Jumat, 09 November 2012

Relief Peradaban Suku Maya Di Candi Penataran

Relief itu menggambarkan beberapa prajurit sedang berlari dengan membawa senjata tombak dan perisai. Di bagian belakangnya tampak sebuah kereta yang biasa digunakan dalam peperangan pada masa lampau.

Relief itu sepertinya tampak biasa dan tak ada yang istimewa. Tetapi menurut beberapa ahli arkeologi dan sejarahwan, relief itu sangat menarik karena menunjukkan peradaban bangsa lain yang diduga merupakan bangsa Suku Maya. 

Relief itu terdapat di Candi Penataran di kabupaten Blitar - Jawa Timur. Di candi ini terdapat beberapa relief yang menggambar  bangsa Suku Maya yang entah bagaimana kisahnya bisa menjadi bagian dari kisah-kisah pada relief Candi Penataran. Begitu juga dengan adanya Relief-relief yang Porno dan Erotis disana.  

 ( Klik Link yang berwarna BIRU  tadi untuk membaca Artikel-artikel lainnya tentang Candi Penataran ini )
  
Dugaan relief prajurit tersebut merupakan gambaran dari prajurit suku Maya itu didasarkan pada persamaan dengan sosok patung n  sosok prajurit bangsa Maya dari Kerajaan Copan yang sekarang terletak di Honduras berikut ini.

Simaklah dan benarkah ada persamaan antara sosok prajurit suku Maya pada patung itu dengan sosok yang ada di relief Candi Penataran?

Relief yang lainnya yang menggambarkan sosok yang berwajah cukup menyeramkan dengan lidah yang menjulur sepintas juga mirip dengan  arca kepala dengan lidah menjulur yang ada di  Tlaltechutli, Mexico City! Adakah kemiripan di sana?

Ada juga salah satu arca  Dwarapala di candi Penataran yang sosok dan bentuknya mirip dengan sosok arca yang berada di kompleks kuil Chichen Itza peninggalan suku Maya, yang saat ini terletak di semenanjung Yucatan, Amerika Tengah. 

Bukankah keduanya  menunjukkan kemiripan yang luar biasa?

 Selain itu masih banyak relief lain di Candi Penataran yang menggambarkan orang-orang yang “diduga” berasal dari peradaban bangsa lain. Seperti pada relief berikut ini yang pada bentuk  pakaian dan peci yang  seperti ini biasa terdapat  di daerah Turki, India sampai dengan Pakistan.

Sedangkan relief yang berikut ini diduga menggambarkan sosok orang-orang dari Mesir. 


Terlepas dari pro dan kontra tentang relief-relief yang diduga merupakan penggambaran dari peradaban budaya dan bangsa lain itu, yang pasti Candi Penataran ini sangat indah dan menarik.

 Keberadaan sosok dan kisah pada arca dan  relief-reliefnya itu seakan menjadi misteri dan teka-teki yang belum terpecahkan hingga saat ini.

Free Trial 41.000 Movies  + TV  Episode = Amazon Prime 

======================================================================

Dijual Tablet Smartfren New Andromax Tab 7.0 

Hadiah Lomba dari Vivanews. 

Kondisi 100% Baru, Lengkap dan Tersegel.

Harga Penawaran Rp 1,5 juta

Barang Langka - Stock Galeri Smartfren Sudah Kosong Lama

Harga Tablet Smartfren New Andromax Tab 8.0 Rp 2,3 juta

Kontak Agung - 0823 3388 7121

=====================================================================





 ====================

===============

Artikel-artikel Menarik lainnya bisa Anda baca 

di Link berikut ini :














1 komentar: