

 Bang Thong
 Hoat Tjeng
Sedangkan di sebelah timur terdapat patung yang dari menilik dari bentuk pakaian yang dikenakannya menunjukkan mereka bertugas dalam bidang pertahanan, pertempuran  dan keprajuritan. 
Mereka adalah :
 
Thio Hwie
 
Tio Tju Liong
 
Oei Tiong
 Ma Tjauw
Kwan Kong atau Guan Di adalah seorang panglima perang ternama yang hidup pada rentan waktu 221-269 SM pada zaman San Guo (Zaman 3 Negara). Kwan Kong di puja karena kejujuran serta kesetiaan yang di milikinya. Beliau merupakan lambang seorang kestria sejati yang selalu menepati janjinya dan juga setia pada sumpah yang telaah beliau ucapkan. 
Dalam kisah 3 negara Kwan Kong bertemu dengan Liu Bei dan Zhang Fei yang pada saat itu memiliki keinginan yang sama, yaitu untuk membela negara dan membawa kembali ketentraman bangsa Tiongkok yang seddang bergejolak. 
Tak lama setelah bertemu mereka kemudian saling bersumpah untuk sehidup semati menjadi saudara. Pada saat itu Kwan Kong bertempur bersama Liu Bei dan Zhang Fei, bersama-sama menumpas Pemberontakan seban kuning.
Kemudian persaudaraan mereka tercerai beraai saat kejatuhan Xuzhou dan Xiapi. Cao cao kemudian meminta Kwan Kong untuk menjdai pengikutnya, Kwan Kong akhirnya bersedia dengan permintaan Cao-cao atas 3 kondisi, yaitu: Kwan Kong takluk kepada kekaisaran Han, bukan kepada Cao-cao, kedua istri kakaknya (Liu Bei) harus di lindungi dan diberi penghidupan yang layak dan Kwan Kong  akan segera meninggalkan Cao-cao setelah mengetahui keberadaan kakaknya.
Dengan kondisi tersebut Kwan Kong dapat menyerah kepada Cao-cao tanpa melanggar sumpah persaudaraan yang telah mereka buat.
  
 


Yang menarik dan mengagumkan, ornament berbentuk patung dan satwa itu sangat ekspresif dengan detail dan ukuran yang realis dan  seperti aslinya. Permainan warnanya juga serasi yang menunjukkan  begitu ahlinya para  pembuat patung , Relief dan ornamen-ornamen itu.
 
Sampai saat ini Kwan Kong telah di puja dalam kalangan umat Taoisme, Konfusianisme dan juga Buddhisme. Umat pada kalangan Taoisme memuja beliau sebagai Dewa pelindung dari malapetaka peperangan, sedangkan umat kalangan Konfusianisme memuja beliau sebagai Dewa kesusasteraan dan umat kalangan Buddhis memuja beliau sebagai pelindung Dharma.


3 komentar:

  1. menarik bgt artikelnya sob, keren..

    salam
    http://cahkaliboyo.blogspot.com

    BalasHapus
  2. Dewa Kwan Kong, panglima perang yang sangat terkenal dengan keberanian dan kesetiaanya. Kami perajin patung kayu dari daerah Jepara memproduksi patung untuk keperluan pemujaan anda. Untuk referensi silahkan kunjungi website kami di http://www.jayaantikafurniture.com/ kami juga menerima pesanan pembuatan patung dari gambar atau desain anda, silahkan kontak kami di jeparacarving@yahoo.com atau Hp di 081390433160 dan pin BB di 76606632

    BalasHapus
  3. Jika ada yang minat dengan patung Dewa Kwan Kong dari kayu silahkan kunjungi website kami di http://www.jayaantikafurniture.com dan untuk pemesanan silahkan hubungi kami di jeparacarving@yahoo.com atau HP 081390433160 pin BB 76606632 atau WhatsApp 08985247305

    BalasHapus