Jumat, 21 September 2012

Indahnya Alun-Alun Probolinggo Di Malam Hari


Alun-alun kota Probolinggo merupakan salah satu dari alun-alun yang cukup indah dan representatif  di Jawa Timur. Sebagai area yang terbuka untuk publik, alun-alun ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas dan ornamen yang menarik seperti taman, arena bermain dan sebagainya yang ditunjang dengan lampu penerangan.

Adanya lampu penerangan  dalam berbagai bentuknya itu menjadikan alun-alun ini tampak menawan di malam hari. Laksana malam yang bermandikan sinar dan cahaya.

Keindahan itu tampak di bagian pintu masuk utama yang berada di sebelah selatan. Di area ini banyak terdapat lampu-lampu penerangan di sisi kanan dan kirinya sampai menuju ke bagian tengah alun-alun.

Di bagian tengah alun-alun-itu terdapat monumen Repoeblik Indonesia yang dilengkapi dengan ornament lampu berwarna-warni yang menampilkan bentuk buah mangga. Adanya tampilan ornamen  berbentuk buah mangga itu  tentu untuk mengingatkan  pada ikon  Kota Probolinggo yang dikenal sebagai  Kota Mangga karena produksi buah mangganya yang unggul dan melimpah.

Keindahan yang berikutnya tampak pada monument Garuda Pancasila yang berada di sebelah utara. Walau monument itu tidak begitu besar, namun dengan permainan pada sorot cahaya yang menimpa pada monumen  menjadikannya tampak cukup indah.

-------------------------------------------------------------------------------------------------------

Break Session :
Baca juga artikel-artikel menarik lainnya di Blog ini dengan Langsung KLIK Link di bawah ini atau kata-kata berwarna Biru lainnya :
  







================================================================
    
Pada sore hari hingga malam hari, di sebelah barat alun-alun juga terdapat beraneka jenis permainan seperti  kereta mini, odong-odong, carousel mini  dan sebagainya. Adanya  lampu yang berwarna-warni pada pemainan itu  semakin menambah indah dan semaraknya suasana di alun-alun.   

Sayang, keindahan alun-alun Probolinggo pada malam hari ini tidak didukung dengan keindahan cahaya pada Masjid Agung Raudlatul Jannah yang berada di sebelah barat.
Saat saya singgah di alun-alun ini, lampu-lampu penerang di bagian depan masjid ini justru tidak menyala. 

Andaikan lampu-lampu di sekitar masjid ini dinyalakan, tentu sorot cahayanya  bisa menampilkan keindahan arsitektur bangunan masjidnya yang cukup megah. 

 
Mungkin dalam hal ini, pemerintah Kabupaten Probolinggo bisa belajar dari indahnya Masjid Agung Tuban dengan pencahayaannya di malam hari.


1 komentar:

  1. CNI Probolinggo menyediakan makanan kesehatan (ester c, sun chlorella, royalzim dsb), makanan dan minuman (ginseng coffee, up cocoa, up green tea dsb), perawatan diri dan kecantikan (nutrimoist, white magic, ires dsb), peralatan rumah tangga (kompor infrared, blender, sabun cuci SC88 dsb) dan pertanian (plant katalis, plankton katalis dsb).
    Alamat kami :
    Jl. Letjend. Suprapto No. 95, RT 6/RW 13, Mangunharjo Mayangan Kota Probolinggo
    Tlp : 0335-421020
    Hp Heri : 085854780498

    BalasHapus