Selasa, 14 Agustus 2012

Mobil Rolls Royce Kuno Milik Dinasti Sampoerna



Sepintas tak ada yang tampak istimewa pada rumah pribadi kediaman Dinasti Sampoerna yang berada di sisi barat House Of Sampoerna di Surabaya.

Selain bentuk bangunannya yang tampak kuno dengan arstitektur yang indah,   rumah itu juga tertutup untuk umum.

Namun ketika melihat ada sesuatu benda yang berada pada garasi rumah itu, anggapan saya seketika berubah. Karena ternyata di garasi itu terpajang sebuah mobil kuno yang berwarna merah marun. Tak tanggung-tanggung, karena mobil kuno itu bermerk Rolls Royce Silver Shadow produksi tahun 1972.
Dari lambang Rolls Royce dengan ikon yang berbentuk seperti malaikat dan berwarna seperti emas itu tentu bisa dibayangkan bagaimana pesona kemewahan  mobil itu pada masanya.
  
Mobil yang tampak mengkilap dan  terawat dengan baik itu  bermesin 6.750 cc dengan 8 silinder dan berchassis  panjang buatan Inggris. 
  Merupakan barang pribadi milik Putera Sampoerna, generasi kedua dari Dinasti Sampoerna.
Mobil ini di gunakan oleh Putera Sampoerna  di Singapura antara tahun 1972 – 1994. Merupakan salah satu dari  Limited Edition dari  hanya 2.776  Rolls Royce berchassis panjang yang dibuat selama kurun  tahun  1965-1977  di industri raksasa mobil  Rolls Royce di Inggris.  



  
Yang unik, pelat  mobil ini  tertera SL  234 (  Djie Sam Soe ) yang merupakan salah satu merek  rokok kretek terkenal produksi dari Perusahaan Rokok Sampoerna.  Nomor kendaraan itu masih asli dan dulunya digunakan selama berada di Singapura.
 Pada tahun 2002, Pemerintah Indonesia mengizinkan mobil ini dibawa masuk ke Indonesia untuk dipamerkan di museum. Karena tidak memiliki nomor kendaraan resmi di Indonesia,  mobil  itu tidak bisa digunakan secara leluasa melintasi jalanan di Indonesia.
 
Ada kisah menarik lainnya berkaitan dengan mobil ini.Menurut Wisnu Nugroho dalam bukunya berjudul  Pak Beye dan Istananya, dalam suatu waktu dan kesempatan, mobil kuno nan mewah ini pernah dijumpai berada di Istana Negara.

Dengan melihat plat nomer kendaraan yang khas dan unik , tentu saat itu bisa ditebak siapa orang penting yang menggunakan mobil Rolls Royce.
Mobil kuni ini tampak berbeda dengan koleksi House Of Sampoerna lainnya karena ditempatkan dalam ruangan terbuka.Sayang, pengunjung museum hanya bisa melihat  mobil kuno ini dari sisi depan dan samping saja. 


Karena di depan mobil ini diberi batas  penghalang sehingga pengunjung tidak bisa melihat detail mobil  dari  sisi belakang dan ruangan di dalamnya dengan berbagai aksesoris dan perlengkapan mobil.
 
Keberadaan mobil Rolls Royce ini seakan menambah lengkap kisah legendaris  tentang Dinasti  Sampoerna  dengan pesona kekayaan dan kemegahannya.




3 komentar:

  1. mas, sy py ide menarik nih, berpotensi bisnis, mw ngk sy ajak merelesasikan ide sy ini, semacam usaha virtual/internet, mengakomodasi kebutuhan org dlm berinternet, jk mas tertarik brkerjasama mereleasasikan ide ini, contact me at nikimardin@gmail.com

    BalasHapus
  2. I'm very interesting about this article, and i'd like to visiting this site in the next time. Thank's from Obat Ginjal | Ace Maxs | Obat Vertigo | Obat Kista | Obat Alami Asam Urat

    BalasHapus