Kamis, 26 Juli 2012

Blanggur Ramadhan Semen Gresik Di Tuban

Sore itu selama dua hari dari tgl 25-26 Juli, alun-alun Kota Tuban – Jawa Timur tampak ramai sekali. Warga tampak antusias menadatangi alun-alun itu untuk menyaksikan even Blanggur Ramadhan Semen Gresik.
Acara yang diadakan oleh PT Semen Gresik Tbk itu menggunakan sebuah  kendaraan trailer sebagai panggung pentasnya dengan beberapa tenda di sekitarnya sebagai penunjang kegiatan.  
Blanggur adalah merupakan permainan tradisional semacam meriam yang menggunakan batang bambu sepanjang sekita 1,5 m yang  didalamnya diisi dengan air bercampur karbit dan penyulut api untuk menimbulkan suara ledakan yang cukup keras.
 Semula saya mengira dalam even itu juga akan menampilkan atraksi Blanggur yang saat ini sudah langka. Namun ternyata tak ada atraksi Blanggur yang dimainkan.
Atraksi menyalakan Blanggur itu ternyata hanya dilakukan oleh para Direksi PT. Semen Gresik Tbk pada awal pemberangkatan Road Show Blanggur Semen Gresik pada tgl 25 Juli 2012 di halaman kantor PT. Semen Gresik Tbk  di Gresik.
Dalam rangkaian Blanggur Ramadhan Semen Gresik yang sudah dilakukan selama empat kali sejak tahun 2009 itu hanya menampilkan lantunan musik dan lagu, tauziyah agama islam oleh ustadz.
 Selain itu juga ada pembagian hadiah untuk games, pembagian 10.000  jilbab dan bingkisan berbuka, pembagian 1000 pohon produktif seperti pohon mangga dan durian,  1500 tempat sampah dan pemberian bantuan uang santunan  sebesar Rp 90 juta bagi beberapa panti asuhan di kota-kota yang disinggahi.
---------------------------------------------------------------------------------------------------------


Break Session :
Baca juga artikel-artikel menarik lainnya di Blog ini dengan Langsung KLIK Link di bawah ini atau kata-kata berwarna Biru lainnya :
  








================================================================
Blanggur Ramadan akan menghibur masyarakat di sembilan kota, diantaranya Jawa Timur dan Jawa Tengah .Sembilan kota dari Jatim yaitu Tuban, Gresik, Surabaya, Sidoarjo, Mojokerto, Jombang, dan Bangkalan. Untuk yang Jawa Tengah yaitu Rembang dan Semarang.
Blanggur Ramadan Semen Gresik sudah diadakan sejak empat kali berturut-turut sejak 2009. Selama keliling kota, Blanggur Ramadan Semen Gresik juga membagikan 20.000 bungkus ta'jil, 1500 tong sampah, 1000 pohon produktif (pohon mangga dan durian), 10.000 jilbab dan uang santunan sebesar Rp 90 juta setiap singgah di kota yang diberikan ke Panti Asuhan.
Sebenarnya even Blanggur Ramadhan ini cukup menarik dengan misi sosialnya. Namun sayang karena pentas kesenian yang ditampilkan itu tak ada yang istimewa dan menarik karena tak ubahnya dengan acara lainnya, menjadikan even ini terasa hambar dan  biasa-biasa saja.
Terlebih Blanggur yang menjadi label kegiatan Blanggur Ramadhan Semen Gresik dan bisa menjadi daya tarik sekaligus bernuansa nostalgia bagi warga di kota-kota yang disinggahi  itu justru tidak ditampilkan .








Tidak ada komentar:

Posting Komentar