Selasa, 31 Juli 2012

Mengenang Nostalgia Tuban Masa Lampau Melalui Foto-Foto Lama

Masjid Jamik Tuban itu tampak suram. Pada bagian atap kubah di sisi sampinya  ada yang berkarat. Tak banyak ornamen dan hiasan pada bangunannya. Pagar depannya hanya terbuat dari besi sederhana setinggi pinggang orang dewasa. Tiga pohon mangga tumbuh di halaman depannya.


Bagi yang belum pernah tahu, tentu tidak mengira kalau masjid kuno itu merupakan bangunan lama dari Masjid Agung Tuban yang saat ini tampak megah dan indah.

  
Itulah salah satu foto lama yang menampilkan kenangan dan nostalgia  tentang Kota Tuban - Jawa Timur. Foto-foto lama itu bisa dijumpai di Gedung Perpustakaan Kota Tuban yang berlokasi di Jalan Sunan Kalijogo.

Cukup menarik saat menyimak foto-foto lama itu. Begitu banyak perubahan dan pembanguan yang terjadi di Tuban selama ini. Ini terlihat dari sosok alun-alun kota Tuban pada tahun 1898 yang tampak luas namun cukup lengang. Hanya terdapat pohon beringin tua yang saat ini masih bisa dijumpai keberadaannya.

Hal yang sama juga tampak dari foto Masjid Astana di Kecamatan Jenu, sekitar 10 km arah barat dari Kota Tuban.

Begitu juga dengan sosok Pendapa Kabupaten Tuban dan Rumas Pringgitan ( kediaman ) Bupati Tuban tempo dulu. 

Di tampilkan juga rumah asisten Residen Tuban pada tahun 1880. Beberapa foto lama itu didapatkan dari Tropenmuseum Of The  Royal Tropical Institute yang berada di Belanda.

Sosok Presiden Soekarno yang berkunjung dan berpidato di  Tuban pada tahun 1952  juga bisa dijumpai. Tampak warga Tuban beragam usia bersiap dan menyambut Putra Sang Fajar itu dengan penuh antusias dan suka cita.

Di sisi lainnya ada juga pajangan foto tentang beberapa ibu warga Tuban yang berfoto bersama dengan berbusana Jawa yang klasik  dan masing-masing dengan posisi duduk di kursi.

 ---------------------------------------------------------------------------------------------------------

Break Session :
Baca juga artikel-artikel menarik lainnya di Blog ini dengan Langsung KLIK Link di bawah ini atau kata-kata berwarna Biru lainnya :
  







================================================================
Yang menarik adalah foto Pabrik Gula Wringin Agung  dan  foto sebuah pohon raksasa pada tahun 1900 yang cukup tinggi dengan batang pohonnya yang cukup besar.

Saking besarnya, diameter pohon itu seimbang dengan puluhan orang yang berjejer bersama dan merangkulnya.

Walau tampak  sederhana, pajangan foto-foto lama di Perpustakaan Kota Tuban itu cukup memberi kesan yang mendalam. 


Dengan menyimaknya, kita bisa mengenang dan bernostalgia  sekaligus  berbagi kisah tentang Tuban pada masa lampau kepada lintas generasi.















2 komentar:

  1. Pringgitan bukan Kediaman.
    Asal usul nama pringgitan adalah pada jaman dahulu setiap ada pagelaran wayang kulit penempatannya selalu di rumah dinas bupati, tepatnya pas di teras masuk. Sehingga kebiasaan orang-orang menyebutnya sampai sekarang padahal itu salah kaprah.

    BalasHapus