Kamis, 12 Juli 2012

Indahnya Lukisan Saeful Amin dari Tuban


Ada yang berbeda dengan penampilan Sosok Semar yang satu ini. Selain tidak mengenakan jambul di kepalanya namun diganti dengan rambut yang terpotong rapi dan klimis, Semar juga  mengenakan kain penutup pinggang yang berbeda dan full warna. Motif kain juga kontemporer dengan berbagai corak dan gambar.

Sementara para punakawan seperti Gareng, Petruk dan Bagong  yang biasanya selalu setia bersama Semar pun berganti dengan beberapa ekor kerbau yang seolah sedang mendengarkan wejangan dari Sang Semar.

Begitulah gambaran yang ada pada lukisan penuh warna karya Saeful Amin , seniman dari Kota Tuban – jawa Timur. Lukisan itu bisa jadi menggambarkan keadaan kepemimpinan di Negara ini  atau hal yang lainnya tergantung pada interprestasi penikmatnya.

Saeful Amin merupakan salah satu seniman Tuban yang cukup menonjol. Karya dari pelukis yang tinggal di kelurahan Dowomukti ini memang cukup  indah menarik. Sapuan cat beraneka warna pada kanvas yang ditorehkannya menjadi lukisan yang memanjakan mata dengan keindahan secara optik dan estetika.

Banyak lukisan dari seniman ini yang telah dimiliki oleh para kolektor dan  galeri seni dengan harga yang berbilang juta rupiah per buahnya.Saeful Amin sendiri aktif dalam berbagai kegiatan kesenian baik yang diadakan di lingkup daerah Tuban dan luar kota. Baik dalam pameran lukisan tunggal maupun berkolaborasi dengan pelukis lainnya.

  -------------------------------------------------------------------------------------------------
Break Session :
Baca juga artikel-artikel menarik lainnya di Blog ini dengan Langsung KLIK Link di bawah ini atau kata-kata berwarna Biru lainnya :
  








=================================================================

Tak hanya melukis saja, Saeful  Amin juga menyertakan uraian dan konsep dalam berkarya. Seperti halnya dalam lukisannya yang berjudul Bintang Meraih Bintang memiliki uraian  bahwa meraih cita adalah berusaha membuka rahasia Bumi, samudera dan bintang gemintang.Sedangkan konsepnya adalah motivasi diri untuk meraih cita-cita setinggi bintang, harus terrefleksi dalam penyempurnaan kinerja dari hari ke hari melalui sikap profesional.
Terdengar puitis dan bercampur dengan keseriusan. Dan begitulah adanya dengan sosok Saeful Amin yang selalu serius dalam berkarya.Walau tak murni menganut  genre Impresionis, ratusan karya lukis dari tangannya juga menonjol  aliran Surealis, ekspresionis maupun Realis.
 
Dia  merasa lebih merdeka pada sikap mengalir dalam mengeluti profesi. Menurutnya,
 " Seni rupa itu tidak stagnan dan selalu berkembang. Karena itu pelukis  tak harus terjebak pada frame aliran tertentu.”.
Dan yang lebih penting lagi,  kekuatan sebuah lukisan menurutnya tergantung pada kekuatan yang terdiri  hand (tangan) maksudnya kemampuan dari perupa, head (kreatifitas) dan heart (hati) lebih mengarah pada kedekatan perupa dengan obyek lukisannya.


Dengan kekuatan dan faktor itulah, Saeful Amin telah dan akan terus berkarya dengan lukisan-lukisannya yang mempesona.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar