Minggu, 26 Agustus 2012

Ski Lumpur Yang Unik Ala Pasuruan

Pada Minggu tgl 26 Agustus 2012,  suasana pagi hingga siang hari di Desa Tambak Lekok Kecamatan Lekok, Kabupaten Pasuruan - Jawa  Timur sangat ramai sekali. 

Warga dengan beragam usia yang datang dari berbagai daerah datang berduyun-duyun menuju ke sebuah lokasi tambak yang berada sekitar 500 meter dari jalan raya.

Mereka tampak antusias untuk menyaksikan sebuah tradisi tahunan yaitu Skilot yang diadakan untuk memeriahkan hari Raya Ketupat atau 7 hari setelah hari Raya Lebaran.

Skilot adalah permainan tradisional yang cukup unik dan menarik karena bentuk permainannya yang mirip dengan olah raga ski dengan menggunakan papan seluncur yang terbuat dari kayu.
Berbeda dengan olahraga ski yang biasanya dimainkan dengan menggunakan media air atau salju, Skilot ini dimainkan dengan menggunakan media tanah lumpur yang ada di lahan tambak milik desa.

Cara memainkannya dengan berpegangan pada papan seluncur itu. Salah satu kaki pemain ski dalam posisi menumpu pada papan seluncur. Sedangkan kaki yang satunya menjejakkan kaki pada lumpur sebagai tenaga penggerak yang berpadu dengan kekuatan tangan untuk meluncurkan papan ski.
----------------------------------------------------------------------------------------------------------

Break Session :
Baca juga artikel-artikel menarik lainnya di Blog ini dengan Langsung KLIK Link di bawah ini atau kata-kata berwarna Biru lainnya :
  






================================================================
 
Tentu bukan hal yang mudah untuk memainkan skilot ini karena bermain di tanah yang  berlumpur itu terasa liat dan berat juga Selama pelaksanaan lomba,  ada beberapa peserta yang sampai pingsan karena kehabisan tenaga sebelum menyelesaikan pertandingan.

Peserta lomba Skilot itu sendiri dari tahun ke tahun semakin berkurang. Bila pada tahun-tahun sebelumnya lomba ini pernah diikuti sampai 50 peserta, namun pada loma tahun ini hanya diikuti oleh 20 peserta yang merupakan pemain skilot lama dan selalu mengkuti skilot ini setiap tahunnya.

Bahkan pada tahun ini loma skilot untuk kategori anak-anak ditiadakan karena sangat minimnya peserta usia anak-anak dan sekaligus mengantiripasi peserta anak-anak yang jatuh pingsan.


Nama Skilot ini sendiri berasal dari frase kata Ski Celot  yang berarti ski lumpur. Karena dalam bahasa Madura, Celot bermakna Lumpur.

Lomba Skilot ini dilakukan dengan beradu kecepatan dalam melalui jalur lintasan lumpur sepanjang 2 x 150 meter.Dari babak penyisihan ,peserta yang paling cepat menuju ke garis finis menjadi pemenangnya yang kemudian diadu dalam final untuk menentukan pemenangnya.

Hadiah yang disediakan oleh para sponsor dalam lomba ini sebenarnya cukup menarik yang  terdiri dari peralatan elektronik seperti TV LCD, Mini Compo dan sebagainya. Namun sayang, ternyata hadiah-hadiah tersebut kurang menarik minat lebih banyak peserta untuk mengikuti Ski Lot yang pembukaan lombanya dilakukan oleh Bupati Pasuruan dan Kapolres Pasuruan  ini.


















1 komentar:

  1. Thanks ya sob udah share, blog ini sangat membantu saya .............






    biro tiket pesawat

    BalasHapus