Sabtu, 22 September 2012

Mengenal Ragam Tanaman Di Kebun Raya Purwodadi


Ada beberapa  kebun raya di Indonesia yang pengelolaannya berada di bawah tanggung jawab Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia ( LIPI ). Masing-masing kebyun raya itu memiliki tugas dan fungsi yang spesifik. 

Salah  satunya adalah Kebun Raya Purwodadi yang berada di Kabupaten Pasuruan – Jawa Timur. Kebun raya ini berada di Desa Purwodadi, Kecamatan Purwodadi Kabupaten Pasuruan. Lokasinya yang berada tepat di tepi jalan raya utama Pasuruan – Surabaya  – Malang  dengan banyak angkutan umum yang melewatinya membuat wisata ini mudah untuk dikunjungi.

Dengan jam operasional mulai pukul 07.00 – 16.00, untuk memasuki Kebun Raya Purwodadi ini dikenakan tiket Rp 4500 + tiket donasi untuk PMI Rp 500 per pengunjung.

Kebun Raya Purwodadi ini didirikan pada tanggal 30 januari 1941 oleh Dr. L.G.M. Baas Becking. Lokasinya berada pada ketinggian 300 m dpl. Pemilihan lokasi berupa habitat dataran rendah kering itu  cukup strategis karena bisa memberi pemandangan dan nuansa yang berbeda di kebun raya  ini pada musim kemarau dan musim penghujan.

Koleksi tanaman di Kebun Raya dengan luas sekitar 85 hektar ini terdiri dari 11.516 spesimen yang terbagi dalam 169 suku, 1864 jenis . Diantara koleksi tanamannya yang menarik itu berupa koleksi Palem, Pisang, Polong-polongan, Bambu, Paku , tanaman obat, anggrek dan koleksi tanaman yang mengandung minyak atsiri.

Selain itu juga terdapat beberapa jenis tanaman langka seperti Kepel atau Burahol (   , Mundu dan sebagainya.

Kebun Raya Purwodadi ini juga dilengkapi dengan herbarium yang sampai dengan Maret 2012 jumlahnya yang telah dikumpulkan mencapai 1.067 spesimen yang terdiri atas 965 jenis, 865 marga, 127 suku dan 3.610 sheet.Sedangkan koleksi herbarium basah berjumlah 413 ples. Koleksi herbarium itu disimpan di ruangan tersendiri  dan dapat dimanfaat untuk umum guna keperluan penelitian.

Dengan berkunjung ke Kebun Raya Purwodadi ini selain bisa rehat sejenak dari segala aktifitas, Anda juga bisa mengenal dan mengetahui aneka ragam tanaman melalui koleksi-koleksinya.
Free Trial 41.000 Movies  + TV  Episode = Amazon Prime 

======================================================================

Dijual Tablet Smartfren New Andromax Tab 7.0 

Hadiah Lomba dari Vivanews. 

Kondisi 100% Baru, Lengkap dan Tersegel.

Harga Penawaran Rp 1,5 juta

Barang Langka - Stock Galeri Smartfren Sudah Kosong Lama

Harga Tablet Smartfren New Andromax Tab 8.0 Rp 2,3 juta

Kontak Agung - 0823 3388 7121

=====================================================================





 ====================

===============

Artikel-artikel Menarik lainnya bisa Anda baca 

di Link berikut ini :





Tidak ada komentar:

Posting Komentar