Kamis, 18 Oktober 2012

Indahnya Budaya Kabupaten Pasuruan Dalam Karnaval


Pasuruan Fashion Carnival 2012 yang diadakan beberapa hari lalu di Taman Chandra Wilwatikta - Pandaan meninggalkan banyak kesan yang indah bagi saya. Menyaksikan gelaran even itu menunjukkan tentang  indahnya sebuah daerah bernama Pasuruan.

Beraneka ragam bentuk kesenian, tradisi dan budaya ditampilkan dalam kegiatan tersebut. Disamping penampilan berbagai busana ala negeri fantasi yang sangat indah dan mengagumkan sebagai pertunjukkan utamanya.

Sore itu di sepanjang jalan raya Pandaan - Prigen sejauh sekitar 1 km, para peserta karnaval menunjukkan atraksinya. Berupa seni tari  dan kesenian tradisional lainnya. Mereka beratraksi dengan penuh semangat dan antusias.
    
  
Dengan kostum yang menawan dan riasan pada wajah mereka semakin melengkapi eksotisme penampilan mereka.Lantunan musik dari peralatan musik tradisional menyertai langkah dan gerakan mereka.

Di even karnaval itulah saya menjumpai kesenian tradisional Kuda Lumping, Jaranan, dan Turangga Yakso. Menyaksikan kesenian-kesenian tersebut sepintas bentuk tampilannya hampir sama dengan kesenian kuda lumping pada umumnya. Tetapi bila dicermati ada beberapa perbedaan seperti dalam hal kostum atau gerak tarinya.
  
---------------------------------------------------------------------------------------------------

Break Session :
Baca juga artikel-artikel menarik lainnya di Blog ini dengan Langsung KLIK Link di bawah ini atau kata-kata berwarna Biru lainnya :
  






================================================================


Begitu juga dengan kesenian tradisional Singo Barong yang penampilannya mengingatkan saya pada bentuk kesenian Singo Ulung dari  Kabupaten Bondowoso. 

Yang unik, kesenian Singo Barong ini menyediakan sebuah becak khusus yang dihias dengan berbagai ornamen. Becak tersebut ternyata berfungsi sebagai tempat untuk menaruh peralatan musik yang dimainkan oleh beberapa pria dewasa.
 
Selain itu juga ditampilkan  kesenian Reog Ponorogo oleh Paguyuban Warga Ponorogo ( PAWARGO ) di Pasuruan. Untuk kesenian Reog ini sama dengan kesenian Reog pada umumnya.

Selain kesenian tradisional, dalam karnaval juga ditampilkan kesenian modern lainnya seperti Drum Band dan Ondel-Ondel Modern yang cukup unik. Sungguh pengalaman yang mengesankan menyaksikan karnaval budaya di pasuruan.

Mengingatkan saya pada begitu indahnya sebuah daerah di negeri yang bernama INDONESIA.

Artikel lainnya tentang Karval Budaya di pasuruan ini bisa Anda baca dengan Langsung 
MengKLIK Link berikut ini :  

Gemerlap Busana  dalam Pasuruan Fashion Carnival 2012
Gadis-gadis Cantik Dalam Pasuruan Fashion Carnival 2012  





Tidak ada komentar:

Posting Komentar