Selasa, 20 November 2012

Alun-alun Kota Lumajang Yang Indah Dan Asri


Pohon beringin itu tampak besar dan rindang dengan akar gantungnya yang menjuntai bagai tirai raksasasa. Beberapa remaja tampak asyik berteduh dan bercengkarama di bawah naungan pohon itu. Keberadaan pohon beringin itu semakin menambah suasana asri di dalam alun-alun.

Alun-alun yang tampak asri, rapi dan bersih itu berada di pusat kota Kabupaten Lumajang - Jawa Timur. 

 
Walau kota kecil, namun kota yang terkenal dengan hasil pisangnya ini cukup baik dalam penataan kota dan fasilitas untuk publiknya.

Salah satunya adalah alun-alun sebagai tempat publik bagi warganya. Alun-alun dengan lahan yang sangat luas ini memiliki taman dengan berbagai jenis tanamannya. 


Diantara tanaman itu ada yang merupakan tanaman langka.Ada juga deretan pohon palem yang tampak eksotis dengan sosok jangkungnya dan daunnya yang melambai dengan tandan buahnya yang rimbun. Begitu pula dengan deretan pohon nyiur atau kelapa.

 

Sebuah gazebo yang berbentuk seperti pendapa dengan pintu masuknya yang berbentuk gapura menghiasi alun-alun. Sebuah bangunan semacam tugu dengan hiasan kepala kala juga bisa dijumpai disana.
 
Di gazebo itulah warga biasanya berkumpul untuk berdiskusi, bercengkerama atau sekedar untuk beristirahat.  

Seperti halnya alun-alun di kota lainnya, alun-alun ini juga dikelilingi oleh bangunan-bangunan gedung perkantoran seperti Kantor Bupati, Pendapa kabupaten, Masjid Agung Anaz Makhfudz, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas ) atau Penjara dan bangunan lainnya.

---------------------------------------------------------------------------------------------------

Break Session :

Baca juga artikel-artikel menarik lainnya di Blog ini dengan Langsung KLIK Link di bawah ini atau kata-kata berwarna Biru lainnya :
  






================================================================

Sebuah bangunan gedung Komando resor Militer 083 / Baladhika jaya Komando Distrik Militer 0821 cukup menarik perhatian. Di depan bangunan itu terdapat ornamen patung berbentuk burung Garuda Pancasila dan deretan sosok warga dalam berbagai profesinya. Seperti tentara, petani, ulama, sarjana, perawat dan sebagainya. 

Yang menarik, ada juga bangunan gedung SD Ditotrunan 01 yang pada bagian luarnya berarsitektur sangat klasik sekali bangunan masa lampau.





Di alun-alun ini juga dilengkapi dengan lapangan tenis dan taman bermain anak-anak. Di taman bermain anak-anak itu terdapat ornamen berbentuk patung hewan-hewan purbakala seperti dinoasurus dan sebagainya. Ada juga ornamen berbentuk patung teletubies.

Sayang, suasana di sekitar taman ini tampak kusam dengan rimbunnya pepohonan dan penataan ornamennya yang terkesan ala kadarnya.

 Berada di alun-alun ini terasa sangat menyenangkan dengan keindahan dan suasananya yang bersih, rapi dan asri.

 













Tidak ada komentar:

Posting Komentar