Minggu, 09 September 2012

Penjual Bunga Edelweiss Di Gunung Bromo


Ada hal yang menarik di kawasan wisata Gunung Bromo. Di sana di antara keindahan panorama alamnya yang menawarkan selaksa pesonanya , ada beberapa  pria penjual bunga. 

Tidak sembarang bunga, karena bunga itu adalah  Edelweiss  yang  eksotis  dan  khas daerah pegunungan. Bunga Edelweiss itu juga dikenal sebagai Bunga Abadi yang terus berkembang tiada hentinya.
 

Para penjual bunga  yang umumnya warga yang tinggal sekitar Gunung Bromo itu mengenakan pakaiannya  yang  cukup khas .

Mereka  senantiasa mengenakan epatu boot, kacamata, balaklava ( pentup kepala ) dan sarung yang menyelubungi tubuhnya.

Penjual bunga edelweiss yang pertama saya jumpai di dekat tempat parker yang tak jauh dari lokasi Pura Luhur Poten di lautan Pasir Gunung Bromo. Kepada wisatawan, dia menawarkan harga Rp 15.000 untuk setiap ikat yang terdiri dari bunga Edelweiss dan bunga kering lainnya.

 
Bunga Edelweiss itu ada yang dalam warna alaminya dan ada juga yang telah diberi pewarna buatan. Semula penjual bunga itu  tidak keberatan ketika saya memotretnya. Namun sikapnya  berubah menjadi tak ramah ketika saya hanya memotretnya tanpa membeli bunga yang dia tawarkan.

Saya pun melanjutkan perjalanan menuju ke kawah Gunung Bromo. Ketika sampai di bagian bawah dekat tangga untuk menuju ke kawah, saya menjumpai penjual bunga edelweiss lainnya.

Penjual bunga yang satu ini cukup ramah. Dia tidak keberatan ketika saya memotretnya beberapa kali. Bahkan dia juga berkenan ketika saya mengarahkannya untuk berpose  ketika saya memotretnya.

Penjual bunga yang berikutnya saya jumpai tepat di ujung tangga yang berada di dekat kawah. Dengan bersandar pada pagar pembatas kawah, penjual itu menjajakan daganganya. Dia juga cukup ramah untuk difoto.Beberapa wisatawan baik dari nusantara maupun mancanegara tampak antusias membeli bunga-bunga itu.

 
Para penjual bunga itu mengaku sebenarnya  tahu kalau bunga jenis ini termasuk jenis tanaman yang dilindungi agar tidak punah. 

 
 Namun karena mereka beralasan bahwa bunga itu merupakan tanaman liar yang senantiasa tumbuh secara alami di kawasan Gunung Bromo, aktifitas pengambilan dan penjualan bunga Edelweiss itu tetap saja mereka lakukan sampai saat ini. Tentu saja ada motif ekonomi yang melatar belakanginya.

 
Sebuah kisah dan keindahan di Gunung Bromo yang menyimpan  ironi tentang Bunga Edelweiss dan para penjualnya.

Free Trial 41.000 Movies  + TV  Episode = Amazon Prime 

======================================================================

Dijual Tablet Smartfren New Andromax Tab 7.0 

Hadiah Lomba dari Vivanews. 

Kondisi 100% Baru, Lengkap dan Tersegel.

Harga Penawaran Rp 1,5 juta

Barang Langka - Stock Galeri Smartfren Sudah Kosong Lama

Harga Tablet Smartfren New Andromax Tab 8.0 Rp 2,3 juta

Kontak Agung - 0823 3388 7121

=====================================================================




 ====================

===============

Artikel-artikel Menarik lainnya bisa Anda baca 

di Link berikut ini :




3 komentar: