Selasa, 11 September 2012

Sepenggal Sejarah Di Pameran Bondowoso Tempo Doeloe

Suasana stasiun kereta api di Kota Bondowoso tampak berbeda dari biasanya dan tampak semarak. Di halaman depan stasiun tampak kerumunan anak kecil yang sedang bermain Gobak Sodor, sebuah  jenis permainan tradisional.

Beberapa orang panitia dan warga yang menjadi penontonnya tampak bersorak-sorai memberikan aplaus dan semangat.


Selama beberapa hari dari tgl  9-11  September 2012, Stasiun Kereta Api Bondowoso ini menjadi tempat digelarnya even Bondowoso Djadoel 2012.


Sesuai dengan namanya, di even ini ditampilkan segala sesuatu yang berkaitan dengan Bondowoso di masa lampau.  Di bagian depan ruang pameran ditampilkan pameran foto-foto lama yang berkaitan dengan sejarah Bondowoso di masa perjuangan.
Pameran foto ini  banyak menarik perhatian para pengunjung, terutama para pelajar. Mereka tampak sangat antusias menyimak foto-foto yang ditampilkan dan mencatat data dan informasi yang menyertainya.

Diantara foto-foto lama itu terdapat foto tentang peristiwa Gerbong Maut yang tragis dan terjadi di Bondowoso sehingga dijadikan Monumen di kawasan alun-alun kota Bondowoso.

--------------------------------------------------------------------------------------------------------

Break Session :
Baca juga artikel-artikel menarik lainnya di Blog ini dengan Langsung KLIK Link di bawah ini atau kata-kata berwarna Biru lainnya :
  







================================================================



Pada bagian tengah lokasi pameran menampilkan panggung kesenian ala tempo doeloe. Sedangkan di tepi rel kereta api terdapat deretan kios yang menampilkan kuliner dan benda-benda ala  tempo doeloe.

Beberapa penjual di stand-stand yang terbuat dari bambu dan beratapkan daun sagu yang kering  itu juga mengenakan busana ala masa silam.
Beragam jajanan dan minuman tradisional disajikan dalam stand itu. Tentu untuk bisa menikmati makan dan minuman itu nya harus dengan cara membelinya dengan harga yang cukup terjangkau.


Diantaranya yang bisa dinikmati adalah minuman es dawet dan jajanan tradisional seperti sawut, kue lumpang, ladrang , prol tape,dan sebagainya.

Adanya even pameran Bondowoso Tempo Doeloe ini patut diapresiasi sebagai bentuk dan perhatian dari pihak pemerintah untuk mengenalkan sejarah tentang Bondowoso di masa lampau bagi warganya. 

Apalagi dengan penggunaan bangunan Stasiun Bondowoso sebagai lokasi acara dengan  bangunan lamanya yang bersejarah, semakin menambah  nuansa Bondowoso Tempo Doeloe.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar