Jumat, 03 Agustus 2012

Nikmatnya Jajanan Ala Kampung Ampel Surabaya


Berkunjung ke kawasan Wisata religi Makam Sunan Ampel - Surabaya rasanya kurang lengkap jika tidak menikmati jajanan ( kue ) yang banyak dijajakan di kios-kios yang ada di sekitarnya.

Ada yang berupa makanan-makanan yang cukup berat dan mengenyangkan seperti gulai kacang hijau, nasi Brangi, nasi kebuli dan sebagainya.
Selain itu juga terdapat berbagai jenis makanan ringan  lainnya  berupa kue baik yang bernuansa lokal atau nuansa Arab. Tentunya cukup menarik dan memancing rasa minat dan penasaran untuk mencoba mencicipi jajanan ala Kampung Ampel ini.

Diantara jajanan itu terdapat kue bernama Apem Arab. Kue yang berwarna kuning bersemu coklat kehitaman  ini berbentuk bulat dengan bagian atas yang menggelembung dan mengembang seperti jamur. 

Ukurannya cukup besar  setangkup telapak jari orang dewasa.  Bentuk dan bahan pembuatnya nya seperti kue pukis dalam jajanan lokal yaitu dari tepung terigu, telur , gula pasir,  dan bahan-bahan lainnya.

Perbedaan dengan Apem Arab  hanya pada ukurannya yang super jumbo sekitar 3-4 kali kue pukis biasa.Harga kue Apem Arab ini Rp 3000- Rp 5000 per buahnya tergantung ukarannya. Rasanya cukup manis dan gurih dengan sedikit sensasi rasa gosongnya.

Dengan ukurannya yang jumbo, melahap 1 buah Apem Arab sudah cukup terasa mengenyangkan.Entah bagaimana awalnya kue ini disebut dengan Apem Arab. Mungkin karena dibuat di kawasan kampung Arab atau biasa dibuat oleh orang-orang Arab yang banyak tinggal di kawasan Ampel.
  ---------------------------------------------------------------------------------------------------------

Break Session :
Baca juga artikel-artikel menarik lainnya di Blog ini dengan Langsung KLIK Link di bawah ini atau kata-kata berwarna Biru lainnya :
  






================================================================
Selain Apem Arab, jenis jajanan lainnya yang bisa dijumpai dan dinikmati di kawasan ini adalah kue maryam ( roti cane ), martabak, sambossa, lumpia, kue lumpur, bolu dan sebagainya. 

Ada beberapa kios yang menjual jajanan itu secara ' fresh from the oven '. Kita bisa menyimak cara dan atraksi mereka dalam mengolah jajanan itu.

Yang menarik, beragam jajanan yang dijual di kawasan Ampel ini semuanya berukuran jumbo.
Karena itu harganya juga menyesuaikan dan lebih mahal dari jajanan serupa dengan ukuran yang standard.



-








2 komentar:

  1. trimakasih infox gan..

    http://www.ramuanku.com/products.php?cid=16

    BalasHapus
  2. Blognya mantap, lestarikan dan kenalkan kuliner jajanan indonesia.
    By: BEE Bee&co [www.tokoroti.web.id]

    BalasHapus