Jumat, 16 November 2012

Alun-alun Kota Blitar Yang Indah Dan Asri

Alun-alun yang Indah, Bersih , Asri dan Rapi. Begitulah kesan pertama  yang saya jumpai ketika berada di alun-alun kota Blitar - Jawa Timur. 

Alun-alun yang berada di pusat kota ini dikelilingi oleh beraneka jenis pepohonan yang besar  dan rindang. Begitu juga dengan beraneka jenis tanaman yang menghiasi pada taman-tamannya.

Bangunan dengan bentuknya yang khas dan berwarna merah dan hitam menjadi gerbang utama masuk ke alun-alun.

Pada gerbang itu berhias ornamen relief bergambar lambang Provinsi Jawa Timur dan  Lambang Kabupaten Blitar.Pada bagian bawah lambang Kota Blitar itu tertulis semboyan Kridha Hangudi Jaya.

Selain itu juga terdapat  relief-relief berbentuk medalion ( lingkaran ) yang bergambar beraneka jenis satwa.Bentuk relief satwa itu mengingatkan saya pada bentuk relief serupa di Candi Penataran.
  
Melangkahkan kaki memasuki alun-alun kita bisa merasakan nuansa yang eksotis dengan adanya akar gantung Pohon Beringin yang menjuntai dan bergoyang. 
 
 
Berjalan atau berlari kecil dengan melintasi Jogging track yang ada di bawah juntaian akar gantung Pohon Beringin dan deretan pohon palem itu memberikan suasana yang cukup berbeda. 
  
Apalagi  jogging track itu tampak artistik dengan permainan warnanya yang serasi dan alasnya yang cukup kasar sehingga aman bagi penggunanya.
=======================================================================
Break Session :

Baca juga artikel-artikel menarik lainnya di Blog ini dengan Langsung KLIK Link di bawah ini atau kata-kata berwarna Biru lainnya :

Menambang Uang Melalui Facebook dan Blog
Tips Jitu Untuk Meningkatkan Traffic Situs atau Blog   


Indahnya Panorama Pantai Pasir Putih Di Situbondo
Aksi Roode Brug Surabaya Peduli Veteran
Situs Giri Kedaton Peningggalan Sunan Giri
Nasi Krawu yang Nikmat dan Khas Gresik
Menyimak Jejak R.A. KArtini Di Museum 
Artefak Di Kawasan Makam Sunan Bonang 
Mengenang RA Kartini Melalui Foto-Foto Lama






================================================================
Pada bagian tengah alun-alun terdapat pohon beringin yang juga cukup bear dan rindang. Pohon beringin itu dikelilingi oleh pagar besi yang dibawahnya terdapat ornamen berupa relief-relief yang menggambarakan segala sesuatu tentang Kota Blitar.

Diantara relief-relief itu menggambarkan ikan koi yang merupakan produk satwa unggulan dari daerah ini. Selain itu juga ada releif tentang kebun Belimbing, wisata Makam Bung Karno dan sebagainya.

Alun-alun ini juga dilengkapi dengan fasilitas bermain anak-anak pada sisi timurnya. Sedangkan pada sisi utara alun-alun terdapat dua bangunan berbentuk pendapa yang biasanya digunakan oleh warga untuk berkumpul, beraktifitas atau beristirahat. 

Pada sisi baratnya terdapat Masjid Agung Kota Blitar yang cukup megah dan artistik.

Berseberangan dengan alun-alun, pada sisi selatan terdapat gedung Kantor Walikota Blitar. Pada satu sisi seruas jalan di timur alun-alun terdapat deretan tenda yang menjual beraneka jenis dagangan. Diantara deretan pedagang itu ada yang menjual Es Dawet Pleret yang khas Kota Blitar. Artikel tentang Dawet Pleret itu juga segera saya tuliskan dalam blog ini juga.

Sayang, bila Anda berada di alun-alun Kota Blitar ini terutama pada malam hari, jangan kaget kalau disana banyak terdapat wanita-wanita cantik yang mangkal disana.


Bukan sembarang wanita cantik karena wanita itu adalah wanita jadi-jadian alias Banci ( Waria ). Alamak...

Sebagai tempat bagi publik, alun-alun ini menjadi wisata alternatif bagi warganya. Kunjungan Anda di Bumi Bung Karno ini menjadi lebih lengkap dan berkesan setelah mengunjungi berbagai destinasi wisata di kota ini .

Seperti Wisata Makam Bung Karno, Perpustakaan dan Museum Bung Karno, Ndalem Gebang, Kebun Binatang MiniCandi Penataran, Pemandian Sumber Udel dan sebagainya.

Apalagi lokasi destinasi wisata itu cukup dekat antara wisata yang satu dengan wisata yang lainnya.



Artikel-artikel Menarik lainnya bisa Anda baca 
di Link berikut ini :




1 komentar: