Sabtu, 13 Oktober 2012

Badai Pasir Di Wisata Gunung Bromo



Ada banyak hal yang mengesankan ketika berkunjung ke wisata Gunung Bromo. Selain panorama alamnya yang sangat indah, juga medannya yang cukup menantang. Walau tampak esktrem, medan di sekitar kawasan wisata ini bisa memberi  pengalaman wisata  yang tak terlupakan.
Di medan wisata  itulah, wisatawan akan menjumpai dan merasakan badai pasir yang bisa terjadi sewaktu-waktu di segala penjurunya. Anda tak mungkin bisa menghindari terpaan badai pasir itu karena di lokasi wisata ini tak ada tempat untuk bernaung dan berlindung.




Bila pagi hari dan sore hari ketika hawa dan cuacanya tidak begitu kering dan terik, badai pasir itu tidak begitu sering terjadi.Selepas jam 9 pagi, badai pasir itu secara perlahan namun pasti mulai menunjukkan intensitasnya yang bisa terjadi dalam selang waktu beberapa menit saja.

Saat saya baru sampai di Lautan Pasir Gunung Bromo dan melintasinya, tiba-tiba dari arah belakang  terdengar deru angin yang cukup kencang. Ternyata sekitar 10 meter di belakang saya tampak pusaran angin dengan pasir-pasir yang berterbangan.

Pusaran itu semakin lama semakin semakin membesar dan segera berhembus ke arah saya. Tentu saja saya tidak sempat untuk segera menghindar.  Hanya sikap  pasrah  dan mata yang saya pejamkan dengan posisi tubuh yang membelakangi  saja yang bisa saya lakukan ketika  menerima terpaan badai pasir itu. 

 Untunglah, tangan saya segera sigap mengamankan kamera saya dengan memasukkannya di dalam tas.
=======================================================================
Break Session :

Tips Jitu Untuk Meningkatkan Traffic Situs atau Blog  









================================================================

Dalam terpaan badai pasir selama beberapa  detik itu, saya bisa mendengar betapa cukup  kuatnya suara hembusan angin yang menyertai badai pasir itu. Terasa cukup menegangkan juga  karena terbayang dalam benak saya bentuk pusaran badai angin itu yang menyerupai badai tornado dalam ukuran yang kecil.

 
Saya merasa lega  setelah badai pasir itu melintasi saya dan bergerak ke arah lainnya. Badai pasir itupun segera berganti menerpa dan melintasi wisatawan lainnya. Tak jarang terdengar hiruk pikuk suara wisatawan ketika mengetahui badai pasir  dan terkena terpaan badai pasir nya. 

Badai pasir itu bisa terjadi secara sopradis dan serentak  di segala penjuru  kawasan wisata ini. Sehingga  bila posisi Anda sedang berada di kawasan Lautan pasir, anda bisa melihat badai pasir yang serupa sedang terjadi di sekitar Pura luhur Poten, kawah Gunung Bromo, tangga menuju gunung bromo dan daerah sekitarnya.
 
Ketika melihat dan mengalami terpaan badai pasir itu dan mendengar suara hembusan anginnya, dalam benak saya terlintas sebuah tanda Tanya : Inikah suara Pasir yang Berbisik itu …?
Ah, entahlah. Namun yang pasti, badai pasir itu menjadi bagian kenangan yang mengesankan bagi saya di wisata Gung Bromo ini.


3 komentar:

  1. saya dari dulu pengen bgt k gunung bromo...berapa jam dari kota surabaya ???

    BalasHapus
  2. Dari sby ke Probolinggo 3 jam. Dari terminal probolinggo ke Brom 1,5 jam. tapi nunggu angkutan colt yg ke Bromo susah n lama banget, Gan.

    BalasHapus
  3. wah wisatawan harus hati2 juga ya, pengen bgt ke bromo, blm pernah masalahnya

    BalasHapus