Selasa, 02 Oktober 2012

Bangunan Kuno Milik Bank Indonesia Di Surabaya



Bangunan itu tampak khas dan unik dengan nuansa bangunan ala masa kolonial Belanda. Lokasinya pun tampak menonjol karena berada di ujung sebuah kawasan hijau . Banyak jalan raya utama dengan arus lalu lintas yang sangat padat melintas di sekitarnya.Di bagian depannya terdapat taman dengan sebuah monumen yang berkaitan dengan TNI Angkatan Laut dengan semboyan Jalesveva Jayamahe.
 
Begitulah gambaran awal dari bangunan kuno yang dienal dengan nama Gedung Mayangkara karena berada di Jalan  Mayangkara no 6 Surabaya – Jawa Timur. Lokasinya tak jauh dari Kebun Binatang Surabaya dan Monumen Suro dan Boyo. Atau sekitar 100 meter di seberang jalan. 

Bangunan itu merupakan milik dari Bank Indonesia yang pada awalnya bangunan ini berfungsi sebagairumah tinggal dan kantor pejabat perwakilan Javasche Bank.Dalam perkembangan selanjutnya  selama  beberapa tahun sebelumnya difungsikan sebagai Museum Mpu Tantular sebelum museum itu pindah ke lokasi dan bangunan yang baru.

Setelah vakum dan tidak difungsikan selama beberapa tahun, sejak bulan Juli 2012 bangunan ini difungsikan sebagai Perpustakaan Bank Indonesia yang terbuka bagi umum dengan koleksi buku dan media cetak umum atau yang berkaitan dengan keuangan dan perbankan.

Bangunan itu tampak sangat indah, bersih dan terawat  dengan baik. Petugas sekuriti tampak berjaga di pos yang dengan ramah akan mempersilahkan pengunjung untuk masuk ke bangunan ini dengan menjelaskan maksud dan tujuan terlebih dahulu .

Nuansa kolonial sangat terasa pada gaya dan arstitektur bangunannya. Begitu juga dengan ruangan-ruangannya. 
---------------------------------------------------------------------------------------------------

Break Session :
Baca juga artikel-artikel menarik lainnya di Blog ini dengan Langsung KLIK Link di bawah ini atau kata-kata berwarna Biru lainnya :
  






================================================================
Di ruangan teras bagian depan museum terpajang banner  dalam ukuran cukup besar yang berisi tentang foto-foto bangunan ini pada masa lampau dan masa sekarang dengan denah ruangan-ruangannya.

Sementara di ruangan petugas perpustakaan juga bisa dijumpai foto-foto lama tentang bangunan-bangunan Bank Indonesia yang berada di berbagai daerah di Nusantara. Begitu juga dengan ruangan-ruangan di dalam ruang perpustakaan.

Diantara etalase yang berisi buku-buku dan literatur  lainnya itu terdapat banner-banner tentang foto-foto lama dan informasi yang berkaitan dengan Bank Indonesia dan sejarahnya.

 
Bagi Anda penikmat bangunan-bangunan lama dengan arsitktur klasik dan sejarahnya, salah satu bangunan kuno milik Bank Indonesia ini layak masuk daftar kunjungan Anda di Surabaya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar