Selasa, 10 Juli 2012

Menikmati Senja Di Bekas Pelabuhan Kuno

Pantai Boom Tuban rasanya tak ada habisnya untuk dieksplorasi pesona keindahannya. Baik dalam hal sejarah atau panorama alamnya yang indah.


Salah satunya adalah keindahan panorama  ketika senja di pantainya yang berombak  tenang. Bentangan kanvas raksasa  yang tiada bertepi dengan semburat warna jingga dan bayangan hitam di sekitarnya , sungguh laksana lukisan alam yang bergerak.


Selain bisa menjumpai sumur yang unik karena airnya yang berrasa tawar walau berada di tepipantai, berada di kawasan pantai yang berada di pusat kota Tuban – Jawa Timur ini kita seperti menapak jejak sebuah bekas pelabuhan kuno yang besar di masa lampau.


Seperti halnya yang tertulis di prasasti yang terpasang di dinding sumber air berrasa tawar yang ada di lokasi, pantai Tuban ini dulunya menjadi Pelabuhan besar yang menjadi jalur lintasan utama perdagangan dan pelayaran pada masa kerajaan Singhasari dan Majapahit.


Di pantai inilah Adipati Ronggolawe menghadang dan menyerang pasukan tentara Mongol yang hendak menyerbu kerajaan Singhasari.


Sebagai bekas pelabuhan niaga yang besar di masa lampau,tak heran bila di kawasan perairan dan pantai ini banyak ditemukan benda-benda bersejarah seperti gentong dan guci, kuno, persenjataan tradisional, keramik dan sebagainya.


Beberapa diantara benda-benda yang berhasil diangkat dari perairan Pantai Boom itu bisa dijumpai diMuseum kambang Putih Tuban yang berada di sebelah selatan alun-alun Tuban.


Menyaksikan sang Mata Dewa yang bergerak perlahan menuju ke peraduannya menjadi kenangan yang cukup romantis dan mengesankan. Terlebih dengan adanya pendar cahaya penerangan dari lampu merkuri di lokasi.
-------------------------------------------------------------------------------------------------
Break Session :








=================================================================

Karena itu banyak pengunjung yang mengabadikan panorama sunset itu dengan berfoto ria bersama  dengan kekasih atau keluarganya.


Sayang beberapa lampu penerang yang ada di sana ada yang rusak dan tidak menyala. 


Entah kenapa masih belum ada perhatian dari pemerintah daerah setempat untuk segera memperbaiki atau menggantinya.















Tidak ada komentar:

Posting Komentar