Kamis, 26 Juli 2012

Kue Pudak Khas Gresik Yang Nikmat

Selain nasi Krawu, Kota Gresik – Jawa Timur memiliki  beberapa macam makanan khas lainnya. Diantaranya adalah Pudak, yang merupakan kue tradisional yang cukup nikmat rasanya.Pudak ini cukup unik dan menarik karena bentuk luarnya nya yang gemuk dan menggelembung seperti karung atau kantung. Rasanya cukup nikmat dengan tekstur yang kenyal tapi lembut.
 Bahan untuk membungkus pudak pun menggunakan bahan alami yang disebut Ope, yaitu lembaran pangkal pelepah daun pinang yang telah dibersihkan dan dijahit dengan benang dengan pola tertentu.
Pangkal pelepah daun pinang itu sendiri harus disamak lebih dahulu untuk memisahkan kulit luar dan kulit dalam. kulit bagian dalam inilah yang dimanfaatkan. 

Setelah Ope dibersihkan dan dipotong-potong sesuai ukuran, kemudian dilipat dan dijahit dengan alur seperti huruf L tanpa sudut.
Sehingga sisi dan dasarnya tertutup dan membentuk ruang seperti gelas atau contong . Setelah adonan dituangkan di dalam contong, ujung kemasan yang terbuka dikuncupkan dan diikat dan selanjutnya dikukus

=======================================================================
Break Session :

Tips Jitu Untuk Meningkatkan Traffic Situs atau Blog  










================================================================

Cara menjual Pudak  juga menarik karena pudak dalam bentuk rentengan yang digantung secara berjajar. Konon, cara menjual pudak dengan cara menggantung ini selain untuk menarik perhatian, juga bisa menajdikan pudak lebih tahan lama. Disamping juga bisa menguarkan bau harum pudak.

 
Ada tiga jenis Pudak yang biasa dijual di berbagai sudut Kota Gresik seperti di Jalan Veteran atau di Jalan Sindujoyo dengan harga Rp 15.000- Rp 20.000 per renteng yang berisi 10 bungkus.

Pada dasarnya bahan pembuat kue pudak adalah tepung beras / tepung sagu , santan, dan gula pasir / gula merah.

 
Yaitu pudak yang berwarna putih yang terbuat dari tepung beras dan gula pasir, pudak yang berwana coklat yang terbuat dari tepung sagu dan gula jawa,  dan pudak yang berwarna hijau yang terbuat dari tepung beras , gula pasir dengan pewarna dan aroma daun pandan.

Dengan kenikmatan dan kekhasannya, Pudak ini bisa  masuk dalam daftar oleh-oleh Anda jika berkunjung dan berada di Kota Gresik








2 komentar: