Jumat, 21 Desember 2012

Ongkek Yang Langka Di Museum Kambang Putih

Bagi banyak orang, nama Ongkek tentu terdengar sangat asing.Tetapi tidak demikian halnya dengan warga di kabupaten Tuban - Jawa Timur, Ongkek sangat dikenal sebagai bagian dari budaya mereka. Ongkek merupakan perlengkapan tradisional untuk menjual minuman Legen yang terbuat dari air nira pohon siwalan.

Bentuk Ongkek sangat khas dan unik setinggi sekitar 1,5 meter. Ongkek itu terbuat dari potongan bambu yang dirakit sedemikian rupa menjadi pikulan. Pada pikulan itulah ditempatkan wadah bambu yang duilapisi dengan daun siwalan sebagai tempat menyimpan minuman Legen dan gelas-gelas yang juga terbuat dari bambu. 

Seiring dengan perkembangan jaman, kini ongkek dalam bentuk asli sudah punah. Fungsi ongkek  sekarang tergeser oleh botol-botol plastik dan jerigen yang lebih awet dan praktis. Untunglah kita bisa menjumpai sosok Ongkek itu di museum Kambang Putih .Ongkek itu berada di ruangan Ethnografi.

Selain Ongkek, di museum ini juga menyimpan benda-benda koleksi lainnya yang tak kalah menariknya.
 
Museum Kambang Putih  berada di kompleks alun-alun kota Tuban, tepatnya di sebelah barat Kantor Bupati Tuban. Berdekatan dengan kawasan wisata religi makam Sunan Bonang dan Masjid Agung Tuban.
Museum   yang buka setiap hari Selasa – Minggu ini merupakan pindahan dari museum Kambang Putih lama yang sebelumnya berada di kompleks Pendapa Kabupaten Tuban.
Benda-benda Koleksi museum Kambang Putih  itu  ditempatkan dalam ruangan-ruangan yang berbeda sesuai dengan jenis dan klasifikasinya. Seperti ruangan ethnografi, Kesenian, numismatik dan sebagainya.Diantara benda-benda koleksi museum itu terdapat beraneka macam fosil, kapak batu dan kapak perunggu, nekara, dan sebagainya.

Beberapa Arca Kuno, prasasti , yoni dan lingga juga menghiasi etalase-etalasenya. Ada juga koleksi benda-benda yang ditemukan di kompleks situs makam Sunan Bonang. Salah satu diantaranya adalah kayu berukir dengan ada hiasan Relief   yang cukup indah.
 
Di ruangan berikutnya menyimpan berbagai koleksi tentang peralatan yang digunakan oleh manusia dalam kehidupan sehari-hari seperti peralatan nelayan, petani, peralatan membuat Batik Gedog dan Tenun Gedog , peralatan dapur tradisional, peralatan perdagangan dan yang lainnya.
 
Sebagai daerah pesisir yang memiliki pelabuhan kuno di masa lampau, tentu di kawasan Laut dan Pantai Tuban banyak terdapat peninggalan-peninggalan bersejarah yang juga disimpan di museum Kambang Putih.
 Seperti beraneka jenis dan bentuk benda-benda keramik, guci dan Gentong kuno; Persenjataan kuno dan sebuah jangkar terbuat dari besi dan bermata empat yang beberapa diantaranya ditemukan di Pantai Boom Tuban.
  
Untuk Ruangan kesenian menyimpan benda-benda kesenian berupa beraneka jenis kesenian tradisional seperti wayang kulit, wayang krucil, wayang Tengul dan sebagainya yang tampak kuno dan .kusam karena faktor usia.Ruangan kesenian ini berlanjut dengan ruangan Numismatik yang memajang uang-uang kuno yang pernah diterbitkan dan beredar di Indonesia. Baik yang berbentuk logam maupun lembaran kertas.
Sebenarnya lokasi Museum Kambang Putih ini sangat strategis berada di Pusat Kota
 
Tetapi sayang sekali karena banyaknya Becak wisata Makam Sunan Bonang yang parkir dan antri di depan museum , menjadikan keberadaan museum Kambang Putih ini sering terabaikan dan terlewatkan. Sosok bangunannya seolah tenggelam dan tertutup di tengah keramaian.

Free Trial 41.000 Movies  + TV  Episode = Amazon Prime 

======================================================================

Dijual Tablet Smartfren New Andromax Tab 7.0 


Hadiah Lomba dari Vivanews. 

Kondisi 100% Baru, Lengkap dan Tersegel.

Harga Penawaran Rp 1,5 juta

Barang Langka - Stock Galeri Smartfren Sudah Kosong Lama

Harga Tablet Smartfren New Andromax Tab 8.0 Rp 2,3 juta

Kontak Agung - 0823 3388 7121

======================================================================



 ====================

===============

Artikel-artikel Menarik lainnya bisa Anda baca 

di Link berikut ini :





Tidak ada komentar:

Posting Komentar