Selasa, 25 September 2012

Indahnya Probolinggo Dalam Karnaval Budaya


Sangat menarik bagi saya ketika menyaksikan Karnaval  Budaya dalam rangkaian memeriahkan Hari Jadi Kota Probolinggo – Jawa Timur  pada tgl 22 September 2012.  Pada kegiatan itu banyak menampilkan budaya dan kesenian  yang berkembang di Probolinggo. 

Acara ini  dikemas dan ditampilkan secara indah dan menarik oleh para peserta karnaval  yang berjumlah 52 tim dari berbagai elemen pemerintahan dan warga. Mereka menggunakan beraneka kostum , koreografi dan peralatan musik  dalam berbagai bentuknya.

Budaya dan kesenian yang ditampilkan dalam pawai itu ada yang tradisional dan  khas Probolinggo seperti Karapan Sapi Brujul yang ditampilkan oleh tim dari Kecamatan Kedopok.  

 Berbeda dengan karapan sapi yang ada di Madura dan sesuai dengan namanya, sapi yang digunakan dalam karapan  ini adalah Sapi Brujul, yaitu sapi yang masih berusia anak-anak.

Ada juga kesenian Jaranan yang oleh beberapa tim. Kesenian ini  dimainkan oleh para personelnya yang terdiri dari para pria yang mengenakan busana dan topeng yang khas.

 
Yang menarik, di dalam karnaval  ini ada beberapa tim yang menampilkan kesenian tradisional  khas Probolinggo lainnya yaitu Jaran Bodhag. Kesenian ini menggunakan properti berbentuk kuda  yang terbuat    dan anyaman bambu dan hiasan dari kain dan manik-manik yang beraneka warna.


------------------------------------------------------------------------------------------------------

Break Session :
Baca juga artikel-artikel menarik lainnya di Blog ini dengan Langsung KLIK Link di bawah ini atau kata-kata berwarna Biru lainnya :
  







================================================================


Kesenian dan budaya tradisional lainnya adalah hadrah , tarian ala etnis Arab, Reog Ponorogo, kuda lumping dan sebagainya.Diantara penampil  kesenian itu ada yang personilnya terdiri dari anak-anak yang tampil dengan pesona wajah imut dan polosnya.

Selama perjalanan, masing-masing tim sering berhenti sejenak untuk menampilkan atraksinya di hadapan warga yang menjadi penontonnya.

Suasana heboh pun terasa ketika kesenian yang menggunakan perlengkapan yang cukup besar  dan gerak yang sangat dinamis seperti Reog Ponorogo dan Jaran Bodhag menampilkan atraksinya. 
     
Saya merasa kagum dengan antusias dan semangat para peserta dalam karnaval budaya ini. Begitu juga dengan warga yang menjadi penontonnya. 
 
Mereka juga tampak antusias, terhibur dan sangat menikmati sajian dari peserta pawai budaya. 
 
Aplaus yang meriah  dari penonton seolah menghiasi setiap jalan yang menjadi route dan dilalui dalam kegiatan ini.



2 komentar:

  1. blognya keren mas.. iklannya juga banyak.. mantap nih... sukses mas gan..

    BalasHapus
  2. untuk probolinggo dan sekitar nya, kami menawarkan kerjasama di bidang event organizer&adv,
    phone:082234413579
    pin bb:2ac53928

    BalasHapus