Senin, 24 September 2012

Susahnya Transportasi Menuju Ke Gunung Bromo


Gunung Bromo tentu menarik perhatian banyak wisatawan nusanatara dan mancanegara. Pesona keindahannya menjadi salah satu dari destinasi wisata andalan di negeri ini. Membayangkan popularitasnya, tentu banyak yang beranggapan bahwa sangat mudah akses dan fasilitas untuk menuju ke wisata ini.

Namun sayang, ternyata untuk menuju ke Gunung Bromo ini tak semudah yang dibayangkan. Butuh kesabaran tersendiri bagi wisatawan untuk bisa kesana karena minimnya transportasi berupa angkutan umum yang menuju ke Bromo.
 
Bagi wisatawan yang memiliki dana berlebih tentu bukan menjadi masalah karena bisa menggunakan mobil pribadi, carteran atau mobil fasilitas dari hotel tempat mereka menginap. Namun bagi wisatawan yang dengan dana terbatas dan mau berhemat seperti saya , hal ini tentu menjadi kendala tersendiri.
Untuk menuju ke Gunung Bromo, saya harus menggunakan angkutan umum berupa mobil jenis ELF yang berada di pangkalan di dekat Terminal Bayuangga – Probolinggo.  Saat itu dari rumah, saya sudah berangkat pada jam 06.00 dengan harapan paling tidak mobil angkutan umum itu sudah bisa berangkat pada pukul 07.00 sehingga bisa menikmati pemandangan dan suasana pagi hari  di Gunung Bromo.  

Namun ternyata, mobil angkutan umum itu masih menunggu penumpang karena baru  ada dua penumpang yaitu saya dan seorang turis wanita dari Amerika. Sambil menunggu tambahan penumpang lainnya, saya mengisi waktu dengan berbincang-bincang bersama wisatawan yang ternyata juga seorang penjelajah dan penikmat perjalanan wisata.
 

Selang 1 jam kemudian datang 3 pemuda yang ternyata back packer juga dari Jakarta. Sehingga sudah ada 5 penumpang. Umumnya, angkutan umum dari pangkalan ini baru berangkat ke Gunung Bromo jika penumpang sudah ada 15 orang dengan tariff Rp 25.000 per penumpang.
 

Waktu pun berlalu dengan cepat dan hari pun mulai beranjak siang. Selang waktu 3 jam hingga jam 9 lebih ternyata tak ada tambahan penumpang lagi.  Sopir  angkutan umum itu pun mendekati saya dan penunmpang lainnya untuk mengajak diskusi dan mengatakan bahwa angkutan  terakhir yang kembali dari Gunung Bromo ke terminal Bayu Angga terakhir jam 4 sore.

Setelah menunggu beberapa lama dan tetap tidak ada tambahan penumpang lagi, akhirnya saya dan 4 penumpang lainnya berunding yang kemudian memutuskan untuk segera berangkat saja daripada hari semakin beranjak siang.

Akibatnya, karena penumpang hanya ada 5 orang aja, tarif penumpang yang pada normalnya hanya Rp 25.000 per orang melonjak dratis 100% menjadi Rp 50.000 untuk jarak perjalanan menuju ke Gunung Bromo sekitar 50 km dari lokasi pangkalan angkutan umum ini.   

Setelah perjalanan sekitar 1 jam, mobil ELF yang saya tumpangi pun sampai di sebuah hotel dan penginapan yang berada tepat di tebing lereng di bagian atas  Lautan Pasir Gunung Bromo.Untunglah, walau ongkosnya cukup mahal namun terasa impas dengan berbagai kisah dan pesona keindahan yang saya jumpai selama perjalanan menuju  Gunung Bromo.  

Di Cemoro Lawang sebagai tempat mangkalnya angkutan umum banyak tersedia mobil jenis Hard Top dengan tarif Rp 25.000 dan kuda sewa dengan tarif Rp 50.000 yang bisa membawa penumpang melintasi lautan pasir  sejauh 3 km menuju ke kawah Gunung Bromo.
 
Di Cemoro Lawang Ada juga angkutan lainnya berupa kendaraan Ojek. Namun untuk angkutan yang satu ini menawarkan tarif yang sangat mahal sekali  yaitu Rp 100.000 untuk menuju ke lokasi yang sama.  Alamak... !!! 

Untungnya saat kembali dari Gunung Bromo ini ada banyak penumpang yang menuju ke Probolinggo dan sekitarnya. Sehingga ongkos untuk kembali bisa dengan tarif standar yaitu Rp 25.000 per orang sampa di terminal Probolinggo.

Free Trial 41.000 Movies  + TV  Episode = Amazon Prime 

======================================================================

Dijual Tablet Smartfren New Andromax Tab 7.0 

Hadiah Lomba dari Vivanews. 

Kondisi 100% Baru, Lengkap dan Tersegel.

Harga Penawaran Rp 1,5 juta

Barang Langka - Stock Galeri Smartfren Sudah Kosong Lama

Harga Tablet Smartfren New Andromax Tab 8.0 Rp 2,3 juta

Kontak Agung - 0823 3388 7121

=====================================================================





 ====================

===============

Artikel-artikel Menarik lainnya bisa Anda baca 

di Link berikut ini :






3 komentar:

  1. iya gan apalgi kalau ban bocor menakutkan heheh

    BalasHapus
  2. gan disana ada angkutan truck ndak, kalau ada harga sewanya rapa

    BalasHapus
  3. Makasih gan udah share , blog ini sangat membantu dan bermanfaat ......................


    bisnistiket.co.id

    BalasHapus